Mohon tunggu...
Nur Azizah
Nur Azizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Tim 2 KKN UNDIP

Biologi 2018 Fakultas Sains dan Materimatika Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Isolasi Mandiri? Jangan Panik! Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Herbal Immunodrink dan Ajarkan PHBS untuk Warga Pinang Seribu Samarinda

2 Agustus 2021   09:39 Diperbarui: 9 Agustus 2021   06:23 66 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Isolasi Mandiri? Jangan Panik! Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Herbal Immunodrink dan Ajarkan PHBS untuk Warga Pinang Seribu Samarinda
Pemberian Herbal Immunodrink dalam Paket Isoman

Samarinda (18/07/21) -- Pandemi COVID-19 telah menyebabkan banyak korban jiwa dan membuat seluruh bangsal rumah sakit penuh. Akibatnya, terdapat pasien penderita COVID-19 yang tidak mendapatkan perawatan di rumah sakit dan harus melakukan Isolasi Mandiri dirumah masing-masing. 

Hal tersebut tidak hanya terjadi di kota besar, namun juga terjadi di daerah RT 13 Pinang Seribu Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. Penuhnya rumah sakit di Kota Samarinda membuat sebagian warga RT 13 yang terpapar COVID-19 harus isoman (isolasi mandiri). 

Inisiatif dari warga setempat untuk membantu warga yang sedang isoman dengan melakukan galang dana dengan pembelian bahan makanan dan obat sehingga dapat membantu mereka agar tidak perlu khawatir akan ketersediaan makanan.

Melihat kondisi seperti ini, langkah tepat untuk membantu warga RT 13 yang sedang isoman adalah dengan memberikan asupan bergizi. Salah satunya adalah dengan pemberian Herbal Immunodrink (minuman herbal) yang memiliki banyak manfaat dan dapat dibuat sendiri menggunakan rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, serai, kayu manis dan jeruk nipis. 

"Nah, sekalian saja jamu yang kamu buat dimasukkan kedalam paket isoman yang nanti mau dibagikan ke warga" Ujar Pak Aang selaku Ketua RT 13 Pinang Seribu. Usulan dari Pak Aang tersebut membuat Tim Mahasiswa KKN UNDIP berinisiatif untuk memberikan produk Herbal Immunodrink serta leaflet yang berisikan langkah pembuatan dan manfaat dari tiap bahan yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas. 

Leaflet Pembuatan dan Manfaat Herbal Immunodrink
Leaflet Pembuatan dan Manfaat Herbal Immunodrink

Selain warga yang terkena COVID-19, Herbal Immunodrink dan leaflet juga diberikan kepada warga sekitar agar mereka lebih memahami penggunaan bahan alami yang memiliki khasiat sebagai peningkat imunitas. Edukasi minuman herbal penting agar masyarakat tidak sembarangan mengonsumsi obat-obat dan suplemen yang dijual di pasaran dengan dalih sebagai obat penyembuh dari virus Corona. 

Padahal sampai saat ini obat virus Corona sendiri masih belum ada. Dilansir dari WHO, penggunaan antibiotik tidak digunakan sebagai obat dan pencegahan terhadap virus Corona melainkan untuk mencegah atau mengobati adanya infeksi bakteri sekunder yang dapat menjadikan komplikasi COVID-19 pada pasien yang sakit parah.

Pemberian Leaflet Herbal Immunodrink kepada Warga RT 13 Pinang Seribu
Pemberian Leaflet Herbal Immunodrink kepada Warga RT 13 Pinang Seribu

Oleh sebab itu, diadakan edukasi kepada warga RT 13 untuk terus mematuhi protokol kesehatan yang ada, menjaga diri dan terus mengonsumsi makanan bergizi untuk meminimalisir penularan COVID-19. Selain pemberian Herbal Immunodrink kepada warga, TIM II KKN UNDIP juga mengadakan sosialisai mengenai pentingnya penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di saat pandemi COVID-19 berlangsung. Hal ini dilakukan agar warga RT 13 dapat menerapkan PHBS sebagai bagian dari tujuan SDGs "Good Health and Well-being" sehingga akan menjadi kebiasaan penerapan hidup bersih dan sehat walaupun pandemi telah berakhir nantinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x