Mohon tunggu...
Joanne Nathaniel
Joanne Nathaniel Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Aktif

hello

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mengapa Manusia Berkelompok?

28 Oktober 2021   19:34 Diperbarui: 28 Oktober 2021   19:48 99 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Manusia merupakan salah satu makhluk hidup sosial. Makhluk hidup sosial berarti adalah makhluk hidup yang tidak bisa hidup tanpa kehadiran orang lain atau sendirian. Tentu saja setiap manusia perlu berinteraksi dan berkomunikasi karena manusia saling membutuhkan satu sama lain.

Menurut Aristoteles seorang ahli filsafat asal Yunani mencetuskan istilah Zoon Politicon yang berarti makhluk sosial. Kata "Zoon" memiliki arti hewan dan kata "Politicon" memiliki arti bermasyarakat. (Salam 2002, hlm. 41) Secara harfiah Zoon Politicon memiliki arti hewan yang bermasyarakat. Dengan pendapatnya ini, Aristoteles menerangkan bahwa manusia dikodratkan untuk hidup bermasyarakat dan berinteraksi satu sama lain. Hal ini yang membedakan antara manusia dengan hewan. 

Meskipun ada manusia yang lebih memilih untuk sendirian atau individualis, tentu mereka tetap berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain, baik itu dengan keluarga, teman dekat, ataupun pasangannya.

Untuk memenuhi kebutuhan sandang, pangan, dan papan manusia sangat membutuhkan bantuan dari orang lain. Contohnya dengan adanya petani, kita bisa mengkonsumsi beras yang setiap hari kita konsumsi. Dengan adanya penjahit, kita bisa menggunakan pakaian yang sekarang kita gunakan. Dengan adanya arsitek atau para ahli bangunan, kita bisa beristirahat di tempat yang nyaman dan terlindung dari cuaca - cuaca yang buruk.

Dari setiap manusia tentu saja banyak yang memiliki kesamaan untuk mencapai suatu tujuan tertentu terutama dalam sebuah kelompok atau organisasi. Dalam sebuah kelompok atau organisasi harus memiliki tujuan yang sama. Jika tujuan dalam sebuah kelompok berbeda-beda tentu akan sulit untuk mencapai tujuan tersebut.

Semakin bertambahnya umur seseorang, tentu kita akan lebih sering mengalami interaksi didalam kelompok atau organisasi. Saat kita bersekolah kita akan sering mengerjakan tugas, berdiskusi, dan bekerja sama dalam kelompok. Saat kita bekerja pun kita juga pasti akan bekerja sama melakukan suatu pekerjaan dengan rekan kerja kita.

Apabila pekerjaan dilakukan bersama-sama pekerjaan tersebut akan lebih cepat selesai dan terasa lebih ringan dibandingkan dikerjakan secara individualis. Ini merupakan salah satu alasan mengapa manusia berkelompok.

Dengan berinteraksi didalam kelompok, kita bisa belajar bagaimana cara untuk menghargai dan menghormati pendapat orang lain terutama jika pendapat yang diutarakan sangat berlawanan dengan pendapat yang kita miliki.

Banyak manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan jika kita hidup berkelompok:

  • Dengan hidup berkelompok tentu kita bisa mengenal banyak orang dan memiliki koneksi yang cukup luas.
  • Bisa belajar menghargai dan menghormati orang lain.
  • Berani berpendapat di dalam kelompok.

Setiap manusia memiliki kodrat yang sama yaitu untuk berinteraksi dengan orang lain. Oleh sebab itu,manusia disebut sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian dan memerlukan orang lain dalam hidupnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan