Mohon tunggu...
Yuni  Andriyani
Yuni Andriyani Mohon Tunggu... Wiraswasta -

Ibu Rumah Tangga, Wiraswasta, Always Smile and Hard Worker, Nrimo ing Pandum, dll visit my web - jengyuni.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Puas Kelilingi Situs Ratu Boko Tanpa Pegal dengan Geliga

8 Januari 2018   16:26 Diperbarui: 8 Januari 2018   16:37 953
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Liburan memang mengasikkan. Apalagi kalau diisi dengaan kegiatan jalan-jalan bersama keluarga. Tidak hanya sekedar untuk melupakan penat karena rutinitas sehari-hari, berlibur bersama keluarga juga cara jitu menciptakan kekompakan dan memperkuat kedekatan emosional antara suami dan istri pun juga orang tua dengan anak-anaknya. Selebihnya adalah menciptakan keseimbangan kebutuhan jasmani dan rohani.

Bagi saya, liburan bersama keluarga adalah sebentuk quality time yang terus terpelihara sejak menikah hingga mempunyai dua anak yang sekarang sudah ABG. Boleh dibilang ini telah menjadi semacam tradisi di keluarga kecil saya dan menjadi cara lain menikmati hidup. 

Walaupun begitu, sebenarnya saya sekeluarga tidak mempunyai jadwal khusus kapan harus liburan bersama. Seringnya malah dadakan, ambil 'voting' langsung berangkat. Kecuali bila tujannya jauh hingga ke luar kota yang mau tidak mau membutuhkan persiapan yang matang.

Wisata Budaya, Favorit Keluarga Saya
Beruntung saya sekeluarga mempunyai selera yang sama. Selain pantai dan gunung, tempat wisata favorit ketika liburan adalah wisata budaya dengan mengunjungi tempat-tempat peninggalan sisa-sisa peradaban dan budaya masa lampau. Sebut saja seperti candi, keraton, benteng dan sejenisnya.

Sudah banyak sekali situs-situs budaya yang saya kunjungi bersama keluarga, terutama yang berada di pulau Jawa. Dengan mengunjungi situs-situs budaya tersebut, saya ingin memberikan 'bekal penalaran' kepada anak-anak agar lebih mengenal serta mencintai warisan sejarah dan budaya bangsanya sendiri. Siapa lagi yang akan mencintai dan merawatnya kalau bukan anak bangsa sendiri.

Infografis Pribadi
Infografis Pribadi
Menikmati Keeksotisan Situs Ratu Boko Sekali Lagi
Berbeda dengan tahun sebelumnya, liburan akhir tahun beberapa waktu lalu saya sekeluarga sepakat untuk menikmati kota Yogja saja. Saya sih senang-senang saja. Selain hemat biaya, saya juga tidak perlu mempersiapan ini dan itu seperti halnya kalau mau liburan ke luar kota, begitu pikir saya. Kemana ?

Anak-anak kepengin mengunjungi situs peninggalan Ratu Boko lagi. Nah Lho,Lagi ?  Iya. Seingat saya memang sudah tiga kali mengunjungi situs cagar budaya yang berada di Bokoharjo, Prambanan, Yogjakarta ini.

“Sampai sore ya, ma. adek mau foto-foto lagi yang bagus buat update Instagram.” Pinta Si Kecil Ayunda.
“Iya ma, kakak juga.” Timpal kakaknya, Arya.

Entah apa yang ada dipikiran anak-anak. Sepertinya mereka mencoba untuk eksis di dunia sosmed. Mungkin memang seperti itu salah satu identitas Kids Zaman Now. Tapi apa boleh buat, tak ingin mereka kecewa saya dan suami pun mengiyakan. 

Pilihan anak-anak memang tepat. Seperti halnya Candi Prambanan, situs Keraton Ratu Boko adalah destinasi wisata foto paling keren di ujung Timur Yogyakarta. Situs yang sudah ada sejak abad ke-8 ini setiap bagiannya memancarkan keeksotisan yang luar biasa. 

Berbeda dengan peninggalan purbakala lain di masa Jawa Kuno yang umumnya berbentuk bangunan keagamaan, situs Ratu Boko merupakan kompleks profan lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian hingga pagar pelindung. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun