Mohon tunggu...
theresia jeni
theresia jeni Mohon Tunggu... jeni

menjadi wanita tangguh

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Pemanfaatan Kotoran Sapi bagi Petani Organik

21 September 2019   14:23 Diperbarui: 21 September 2019   14:29 0 3 1 Mohon Tunggu...
Pemanfaatan Kotoran Sapi bagi Petani Organik
PEMANFAATAN KOTORAN SAPI

Sapi adalah hewan ternak anggota suku Bovidae. Bovidae merupakan subfamili yang mencakup bermacam ragam kumpulan hewan yang berkuku pada jarinya, karna dari klasifikasi itulah sapi termasuk dalam familinya. Sebelum kemajuan dalam dunia pertanian berkembang, sapi dulu dipelihara hanya untuk dimanfaatkan daging dan susunya saja, untuk penambahan bahan pangan bagi manusia. 

Tetepi setelah diteliti lebih dalam, ternyata bukan hanya susu dan dagingnya saja yang dapat dimanfaatkan tetapi kotorannya juga sangat berguna bagi pertanian. Kotoran sapi adalah limbah dari pencernaan sapi. 

Warna kotoran sapi juga bermacam yaitu dari warna agak kehijauan hingga kehitaman warna ini dipengaruhai tergantung apa yang dimakan nya.paparan udara juga mempengaruhi warna kotorannya karena setelah terpapar warnanya berubah menjadi agak gelap dan proses fermentasi juga terjadi pada masa ini. 

Proses fermentasi adalah proses terjadinya penguraian senyawa organik yang menghasilkan substrat baru oleh mikroba.limbah dari kotoran sapi juga mengandung unsur hara yang sangat bermanfaat bagi tanah tempat pembudidayaan tanaman.pada kotoran sapi juga mengandung serat yang sangat banyak yaitu kandungan selulosa yang tinggi, kandungan serat itulah yang ketika kotoran sapi bercampur dengan air kencing sapi unsur yang terdapat didalamnya akan meningkat. 

Ada juga hal yang sangat tidak disarankan ketika menggunakan kotoran sapi yaitu tidak diperbolehkan menggunakan kotoran sapi yang belum mengalami proses fermentasi karena ini dapat mengakibatkan tanaman akan mati.

Kotoran sapi termasuk kedalam pupuk kompos. Per ekornya bisa menghasilkan pupuk kompos sebanyak 23,6 kg/hari.dan kandungan unsur hara dalam kotoran sapi sangat besar manfaatnya yaitu untuk menutrisi tanaman sehingga pertumbuhannya lebih baik.unsur-unsur yang terdapat dalam kotoran sapi yaitu:berupa Nitrogen(N), Fosfor(P),dan Kalium(K).

a.manfaat nitrogen(N)

 *meningkatkan pertumbuhan tanaman

 *meningkatkan kadar protein tanah

 *meningkatkan tanaman sayuran yang diproduksi oleh daunnya

 *aktivitas didalam tanah meningkat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3