Mohon tunggu...
Andri S. Sarosa
Andri S. Sarosa Mohon Tunggu... Insinyur - Instruktur, Trainer, Konsultan Sistem Manajemen + Bapak yang bangga punya 5 Anak + 1 Istri

Insinyur lulusan Usakti

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Kereta Cepat, MRT, LRT Jepang 1997

12 Oktober 2023   09:37 Diperbarui: 12 Oktober 2023   09:50 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Pribadi

Jepang 1997 - 1998

Saya tinggal di Jepang dalam kurun waktu 1 tahun untuk mengikuti program training jangka panjang Perusahaan Jepang tempat saya bekerja. Karena saat itu Perusahaan akan "menghibahkan" seluruh proses produksi dari Jepang ke Indonesia.

Training ini dibawah program The Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable Partnerships (AOTS) sebuah organisasi pengembangan sumber daya manusia di negara-negara berkembang untuk meningkatkan kerja sama teknis melalui pelatihan, pengiriman tenaga ahli dan program lainnya.

Satu bulan pertama, saya ditempatkan di Mess milik AOTS di Yokohama Jepang. Yokohama adalah kota kecil yang terletak dekat dengan Tokyo. Kalo di Jakarta, ini adalah Kota Depoknya lah.

Disini saya memperdalam Bahasa Jepang dan Budaya Jepang, agar ketika memulai on the job training, saya bisa menyesuaikan diri dengan Budaya Kerja Jepang yang super disiplin.

Di Yokohama ini pula saya pertama kalinya merasakan transportasi LRT karena LRT adalah transportasi utama kota Yokohama waktu itu. Apalagi stasiun terdekatnya persis di depan Mess AOTS.

LRT Jepang sama persis dengan LRT di Jakarta yang sama-sama tanpa masinis sehingga saya sempat bengong melihat kecanggihan kereta LRT yang bisa berjalan dan berhenti sendiri tepat waktu walaupun tanpa sopir!

Awalnya sih takut-takut dan kuatir ini itu.. tapi setelah merasakan langsung kinerja LRT ini, saya pun merasa aman dan enjoy menikmati perjalanan dalam kota Yokohama.

Bedanya dengan Jakarta adalah LRT Jepang sudah ada pada tahun 1997 sedangkan di Jakarta baru ada pada tahun 2023.

**

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun