Mohon tunggu...
James Bung
James Bung Mohon Tunggu... Mahasiswa

hai , love yall.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tips Mengatasi Stres Saat Pandemi

7 Januari 2021   11:31 Diperbarui: 7 Januari 2021   11:49 65 2 0 Mohon Tunggu...

  James Bung

UNIKA Soegijapranata Semarang.

Seperti yang sudah kita ketahui, kondisi sekarang ini memanglah sangat sulit. Covid ini telah merubah segala aspek kehidupan seperti pendidikan, ekonomi,dan lain lain. Tidak diketauhi pasti sampe kapan ini akan segera berakhir,namun yang pasti kita harus selalu melaksanakan protokol kesehatan. 

Banyak temuan terkait isu kesehatan mental atau stres yang melanda murid murid dengan banyaknya tugas dari guru. Guru juga mengeluh perihal minimnya efisiensi pembelajaran daring / jarak jauh ini. selain itu juga banyak sekali kendala yang didapat berupa minimnya fasilitas di daerah terpencil, susah sinyal, dan lain lain.

Berikut adalah tips tips mengatasi stres saat kondisi pandemi!

  1. POLA HIDUP BARU

Hal ini sangat diperlukan untuk mengurangi dan mencegah stress. Pastikan tubuh anda mendapatkan gizi yang seimbang dan sehat.makanan yang bergizi dapar meningkatkan imunitas tubuh. lakukan aktivitas olahraga minimal joging selama 30 menit. olahraga dapat membuat tubuh menjadi bugar dan juga menjadi fresh sehingga bisa menghilangkan streesss. seringlah mencuci tangan / menggunakan hand sanitizer setelah memegang sesuatuu, masuk / keluar dari suatu tempat, dan lain lain. jangan lupa juga untuk memakaki masker

       2. MENGONTROL EMOSI

Cara selanjutnya adalah menenangkan diri dan tidak emosional. Saat pikiran mulai kalut, cobalah luangkan sedikit waktu untuk berpikir jernih. berbagai cara bisa dilakukan seperti dengan meditasi atau berdoa agar pikiran dan jiwa menjadi tenang. Ucapkan kata kata positif agar pikiran terisi dengan energi positif. 

Banyak melakukan ME time ( waktu menyendiri untuk melakukan hal hal yang diingikan dan disukai). Anda juga bisa menyalurkan hobi hobi atau melakikan hal yang menyengakan di dalam rumah. Aktivitas ni bisa mengalihakn perhatian dan membuat pikiran sibuj seacara positif. Pilih kegiatan yang aman dan bisa dilakukan didalam rumah.

      3. JANGAN TERLALU PERCAYA DENGAN HAL YANG KALIAN LIHAT DI INTERNET

Berita yang beredar di dunia maya bisa menambah kecemasan seseorang. Untuk mengihandari stres akibat hal ini, kurangi askses median online anda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN