Mohon tunggu...
Jessita Vici
Jessita Vici Mohon Tunggu... Mahasiswa

Be Positive and always learn

Selanjutnya

Tutup

Worklife

5 Langkah Manajemen Waktu untuk Mahasiswa

12 Maret 2025   18:38 Diperbarui: 12 Maret 2025   18:38 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://pixabay.com/photos/tasks-plan-goal-note-list-4026398/(Contoh: To Do List)

Tugas, praktikum, organisasi hingga kerja paruh waktu seolah menjadi makanan sehari-hari bagi mahasiswa. Selain akademik, mahasiswa juga punya tanggung jawab diluar. Tak heran banyak mahasiswa yang mengalami  brainout, nilai yang kurang maksimal bahkan drop out. Semua fenomena negatif tersebut berakar dari kurangnya pemahaman akan manajemen waktu. 

Baca Juga : https://www.kompasiana.com/jessitavici/8-tips-menjadi-mahasiswa-baru-yang-luar-biasa-ayo-curi-start

Lalu apa itu manajemen waktu?

Menurut Heynes (1994) manajemen waktu adalah suatu proses pribadi dalam memanfaatkan analisis dan perencanaan dalam menggunakan waktu untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Selain itu, manajemen waktu merupakan perencanaan yang terkendali dan tertarget dalam menyelesaikan sesuatu.

Kemampuan memanajemen waktu dengan baik dapat membuat kita dikenal sebagai pribadi yang profesional, memiliki hidup yang teratur dan menurunkan tingkat stress. Untuk memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik, penulis jabarkan 5 langkah memanajemen waktu dengan baik.

1.Tentukan prioritas

Utamakan kegiatan yang bermanfaat dan menjadi fokus utama dalam meraih impian serta mendesak. Susunlah berdasarkan peringkat dari yang mulai mendesak hingga yang masih dapat ditunda.

2.Buat To-Do List

Buat list apa saja yang kamu kerjakan setiap hari. Kalau saya biasanya malam sebelum tidur. Tulislah sesuai peringkat yang sudah disusun sebelumnya. Kemudian urutkanlah mana yang paling cepat dikerjakan. 

Misalnya : Menyapu lantai dan belajar. Dahulukan menyapu lantai karena durasi pengerjaannya lebih cepat dari belajar.

Jangan lupa berikan ceklist sebagai reawardsaat kamu berhasil menyelesaikannya

3.Selektif dalam memilih kegiatan

Selektif dalam memilih kegiatan yang kurang bermanfaat atau diluar dari prioritas kita. Jangan segan untuk menolak jika kegiatan tersebut dirasa hanya membuang waktu.

4.Lawan keinginan untuk menunda

Saat list pekerjaan kita sudah banyak, kadang godaan untuk menunda semakin besar. Hal-hal lain seperti social media dll terlihat lebih menarik. Padahal menunda dapat menurunkan efektivitas penggunaan waktu. Maka kita perlu melawan keinginan menunda agar list pekerjaan dapat diselesaikan.

5.Tidur yang cukup

Tidur yang cukup memberikan efek yang sangat besar pada tubuh kita. Kondisi badan akan lebih siap menjalani hari. Dengan tidur yang cukup, menghindari kita dari rasa kantuk dan lemas disiang hari yang dapat menghambat produktifitas dan kreativitas.

Baca Juga : https://hellosehat.com/pola-tidur/tips-tidur/manfaat-tidur-cukup/

Manajemen waktu merupakan skill yang sangat penting untuk dimiliki mahasiswa. Dengan kebiasaan mengelola waktu dengan tepat memberikan dampak positif di masa kini maupun masa depan. Apakah kamu sudah mengelola waktu dengan tepat?

Referensi : 

Haynes, Marion .E. 1994. Manajemen waktu untuk diri sendiri. Jakarta: Binarupa aksara.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun