Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Update Teknologi: Sel Bahan Bakar Hidrogen

24 Agustus 2021   20:13 Diperbarui: 24 Agustus 2021   20:33 274
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Truk bertenaga sel bahan bakar Hidrogen pertama di dunia sekarang menjadi kenyataan. Sumber: Eureka, August 2020, hlm. 11.

Adopsi Hidrogen sebagai sumber energi yang signifikan telah diusulkan sejak lama. Memang, sel bahan bakar Hidrogen pertama dibangun pada 1839. Potensi Hidrogen berarti bahwa dari waktu ke waktu, selama bertahun-tahun Hidrogen telah diusulkan sebagai solusi mujarab yang ramah lingkungan. Hidrogen adalah bahan bakar masa depan, dan akan selalu begitu.

Hal ini terjadi karena biaya yang terkait dengan pembentukan sebuah infrastruktur energi berbasis Hidrogen selalu menjadi penghalang, yang berarti bahwa pilihan lain yang lebih hemat biaya yang umumnya berlaku.

Akan tetapi, sebuah gerakan tampaknya sedang berlangsung untuk menghidupkan kembali penggunaan Hidrogen sebagai bahan bakar. Memang, ada seruan baru-baru ini bagi Inggris untuk berinvestasi dalam menghasilkan lebih banyak lulusan yang berspesialisasi dalam teknologi terbarukan seperti Hidrogen jika ingin memperkuat dirinya sebagai pemimpin global di sektor ini.

Profesor Joe Howe, Direktur Eksekutif Thornton Energy Research Institute di Universitas Chester, mengatakan bahwa agar Inggris bisa berinovasi dalam teknologi Hidrogen baru di tahun-tahun mendatang, Inggris perlu menghasilkan lebih banyak ahli dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan dan meneliti terobosan-terobosan baru.

Komentar Howe muncul ketika lebih dari 40 akademisi seluruh Inggris yang terkemuka di dunia dalam bidang energi karbon rendah, terbarukan, lingkungan, transportasi dan perubahan iklim, panggilan balik oleh kelompok lintas industri Strategi Hidrogen Sekarang (Hydrogen Strategy Now) bagi Pemerintah untuk meletakkan dasar dari strategi Hidrogen di seluruh Inggris sebelum terlambat.

Ada 41 bisnis yang mendukung Strategi Hidrogen Sekarang, yang mempekerjakan sekitar 100.000 orang dan memiliki nilai 100 miliar di Inggris. Mereka siap berinvestasi hingga 1,5 miliar dalam proyek Hidrogen dan menciptakan ribuan pekerjaan di seluruh negeri.

Strategi Hidrogen sangat penting bagi Inggris menjadi pemimpin dunia dalam Hidrogen sekarang, tetapi agar itu bisa dipertahankan, perlu ada lebih banyak investasi dalam pendidikan siswa dalam teknologi terbarukan.

Teknologi tidak akan tinggal diam dan akan terus membutuhkan pengembangan dan gagasan-gagasan baru, dan satu-satunya cara agar Inggris tetap berada di garis depan dalam hal ini adalah dengan mendorong lebih banyak lulusan untuk menjadi ahli dalam bidangnya.

Dalam sebuah surat terbuka, akademisi dari Universitas Cambridge, Imperial College London, dan Universitas Birmingham mengatakan strategi Hidrogen akan "memperkuat kedudukan Inggris, reputasi, dan potensi ekspor pengetahuan dalam bidang ini."

Inggris memiliki banyak keuntungan alami dalam hal energi Hidrogen, karena memiliki kelebihan pasokan energi angin terbarukan, infrastruktur energi yang kuat, dan basis manufaktur yang sangat terampil yang cocok untuk teknologi baru yang mutakhir seperti Hidrogen.

Manfaat memiliki ekonomi Hidrogen yang kuat adalah jelas, mengurangi secara drastis emisi karbon, meningkatkan kualitas udara, dan menciptakan lapangan kerja baru yang ramah lingkungan di seluruh negeri.

