Mohon tunggu...
YEREMIAS JENA
YEREMIAS JENA Mohon Tunggu... ut est scribere

Akademisi dan penulis. Dosen purna waktu di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tentang Orang Portugal

22 Juli 2019   10:55 Diperbarui: 23 Juli 2019   08:23 0 2 3 Mohon Tunggu...
Tentang Orang Portugal
Kehangatan orang Portugal. Sumber: meetngreetme.com

Sebelum atau selama berkunjung ke Portugal, Anda mungkin bertanya-tanya seperti apa orang Portugis itu! Meskipun bukan merupakan deskripsi yang sangat akurat, sepuluh "fakta" mengenai orang-orang Portugis berikut pantas dipertimbangkan sebagai pengetahuan awal! Deskripsi ini, dengan begitu, diharapkan menjadi informasi awal untuk mengenal lebih dekat orang Portugis.

Adalah sebuah dorongan alamiah, bahwa setiap kali seseorang bepergian ke suatu daerah baru, dia diliputi sejumlah pertanyaan. Misalnya, seperti apa orang-orangdi daerah yang dikunjunginya itu? Apakah mereka ramah? Apakah mereka adalah orang-orang dengan sifat pengertian? Apakah mereka bersedia membantu pada saat Anda sedang membutuhkan bantuan?

Jika Anda datang ke Lisbon atau ke kota lainnya di Portugal, Anda tidak perlu khawatir bahwa Anda tidak bisa berbicara Bahasa Portugis. Diperkirakan hampir 32 persen orang Portugis bisa berbahasa Inggris, sekitar 24 persennya mengerti Bahasa Inggris. 

Sementara itu, mayoritas orang Portugis mengerti Bahasa Spanyol selain juga mengerti Bahasa Prancis. Saya mengunjungi Portugal selama tanggal 6-15 Juli 2019, mengerti 30-an persen Bahasa Portugis, dan tidak merasa khawatir karena mengandalkan Bahasa Inggris.

Kembali ke sifat-sifat umum orang Portugis, berikut saya rangkumkan sepuluh sifat tersebut. Mengapa sepuluh? Biar keren saja, karena angka sepuluh kan sempurna. Tetapi tentu bisa lebih dari itu. Ini hanya sekadar gambaran awal saja.

1. Penerima tamu yang hebat

Sebagai orang Indonesia, jangan terlalu sombong dengan mengatakan bahwa hanya orang Indonesia yang ramah. Lagi pula, sifat ramah orang Indonesia semakin lama semakin menghilang.

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa orang Portugis adalah salah satu bangsa yang masyarakatnya sangat ramah. Karena sifat inilah orang sering menyebut orang Portugis sebagai tuan rumah yang baik. Alasannya, orang Portugis selalu berusaha secara maksimal untuk membuat Anda merasa betah. 

Makan siang atau makan malam di rumah orang Portugis berarti banyak teman dan kerabat yang menikmati hidangan lengkap di meja yang didekorasi. Soal dekorasi meja makan, orang Portugis melakukannya dengan sangat cermat dan detail.

Ketika orang-orang Portugis menerima tamu, mereka menghabiskan berjam-jam menyiapkan makanan. Dari permulaan hingga hidangan utama dan makanan penutup. Intinya, akan ada banyak sekali makanan yangdihidangkan, dan semuanya sangat lezat. 

Selama menikmati makanan, mereka akan mengecek apakah semua yang dihidangkan itu telah mencukupi, atau jangan-jangan tamu masih membutuhkan sesuatu yang lain untuk dikonsumsi. 

Adalah hal yang sangat umum di Portugal ketika kita membawa hadiah kepada orang yang menerima kita di rumahnya. Ketika Anda diundang untuk makan di rumah seorang Portugal, apa yang sebaiknya Anda bawa sebagai hadiah? Jika konteks makannya agak formal, Anda dapat membawa bunga ke wanita yang menerima Anda. Untuk acara yang lebih kasual, bawalah saja sebotol anggur atau hidangan penutup buatan Anda sendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4