Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Pengelolaan Nyeri Wajah yang Unik

7 September 2021   22:18 Diperbarui: 7 September 2021   22:17 59 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pengelolaan Nyeri Wajah yang Unik
Diagram 2.  Sumber: Pain Matters, Issue 77, 9 February 2021, hlm. 12.

About Face (Tentang Wajah) adalah sebuah program pengelolaan nyeri unik yang dikembangkan pada 2011 oleh para spesialis untuk membantu pasien yang menderita nyeri orofasial.

Psikolog Susie Holder dan Elenor McLaren dan fisioterapis Rachel Stovell memberitahu Pain Matters bagaimana mereka membantu orang memperluas hidup mereka untuk meningkatkan kualitas hidup di hadapan rasa nyeri.

Program pengelolaan nyeri umum memiliki sebuah ciri rehabilitatif fungsional, mendorong orang-orang untuk meningkatkan aktivitas mereka secara keseluruhan. Ini terasa kurang relevan bagi orang-orang dengan satu-satunya rasa nyeri yang berada di wajah mereka.

Kebanyakan dari mereka melaporkan tidak pernah bertemu orang lain dengan nyeri yang sama sampai mereka datang ke pusat yang dikelola oleh Holder dkk., membuat mereka merasa sendirian dan disalahpahami. Hal inilah yang mendorong Holder dkk. untuk mendesain About Face.

Banyak orang dengan nyeri wajah juga memiliki nyeri lain (misalnya nyeri punggung). Mereka melaporkan nyeri wajah yang berbeda, memiliki kualitas wajah tertentu yang secara harfiah maupun lebih sulit untuk diabaikan.

Orang-orang itu melaporkan adanya gangguan saat tersenyum, makan, berbicara, berciuman, menyikat gigi dan pergi keluar. Para pasien yang dirujuk oleh dokter umum mereka ke Tim Nyeri Wajah pertama kali dinilai oleh dokter pengobatan mulut untuk mengklarifikasi diagnosis sebelum merujuk mereka ke About Face. Para pasien itu kemudian diundang ke sebuah sesi informasi.

Sesi Informasi About Face
Sesi kelompok dua jam ini dijalankan bersama oleh fisioterapis dan psikolog klinis untuk para pasien bersama teman/keluarga mereka. Sesi ini memberikan informasi dan pengantar bagi pengambilan keputusan tentang pendekatan pengelolaan diri.

About Face adalah intervensi utama. Holder dkk. menawarkan sesi-sesi individu (psikologi dan/atau fisioterapi) kepada mereka yang memiliki hambatan untuk menghadiri sesi kelompok (misalnya membutuhkan seorang penerjemah).

Para pasien dibantu untuk memahami bahwa nyeri kronis berbeda dengan nyeri akut dalam hal selain durasi, misalnya kemungkinan kecil nyeri kronis terkait dengan kerusakan jaringan yang sedang berlangsung dan lebih mungkin sebagai konsekuensi dari sistem saraf yang tersensitisasi, nyeri kronis itu merespons lebih baik terhadap pendekatan eksposur bertingkat daripada saran pemulihan dan lebih dipengaruhi oleh konteks (pengalaman masa lalu, suasana hati dan dukungan sosial).

Oleh karena itu, perawatan perlu membahas bagaimana orang menemukan jalan ke depan yang kurang terfokus pada pengelolaan gejala dan lebih banyak tentang menjalani hidup dengan adanya nyeri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan