Mohon tunggu...
Yakobus Mite
Yakobus Mite Mohon Tunggu... Perubahan itu Kekal

Pemerhati Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Metode Pembelajaran Era New Normal

7 Juli 2020   06:03 Diperbarui: 7 Juli 2020   07:34 442 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Metode Pembelajaran Era New Normal
Foto Jack Mite, Pegiat Pendidikan (Dok.Pri)

Setiap warga negara mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan Pendidikan yang sama pada situasi apapun. Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang dipimpin langsung oleh Mas Menteri sapaan akrabnya telah mengambil langkah strategis agar dalam situasi pandemi Covid-19 hingga memasuki tatanan hidup baru (new normal), hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan tetap terpenuhi dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah (BDR).

Memasuki tahun pelajaran 2020/2021, pemerintah telah menyiapkan kebijakan strategis melalui keputusan bersama 4 menteri yaitu: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di masa pandemi corona virus disease (Covid-19) pada tanggal 15 Juni 2020. 

Kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat merupakan prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pembelajaran itulah Prinsip dari keputusan bersama yang dimaksud.

Tahun ajaran 2020/2021 tetap dimulai pada bulan juli 2020, untuk itu semua pengambil kebijakan dalam dunia Pendidikan mulai dari Pemerintah, Dinas Pendidikan, Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Orangtua dan siswa harus sudah menyiapkan diri dengan baik sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing walaupun BDR dilajutkan tetap disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing.

Metode pembelajaran jarak jauh atau BDR masa pandemi Covid-19 di tahun pelajaran 2020/2021 bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu pembelajaran dalam jaringan (daring) atau online dan pembelajaran luar jaringan (luring) atau offline.  Pembelajaran daring atau online bisa berjalan dengan baik hanya pada wilayah yang ketersediaan jaringan internet memadai.

Untuk mendukung kegiatan pembelajaran daring masa pandemi Covid-19, Kemdikbud menyediakan sumber belajar secara gratis yang dapat diakses melalui laman resmi baik untuk pendidik, peserta didik maupun orangtua peserta didik antara lain:

1. Rumah Belajar: dilengkapi berbagai fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Karya Bahasa dan Sastra, serta fitur lainnya. https://belajar.kemdikbud.go.id/

2. Meja Kita: Jika ingin berdiskusi mengenai PR, soal dan tugas, serta berbagi catatan dan materi pembelajaran lainnya, bisa mengunjungi laman ini. https://mejakita.com/

3. ICANDO: Sangat komprehensif dengan ratusan minigames yang akan meningkatkan motivasi belajar anak-anak di jenjang PAUD, unduh dan mainkan ICANDO sekarang. bit.ly/appicando

4. IndonesiaX: Bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan bangsa dalam mengurangi kesenjangan pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x