Japray Wenepredo Doloricon
Japray Wenepredo Doloricon Mohon Tunggu... Mahasiswa - Gamers

Bukan penulis, hanya kebutuhan tugas

Derawan: Pesona Pulau Eksotis di Kalimantan Utara

25 April 2021   04:18 Diperbarui: 25 April 2021   05:05 212

Pulau yang mungkin belum banyak orang tau, namun bagi orang asli Kalimantan utara merupakan surga yang indah untuk dikunjungi karena pulau ini memiliki banyak kelebihan tersendiri dari pulau lainya, penyu dan ubur ubur masih dapat dilihat dipulau ini karena dijaga oleh masyarakat sekitar. Pulau dengan pasir putih yang sangat indah ini tak hanya ada satu pulau namun ada 6 pulau dengan masing masing memiliki kelebihan. Derawan, sangalaki, kakaban, maratua, panjanag dan samama. Liburan kesini merupakan pilihan yang sangat tepat jika ingin melakukan snorkeling atau diving karena terumbu karang dan biota laut disini sangat terjaga. Disini  juga ada penangkaran Penyu Hijau tepatnya dipulau sangalaki. Penyu ini dulunya diburu untuk diambil dagingnya dan dijadikan hiasan. Saya dan sekeluarga memulai perjalanan dari rumah jam 12 siang dari tana tidung menuju tanjung selor, setelah sampai tanjung selor jam 9 malam kami langsung melanjutkan perjalanan menuju berau dan tiba diberau jam 11 malam. Kami langsung mencari hotel untuk tempat beristirahat dan akan dilanjutkan esok harinya. Setelah istirahat dirasa cukup kami melanjutkan perjalanan di pagi hari jam 9 pagi dari berau menuju tanjung batu tiba jam 11 pagi, kami langsung melajutkan perjalanan menggunakan speedboat yang ada dipelabuhan tanjung batu untuk menyeberang ke pulau derawan sekitar 15 menitan. Setibanya di pulau derawan kami langsung mencari tempat untuk menginap. Setelah menyimpan barang barang kami langsung menuju pantai untuk menikmati waktu liburan kami Pada malam hari saya beruntung bisa menyaksikan penyu bertelur di Pantai Derawan dan ikut melepas tukik (anak penyu) ke laut. Saya juga sempat menikmati makanan seafood yang ada disana disalah satu restoran yang ada dipulau derawan. Menikmati seafood seperti ikan bakar sangat lah nikmat disore hari dan dimalam hari. Sore harinya kami menikmati jagung bakar yang rasanya sangat enak asin, pedas dan gurih. Saya juga sempat bermain sepeda disana, saya mengelilingi pulau derawan menggunakan sepeda Bersama keluarga. Saya dan sekeluarga juga sempat menikmati hiburan banana boat disana dengan menggunakan pelampung dan karet yang berisi udara yang berbentuk pisang yang ditarik oleh speedboat kami gunakan unuk memutari pulau derawan. Saya merasakan keseruan dan rasa takut akan jatuh ketika duduk diatas banana boat, kami sempat terjatuh dari banan boat karena ulah supir speed boat itu di lakukan nya dengan sengaja namun tidak ada yang perlu ditakutkan karena itu sudah dalam keadaan aman dan dilengkapi dengan pelampung keselamatan. Waktu yang pas untuk berlibur ke sini antara bulan Maret -- Juli. Cuaca cerah, jarang terjadi hujan, dan air laut sedikit tenang. Hal ini dipengaruhi oleh iklim Samudra Pasifik.