Mohon tunggu...
Kabar Desa
Kabar Desa Mohon Tunggu... Kembali Menyuarakan suara yang tenggelam

Mencari Kebenaran dari yang salah.....salam indonesia...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Musyawarah Masyarakat Desa Wologai Mengusulkan Pembukaan Jalur Jalan antar Desa Wologai ke Desa Tinabani

24 November 2020   07:20 Diperbarui: 27 November 2020   10:23 130 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Musyawarah Masyarakat Desa Wologai Mengusulkan Pembukaan Jalur Jalan antar Desa Wologai ke Desa Tinabani
img-20201123-130159-5fc0711d4b222b66cf3d31d2.jpg

Wologai- Masyarakat Desa Wologai Kecamatan ende kabupaten ende Lewat Forum Musdes Mengusulkan  prioritas Utama adalah Pembukaan jalur  Jalan antar desa mulai dari desa Wologai menuju desa Tinabani.
Hal itu disampaikan kepala Desa wologai Andreas Ba'u dalam sambutannya di aulah SMP Satap Wologai pada kegiatan musyawarah Desa wologai yang di langsukan pada senin 23 november 2020.


Menurutnya bahwa pembukaan jalur  jalan Antar desa tersebut dengan tujuan untuk membuka akses baru jalur perputaran roda ekonomi antar desa dan juga sebagai alternatif jalur jalan ke 3 desa ketika kondisi jalan nangaba maukaro mengalami kerusakan atau putus.

" Pembukaan jalan tersebut sebagai langka Utama akses perputaran roda perekonomian masyarakat antar desa dari desa wologai dan desa Tinabani dan juga ketika jalan dari dari nangaba menuju maukaro mengalami kerusakan atau putus" katannya.

Selain itu lanjut Andreas Ba'u bahwa akses jalan antar desa dari wologai menuju tinabani juga membantu masyarakat Desa wologai yang punya wilayah lokasi perkebunan disepanjang jalan tersebut bisa memanfaatnya untuk  peningkatan ekonomi Petani masyarakat desa

" Jalur jalan yang di buka ini juga membantu masyarakat kita yang mempunyai kebun di sepanjang jalan menuju desa tinabani agar bisa di manfaatkan untuk mempercepat peningkatan perekonomian masyarakat kita di wologai yang mayoritas pekerjaan petani" ujarnya.

 Dalam forum rapat tersebut juga banyak program yang di usulkan menjadi prioritas diantaranya program penguatan Ekonomi masyarakat lewat bantuan bibit, pembentukan Bumdes dan program Peningkan pemberdayaan bagi masyarakat desa khususnya petani dan aparat pemerintahan.

" Kita mengusulkan ini jangan semata- mata fokus di Pembangunan fisik tetapi juga harus ada yang menjadi prioritas utama adalah  peningkatan ekonomi Petani, pemberdayaan dan juga kesehatan" ungkap Ketua BPD desa wologai.

Yulius Fanus Mari Ketua BPD desa Wologai menjelaskan bahwa saat ini prioritas penggunaan Dana desa untuk tahun 2021 harus fokus pada peningkatan ekonomi masyarakat sebagai salah satu langkah untuk pemulihan ekonomi nasional yang saat ini sedang dilandasi Pandemi covid 19.

" pengelolaan Dana desa di tahun 2021 salah satu langkah untuk pemulihan  Ekonomi nasional, jadi prioritas dalam musyawarah kita harus mengarah ke langkah pemerintah tersebut" jelasnya

Usulan masyarakat desa wologai di bidang lain adalah program di bidang jaringan dan telekomunikasi yang sampai saat ini desa wologai dan di wilayah sekitarnya  belum menikmati akses informasi tersebut  sebab di zaman era digital dan lajunya arus teknologi semua perkejaan baik di pemerintahan, dunia pendidikan dan juga Petani membutukan media komunikasi yang bisa di manfaatkan untuk kemajuan di desa.

" Kita harus menguslkan juga kepada pemerintah kabupaten agar bisa membangun jaringan telekomunikasi di kawasan ke 3 desa yaitu wologai, boafeo dan Wologai Dua, yang sampai saat ini kita belum menikamati apa yag sebut jaringan telkomunikasi, padahal tuntutan saat ini semua pekerjaan pembangunan atau apapun harus lewat tekonologi yang berkembang saat ini, pungkas Yosep Nai tokoh masyarakat desa wologai.

Harapannya  pemerintah kabupaten dan propinsi bisa membangun permintaan masyarakat tersebut agar masyarakat desa bisa merasakan juga manfaatnya.

Ditulis oleh :JFM

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x