Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Hidup Sehat dengan Mengelola Stres

30 Agustus 2021   22:56 Diperbarui: 2 September 2021   07:57 950 14 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hidup Sehat dengan Mengelola Stres
Melakukan meditasi bisa menjadi salah satu cara untuk melepas stres dalam diri. Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Stres

Stres bisa positif atau negatif. Beberapa stres jangka pendek berguna, misalnya kegembiraan dan rasa tanggungjawab yang berasal dari promosi pekerjaan, atau stres fisik akibat angkat beban. Ini disebut eustres (eustress), yang bisa menjadi bagian penting dari membantu kita belajar, tumbuh dan merasa terlibat dan antusias tentang kehidupan.

Stres lain, atau distres (distress) bersifat merusak dan mengakibatkan kewalahan, ansietas, dan gejala-gejala fisik seperti ketegangan otot, sakit kepala, dan gangguan pencernaan.

Memiliki terlalu banyak stres dalam hidup Anda menciptakan perubahan fisiologis dalam tubuh yang bisa menyebabkan inflamasi kronis.

Keberhasilan memerangi stres melibatkan pencarian sumberdaya yang membantu, serta membuat perubahan langsung pada hal-hal yang menyebabkan Anda stres. Sarana-sarana berikut merupakan strategi untuk membantu Anda memerangi stres.

Yoga

Latihan pembumian (grounding) seperti yoga dan meditasi bisa membuat perbedaan besar dalam mengurangi tingkat stres. Jika olahraga apa pun bisa meningkatkan kesejahteraan mental, yoga tidak ada bandingannya dalam mengurangi stres dan ansietas. Yoga restoratif dan yoga hatha yang lembut sangat efektif.

Meditasi

Sebagai cara yang bagus untuk memulai atau mengakhiri hari Anda, meditasi bisa menenangkan sistem saraf Anda, menenangkan pikiran Anda dan menciptakan rasa kelapangan batin.

Waktu di alam. Sumber: The Anti-inflammatory Plan, 1st Ed., 2021, hlm. 37.
Waktu di alam. Sumber: The Anti-inflammatory Plan, 1st Ed., 2021, hlm. 37.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan