Mohon tunggu...
Jihan Ristiana
Jihan Ristiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - KMN'58

Selamat Datang! Saya mahasiswi komunikasi Sekolah Vokasi IPB

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perekonomian Negara Tanggung Jawab Negara

30 Juli 2021   15:23 Diperbarui: 30 Juli 2021   16:11 35 1 0 Mohon Tunggu...

Indonesia merupakan negara berkembang. Mengapa Indonesia masih berkembang dan belum disebut sebagai negara maju? Salah satu faktor yang menghambat Indonesia untuk menjadi negara maju ialah perekonomian. Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara ke-4 dengan penduduk tertinggi di dunia, itu artinya semakin padat penduduk maka semakin berpengaruh pula kehidupan ekonomi bagi suatu negara. 

Apabila kita bandingkan kondisi perekonomian Indonesia dengan negara-negara yang sudah maju seperti Singapura, Jepang, HongKong, negara kita masih berada di bawah negara-negara tersebut dalam hal perekonomian. Seperti kata MenKeu RI Sri Mulyani "Dengan pendapatan per kapita kita mencapai US$23.199 itu berarti kita masuk ke dalam middle upper class. Dan tentu kita berharap struktur perekonomian kita akan di dukung oleh struktur perekonomian yang memiliki daya kompetensi dan nilai tambah yang tinggi."

Pertumbuhan ekonomi dijadikan sebagai tolak ukur suatu negara untuk mengukur berhasil atau tidak nya pemerintah dalam mengelola suatu negara. Ternyata sektor ekonomi sangat penting bagi suatu negara. Namun, pertumbuhan ekonomi di Indonesia bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah Indonesia saja, melainkan rakyat Indonesia pun harus turut andil dalam memajukan perekonomian Indonesia. Zaman sekarang sudah canggih zaman industri 4.0 dimana pemikiran masyarakat semakin maju dan inovatif. Seharusnya pemikiran-pemikiran anak muda yang maju dan inovatif ini dimanfaatkan untuk berfikir bagaimana caranya untuk memajukan perekonomian negara.

Berbagai kebijakan ekonomi telah dilakukan dari zaman Demokrasi Liberal hingga sekarang, namun belum membuat Indonesia menjadi negara maju. Pasang surutnya kebijakan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia mengundang semakin menumpuknya hutang negara. Berbagai kebijakan perekonomian yang telah dilakukan pemerintah Indonesia antara lain: Gunting Syaffrudin, Gerakan Benteng, Nasionalisasi de Javasche Bank, Sistem Ekonomi Ali-Baba, Persaingan Finansial Ekonomi, Rencana Pembangunan Lima Tahun, Musyawarah Pembangunan Nasional, Pembentukan Badan Perancang Pembangunan Nasional, Devaluasi, Deklarasi Ekonomi, Meningkatkan perdagangan dan perkreditan luar negeri, Peleburan Bank, dan lain-lain.

Kebijakan ekonomi yang pemerintah Indonesia lakukan tidak sepenuhnya berhasil, negara Indonesia pernah mengalami keterpurukan ekonomi. Berikut masalah-masalah terkait ekonomi negara:

  • Inflasi = Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus-menerus dalam jangka waktu tertentu. Inflasi tertinggi pernah terjadi di Indonesia pada masa pemerintahan presiden Ir.Soekarno  Ada berbagai macam penyebab inflasi, diantaranya: tingginya permintaan terhadap barang/jasa, bertambahnya uang yang beredar di masyarakat, serta kekacauan politik pun bisa menjadi penyebab tingginya inflasi. Inflasi yang tidak stabil dapat menyulitkan masyarakat sehingga dapat menurunkan pertumbuhan ekonomi.
  • Kemiskinan = Tingkat kemiskinan yang masih tinggi di Indonesia menyebabkan lambatnya pertumbuhan ekonomi serta banyak nya pengangguran.
  • Sumber Daya Manusia = Hal terpenting dari sebuah negara ialah sumber daya manusia nya. Indonesia memiliki banyak sumber daya alam yang tersebar dimana-mana dari Sabang sampai Merauke, namun tidak sepenuhnya milik Indonesia. Sumber daya manusia di Indonesia sangat banyak, namun yang peduli terhadap ekonomi negara tidaklah banyak, maka dari itu kita sebagai warga negara Indonesia sudah seharusnya melindungi dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk memajukan perekonomian negara.

Perekonomian Indonesia mulai bangkit dari keterpurukan ketika masa pemerintahan presiden B.J Habibie saat itu beliau berhasil memulihkan kondisi ekonomi menjadi lebih baik. Dan seiring berjalannya waktu kondisi perekonomian Indonesia semakin membaik bahkan Indonesia sudah melakukan ekspor barang ke luar negeri serta pembangunan infrastruktur mulai merata di daerah-daerah. Namun Indonesia mengalami ketidakstabilan ekonomi lagi ketika terjadi pandemi COVID-19 yang melumpuhkan banyak sektor industri dan perekonomian menjadi terhambat. Guna menaggulangi keterpurukan ekonomi akibat pandemi ini, pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya.

Maka dari itu kita sebagai warga negara Indonesia harus turut membantu pemerintah dalam penanganan pandemi supaya perekonomian Indonesia menjadi stabil kembali.Serta terwujudnya cita-cita negara yaitu menjadi negara maju pada tahun 2045. Manfaatkan sumber daya alam yang ada sebaik-baiknya Jadilah warga negara Indonesia yang bijak dan berdaya saing serta inovatif untuk dapat memajukan negara demi Indonesia yang maju.

Penulis: Jihan Ristiana

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x