Mohon tunggu...
Jihan Fadilla Tiarany
Jihan Fadilla Tiarany Mohon Tunggu... FEB UHAMKA
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Hello:)

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pengantar Bisnis

22 Oktober 2020   16:38 Diperbarui: 22 Oktober 2020   22:30 78 4 0 Mohon Tunggu...

Hidup dari bisnis, berpenghidupan dari bisnis.

Apa itu Bisnis?

Sebuah aktivitas yang dikelola baik perorangan atau organisasi untuk memenuhi kebutuhan manusia dan berorientasi untuk menghasilkan keuntungan .

Dalam teori Bisnis adalah kegiatan memperjualbelikan barang atau jasa dengan tujuan memperoleh laba. Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. 

Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Dalam islam, bisnis adalah sebuah nilai ekonomi dimana setiap kegiatan yang dilakukan memiliki nilai manfaat untuk orang lain. Bisnis dalam islam ialah bagaimana usaha yang dibangun itu bisa bermanfaat untuk orang banyak, dan keuntungan yang diperoleh pun tidak besar.

Kapitalisme adalah sistem ekonomi yang memberikan kebebasan penuh bagi tiap orang untuk mengendalikan kegiatan ekonomi seperti perdagangan, industri, dan alat-alat produksi dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Dalam teori kapitalisme bisnis merupakan kegiatan untuk menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya dengan modal yang minim.

Kenapa ada bisnis?

Kenapa terjadi bisnis, karena manusia itu memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi baik makanan, pakaian, rumah, kendaraan dll.

Terdapat bisnis kecil dan bisnis besar. Bisnis kecil seperti berjualan sayur bisa hanya seorang individu yang menjalankannya, tapi kalau misalkan untuk memenuhi kebutuhan baju atau yang membutuhkan proses pembuatan bahan mentah menjadi barang jadi harus dengan organisasi. 

Nah organisasi yang dimaksud ialah perusahaan. Perusahaan sebuah organisasi yang memproses perubahan keahlian dan sumber daya ekonomi menjadi barang dan/jasa yang diperuntukkan bagi pemuasan kebutuhan para pelanggan serta diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi para pemiliknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x