Mohon tunggu...
Ahmad J Yusri
Ahmad J Yusri Mohon Tunggu... Mahasiswa Fisika UIN Malang

Mahasiswa Fisika tahap pemula , . Senang berbahasa Arab juga Inggris walau tak seberapa , berminat terhadap sastra dan sejarah.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tips Jitu Membaca Puisi ala Helvy Tiana Rosa

28 November 2020   21:07 Diperbarui: 28 November 2020   21:09 29 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Jitu Membaca Puisi ala Helvy Tiana Rosa
Sumber : satupena.id

Membaca puisi adalah bentuk apresiasi sastra yang banyak diminati oleh khalayak ramai. Selain karena hobi, membaca puisi juga dapat menjadi wahana untuk menumpahkan emosi dan perasaan. Tak ayal jika seni yang satu ini sering dijadikan ajang perlombaan baik di tingkat sekolah hingga nasional.

Oleh karena itu, penulis merangkum beberapa tips  dalam membaca puisi  yang  dikutip dari Helvy Tiana Rosa, saudari Novelis Asma Nadia. Beliau adalah salah satu penulis terkenal dengan berbagai karya sastranya. Salah satunya karyanya yang fenomenal adalah Novel "Ketika Mas Gagah Pergi" yang dijadikan film oleh Aksi Cepat Tanggap Sinema Art tahun 2016 dan lebih uniknya lagi film ini dibuat dari dana patungan para pembacanya di seluruh Indonesia.

Baiklah berikut tips membaca puisi ala Helvy Tiana Rosa :

Bacalah Puisi Berulang-ulang

Membaca puisi berulangkali itu dapat meningkatkan pemahaman terhadap makna dan penafsiran terbaik. Baca puisi bukan hanya teks puisi, tapi juga konteks dari puisi tersebut.

Jangan Ada Jarak antara Puisi dengan Kita

Saat kita membaca puisi, usahakan puisi yang dibaca itu seakan-akan adalah karya sendiri agar tercipta suatu ikatan batin yang bisa mempermudah dalam menghayati puisi tersebut.

Vokal, Artikulasi dan Intonasi

Perhatikanlah pengucapan (vokal, artikulasi), dan  bagian mana yang perlu mendapat tekanan (intonasi). Jangan lupa untuk menjaga tempo pembacaan agar tidak terlalu cepat atau lambat.  

Hayati Puisi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x