Ini bisa membantu mengantar era baru transportasi nol-karbon, melalui bus, kereta api, truk dan bahkan kapal dan pesawat terbang Hidrogen, serta pemanasan nol-karbon. Ini juga akan memberikan dorongan besar untuk manufaktur dan memberi Inggris kesempatan untuk memimpin dunia dalam teknologi terbarukan dan rendah karbon yang menarik.

Kelompok ini memperingatkan bahwa jika tidak diambil tindakan untuk membuat strategi Hidrogen, risikonya adalah ketinggalan dibandingkan negara-negara lain yang mulai bergerak ke bidang ini, misalnya Jerman, Jepang, Australia, Korea Selatan, Kanada, dan China, yang semuanya telah mengintroduksi strategi Hidrogen mereka sendiri.

Komisi Eropa juga membuat strategi hidrogen UE, termasuk rencana investasi multi-miliar Euro dalam proyek Hidrogen. Kecuali bertindak sekarang, Inggris berisiko tertinggal.

Sebuah langkah besar dalam perpindahan ke Hidrogen sedang berlangsung dengan pengumuman pembangunan pabrik Hidrogen bersih terbesar di dunia di Inggris. Proyek Hydrogen to Humber Saltend (H2H Saltend), dekat Hull, akan mencakup sebuah reformator autotermal (ATR) 600 MW dengan penangkapan karbon, pabrik terbesar dari jenisnya di dunia, untuk mengubah gas alam menjadi Hidrogen.

Sementara itu telah dilaporkan bahwa Pemerintah bermaksud mengumumkan strategi Hidrogen sebelum Parlemen tutup untuk musim panas, sebagai bagian dari paket pemulihan ekonomi.

Salah satu penggunaan sel bahan bakar hidrogen yang paling menjanjikan adalah dalam industri otomotif. Sejumlah pemain industri utama, termasuk BMW dan Toyota, telah mengungkapkan rencana untuk mengembangkan armada mobil bertenaga Hidrogen sebagai sumber bahan bakar yang menawarkan solusi tambahan berkelanjutan untuk tenaga listrik.

Namun, ada banyak aplikasi di luar mobil yang terbuka untuk sumber energi bersih ini. Sel bahan bakar adalah perangkat yang mengubah energi yang tersimpan dalam molekul-molekul menjadi energi listrik.

Dengan menggunakan Hidrogen dan Oksigen sebagai daya, sel bahan bakar menghasilkan air, listrik, dan panas tanpa menimbulkan emisi apa pun selain uap air. Hanya Oksigen dan Hidrogen yang diperlukan untuk memberi daya pada sel bahan bakar. Oksigen sudah tersedia di atmosfer, dan Hidrogen bisa dihasilkan melalui elektrolisis.

Walaupun perangkat pintar tumbuh semakin maju, perangkat itu masih dibatasi oleh daya. Perusahaan teknologi dan mobil sangat menyadari keterbatasa baterai Litium-ion dan walupun chip dan sistem operasi menjadi lebih efisien dalam menghemat daya, harapan terbaik adalah hanya untuk 1 atau 2 hari masa pakai baterai.

Sel bahan bakar Hidrogen. Sumber: Eureka, August 2020, hlm. Sampul.
Sel bahan bakar Hidrogen. Sumber: Eureka, August 2020, hlm. Sampul.

Sel bahan bakar Hidrogen bisa memberi daya pada perangkat portabel apa pun yang menggunakan baterai. Tidak seperti baterai biasa, sel bahan bakar Hidrogen terus menghasilkan energi dengan pasokan bahan bakar yang terus menerus. Kemampuan ini memungkinkan sel bahan bakar Hidrogen untuk memberi daya pada berbagai perangkat, termasuk HP, laptop, dan alat bantu dengar.

Kepustakaan:
1. Cover Story, H2GO! The Hydrogen Revolution, Eureka, August 2020, hlm. 11-13.
2. Diary Johan Japardi.
3. Berbagai sumber daring.

Jonggol, 24 Agustus 2021

Johan Japardi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun