Mohon tunggu...
Jemmy Fassandi
Jemmy Fassandi Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Islam 45 Bekasi

Terus-lah membaca Buku karena ketika kita membaca 1 buku banyak ribuan pengetahuan yang kita belum kita ketahui sebelumnya, Selamat Datang dan Selamat Membaca.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Dasar Serta Tujuan Pendidikan dalam Hadis

15 Juli 2020   16:58 Diperbarui: 15 Juli 2020   16:54 11 1 0 Mohon Tunggu...

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semuanya, tak lupa juga selalu bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat iman, nikmat Islam, nikmat sehat wal'afiat serta Taufik dan Hidayahnya kepada kita semuanya...

Dasar Pendidikan dalam Hadis

Dasar adalah landasan tempat berpijak atau tegaknya sesuatu agar dapat berdiri dengan kokoh. Dasar berguna sebagai tempat berpijak, akar kekuatan, sesuatu yang fundamental dalam menentukan warna dan karakteristik isi pendidikan. 

Dasar berguna agar pendidikan yang dijalankan tetap kokoh di tengah kemajuan teknologi, sains, informasi, tidak seperti air di atas daun talas, muda terombang ambing. 

Dasar diformulasikan berdasarakan pola pandangan hidup, bersifat filosofis sehingga membutuhkan jasa filsafat pendidikan. Jadi, dasar itu dibutuhkan sebagai falasafah hidup kapan dan dimana pun, bercorak komprehensif, filosofis, dan rasional sebagai landasan berpikir.

Abdul Fatah Jalal membagi dasar pendidikan Islam kepada dua sumber:

  • Sumber Ilahiyat, yaitu al-Qur'an dan Hadis (Sunnah) Rasulullah dan alam semesta sebagai ayat kauniyyat yang perlu ditafsirkan kembali;
  • Sumber Insaniyat, yaitu proses ijtihad manusia.

Bagi Sa'id Isma'il, sebagaimana dikutip Hasan Langgung, ada enam dasar pendidikan Islam, Yaitu:

  • Al-Qur'an
  • Sunnah Rasulullah
  • Qaul al-shahabat
  • Nasalih al-mursalat
  • 'urf
  • Hasil pemikiran atau ijtihad intelektual Muslim.

Pada era Rasul, paling tidak ada lima sumber utama yang dijadikan sebagai dasar pendidikan. Yaitu al-Qur'an, hadis, dan ijtihad, perkataan sahabat dan al-'adat. Kedudukan al-Qur'an dan Hadis merupakan dasar pokok pendidikan, sementara ijtihad. 

Perkataan sahabat, dan adat kebiasaan masyarakat, merupakan jawabannya dalam al-Qur'an dan hadis. Azra, menyebutkan, bahwa ketika Rasulullah SAW di mekkah, misi utama beliau adalah membangun fundamental bagi pembentukan nucleus masyarakat histori yang viable untuk menjawab tantangan zaman.

Al-Qur'an sebagai dasar pendidikan pada era Rasulullah SAW sudah dijelaskan bahwa al-Qur'an diturunkan supaya tidak ada hujjah bagi orang-orang kafir, sebagai bukti bahwa informasi tentang Zat Allah SWT dan segala hukumnya sudah dijelaskan dalam al-Qur'an, yang dibawa oleh Rasulullah SAW.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN