Mohon tunggu...
Jason Andrew
Jason Andrew Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Have a nice day!

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Pencetus Teknik Diskusi Brainstorming! Apakah Efektif?

20 Agustus 2021   18:23 Diperbarui: 20 Agustus 2021   18:30 79 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pencetus Teknik Diskusi Brainstorming! Apakah Efektif?
Creative Team Illustration | corpohub.com

Pasti kalian sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah brainstorming? Brainstorming biasanya digunakan oleh organisasi atau individual untuk mencari ide-ide baru. Namun sebenarnya efektif apa tidak ya, untuk menggunakan teknik brainstorming untuk mencari ide? Atau apakah kalian tahu, dari manakah sebenarnya ada kata "brainstorming"? Mari kita simak bersama-sama sekarang!

The true sign of intelligence is not knowledge but imagination. -Albert Enstein

Brainstorming muncul sebagai sebuah ide untuk pertama kali pada tahun 1942. Istilah ini diperkenalkan oleh Alex Faickney Osborn, pendiri dan eksekutif periklanan asal Amerika Serikat, BBDO. Faktanya! Brainstorming adalah istilah yang diperkenalkan sebagai teknik untuk mencapai ide-ide kreatif yang terinspirasi dari suasana kerja di BBDO loh, menarik bukan?

BBDO Logo | bbdoasia.com
BBDO Logo | bbdoasia.com

Alex Faickney Osborn yang lebih dikenal dengan sebutan Osborn, sering mengamati karyawan-karyawannya. Dia menemukan bahwa selama rapat dan diskusi perusahaan, semua karyawan tidak mengusulkan ide, metode, atau solusi kreatif, yang mengakibatkan penutupan rapat yang buruk dan tidak efektif. Sehingga dengan pengamatan Osborn terhadap pekerjaan sehari-hari di kantor ia mencoba mengembangkan teknik kreatif ini.

Osborn mengatakan kepada media bahwa...

Pertemuan bisnis seharusnya menjadi kesempatan untuk menetapkan tujuan dan sasaran, menyajikan dan mendefinisikan masalah, mengusulkan dan mendiskusikan ide, dan pada akhirnya, bekerja untuk mewujudkannya.

Osborn sadar bahwa pertemuan bisnis yang biasanya dia dan rekan-rekannya adakan tidak terjadi sama sekali pertukaran ide yang bermanfaat dan biasanya menekan spontanitas orang dan kemampuan berpikir bebas. Hal ini membuatnya untuk menetapkan prinsip-prinsip baru dalam melakukan pertemuan yang efektif yang akan didasarkan pada kebebasan berpikir dan berpikir kreatif.

Nah dari cerita diatas, disebutlah teknik yang dibuat Osborn didalam perusahaannya yaitu teknik Brainstorming. Yaitu teknik yang didasarkan pada kebebasan berpikir serta berpikir kreatif. Sangat menarik kan!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan