Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Membentuk dan Membiasakan Gaya Hidup Sehat

30 Agustus 2021   21:35 Diperbarui: 30 Agustus 2021   21:41 78 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Membentuk dan Membiasakan Gaya Hidup Sehat
Gaya hidup sehat. Sumber: The Anti-inflammatory Plan, 1st Ed., 2021, hlm. 32.

Dalam 4 artikel sebelumnya, berturut-turut telah kita tinjau tentang semua aspek terkait yang bisa memicu peradangan (inflamasi), misalnya kurang tidur, stres dan paparan racun.
1. Sains tentang Peradangan (Inflamasi).
2. Jenis-jenis Peradangan (Inflamasi).
3. Bagaimana Peradangan (Inflamasi) Mempengaruhi Tubuh.
4. Akar Penyebab Peradangan (Inflamasi).

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai cara-cara di mana Anda bisa mengubah gaya hidup Anda secara positif untuk meningkatkan kesehatan Anda dan mengurangi kerentanan Anda terhadap penyakit-penyakit yang berhubungan dengan inflamasi, yang pada gilirannya merupakan sebuah upaya untuk membentuk dan membiasakan sebuah gaya hidup sehat.

Artikel ini kita mulai dengan meninjau terlebih dahulu rahasia hidup sehat dan panjang umur orang-orang yang hidup di zona-zona biru.

Zona Biru Panjang Umur
Selain diet, membentuk kebiasaan gaya hidup yang baik adalah kunci untuk mengurangi inflamasi dan mencegah penyakit kronis.

Untuk memahami aspek gaya hidup mana yang paling penting, pertimbangkan penelitian yang dilakukan di "zona-zona biru" di seluruh dunia.

Zona biru adalah tempat-tempat di mana terdapat sejumlah besar centenarian (orang yang hidup hingga usia 100 tahun ke atas), antara lain Okinawa di Jepang, Sardinia di Italia, Nicoya di Kosta Rika, Ikaria di Yunani, dan Loma Linda di Kalifornia.

Orang-orang di daerah ini tidak hanya hidup lebih lama, tetapi mereka juga memiliki tingkat penyakit terkait inflamasi yang sangat rendah, misalnya obesitas, kanker, dan penyakit jantung.

Jadi faktor gaya hidup apa yang membuat orang-orang ini tetap sehat? Kesamaan umum yang mereka miliki adalah: gerakan alami sepanjang hari, memiliki tujuan, relaksasi atau praktik penghilang stres seperti doa atau meditasi, hubungan manusia dan rasa memiliki dengan menjadi bagian dari suatu komunitas atau kelompok.

Artikel ini akan menjelaskan bagaimana memasukkan beberapa faktor di atas ke dalam hidup untuk menciptakan kebiasaan sehat yang langgeng, yang secara signifikan mengurangi risiko inflamasi kronis dan penyakit-penyakit terkait inflamasi.

Manusia adalah makhluk kebiasaan, dan perubahan bisa jadi sulit dilakukan. Untuk memulai prosesnya, mulailah dengan perubahan positif yang membuat Anda merasa baik. Mulailah menyingkirkan pola-pola pikir "seharusnya," "perlu," dan "harus." Jika Anda berjalan dengan susah payah ke gym seminggu sekali karena Anda diberitahu bahwa Anda "perlu" berolahraga, tetapi Anda merasa bahwa itu adalah pengalaman yang sangat tidak menyenangkan, maka itu tidak akan bertahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan