Mohon tunggu...
Johanis Malingkas
Johanis Malingkas Mohon Tunggu... Dosen

Menulis itu menggairahkan hidupku. Membaca adalah hobiku.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Inilah Pembunuhan Aneh di Dunia yang Harus Diwaspadai

12 Juni 2019   10:53 Diperbarui: 12 Juni 2019   11:04 0 26 7 Mohon Tunggu...
Inilah Pembunuhan Aneh di Dunia yang Harus Diwaspadai
Fidel Castro dengan Ernesto Che Guevara (sumber:kompas.com)

Maraknya berita rencana pembunuhan terhadap beberapa tokoh penting di negeri ini menginspirasi saya menuliskan artikel ini. Kisah pembunuhan terhadap pemimpin dunia sudah tidak asing lagi bagi kita, misalkan Presiden AS Abraham Lincoln dan John F Kennedy. Pembunuhaan kedua tokoh ini dilakukan dengan senjata api.

Nah, ternyata ada rencana pembunuhan yang aneh terjadi di dunia ini. 

Presiden Venezuela, Nicolas Maduro lolos dari percobaan pembunuhan yang menggunakan bom drone saat berpidato di Caracas.  Artinya pembunuhan dimana pembunuhnya menggunakan benda yang tidak biasa atau tidak lazim.

Ternyata bukan hanya Maduro yang alami percobaan pembunuhan dengan menggunakan benda tak lazim. Dilansir Sky News, di rilis kembali Ardi Priyatno Utomo, kompas com tentang percobaan pembunuhan aneh yang ada di dunia.

Sebut saja, Fidel Castro, seorang tokoh revolusi Kuba. Dinas Intelijen Pusat (CIA) Amerika Serikat telah berulang kali berusaha membunuhnya. Salah satu yang paiing fenomenal adalah percobaan pembunuhan terhadap Castro menggunakan barang yang paling di sukai nya yaitu cerutu. CIA memberikan racun itu pada cerutu itu. Untungnya, Castro tidak pernah mengisap nya. Cara lain yang di tempuh untuk membunuh Castro adalah menanam jamur ke pakaian menyelam yang nantinya akan membuat kulit Castro terkena penyakit kulit kronis. Konon, hal ini tidak berhasil karena Castro sengaja memberikan pakaian itu kepada orang lain. Rumor lain menyebutkan koper berisi pakaian selam itu tak pernah meninggalkan laboratorium.

Winston Churchill,PM Inggeris(sumber:kompas.com)
Winston Churchill,PM Inggeris(sumber:kompas.com)

Tokoh dunia selanjutnya, Winston Churcill, Perdana Menteri Inggeris. Ketika itu Perang Dunia kedua sedang berkecamuk.  Nazi jerman bermaksud menghabisi Churchill menggunakan bom yang mereka isi dengan lapisan tipis cokelat hitam. Cokelat yang diberi label Peters Chocolate, Nazi menugaskan agen rahasia mereka untuk menyisipkan cokelat itu ke ruang kabinet perang. Untungnya, rencana tersebut diendus oleh dinas rahasia Iggeris yang langsung mengamankan makanan itu sebelum diambil Churchill.

Patrice Lumumba, PM Congo(sumber:kompas.com)
Patrice Lumumba, PM Congo(sumber:kompas.com)

Ada juga percobaan pembunuhan terhadap Perdana Menteri Congo, Patrice Lumumba. CIA menggunakan racun yang dicampur dengan pasta gigi. Dikisahkan, pada September 1960, ahli kimia CIA Sydney Gottlieb membawa botol berisi pasta gigi beracun tersebut. Namun, rencana itu urung dilaksanakan karena ketua stasiun CiA di Congo, Larry Devlin menolak memberi izin.

Masih ada lagi tokoh dunia yang rencana di bunuh dengan menggunakan benda yang tak lazim antara lain: Khaled Mashal, kepala biro politik Hamas di Yordania, Alexander Litvinenko, mantan agen rahasia Rusia,FSB dan Georgi Markov, penulis Bulgaria, seorang aktivis anti komunis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x