Mohon tunggu...
Izza Ainul Yaqin
Izza Ainul Yaqin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa 23107030066 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Just a Dreamer

Selanjutnya

Tutup

Roman

Canggung di Momen First Date? Perhatikan Hal Hal Berikut Agar First Date Kamu Berkesan

29 Mei 2024   20:18 Diperbarui: 29 Mei 2024   20:42 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi momen first date|Sumber : AI

Era saat ini tak lengkap rasanya ketika kawula muda belum pernah merasakan asmara, seperti kata pepatah "Masa remaja adalah masa yang indah, masa-masa mengenal cinta". Kencan pertama seringkali dianggap sebagai momen yang sarat akan harapan, kegembiraan, dan kadang juga kecemasan. Bagi banyak orang, first date adalah langkah awal dalam membangun hubungan yang berarti dan penuh makna. Kali ini akan sedikit  saya paparkan pengalaman, tentang beberapa kiat dalam menjelajahi pengalaman first date sebagai sebuah petualangan baru, mulai dari persiapan hingga pelajaran yang dipetik dari pertemuan yang pertama kali.

Sebelum memasuki momen first date, persiapan yang matang menjadi kunci kesuksesan. Hal ini meliputi pemilihan tempat yang tepat, penampilan yang pantas, dan sikap mental yang positif. Pemilihan tempat kencan yang nyaman dan menyenangkan dapat menciptakan suasana yang santai dan memudahkan percakapan. Apakah itu kafe yang cozy, restoran yang romantis, atau tempat wisata yang menarik, penting untuk memilih lokasi yang sesuai dengan minat dan preferensi kedua belah pihak.

Ilustrasi tempat yang mendukung untuk suasana First Date|Sumber : AI
Ilustrasi tempat yang mendukung untuk suasana First Date|Sumber : AI
Tempat untuk first date bisa sangat bervariasi tergantung pada preferensi dan minat masing-masing pasangan. Beberapa ide tempat yang mungkin bisa menjadi pilihan untuk first date adalah:

1. Kafe atau Restoran yang Romantis: Tempat makan yang nyaman dan romantis bisa menjadi pilihan yang bagus untuk first date. Suasana yang tenang dan makanan yang lezat dapat menciptakan pengalaman yang menyenangkan.
2. Taman atau Taman Hiburan: Berjalan-jalan di taman atau mengunjungi taman hiburan bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama dan memperkuat ikatan.
3. Galeri Seni atau Museum: Jika Anda dan pasangan menyukai seni atau sejarah, mengunjungi galeri seni atau museum bisa menjadi pilihan yang menarik untuk first date.
4. Piknik di Taman: Membawa bekal piknik dan bersantai di taman bisa menjadi pilihan yang santai dan romantis untuk first date.
5. Menonton Film atau Pertunjukan: Menonton film di bioskop atau pertunjukan teater bisa menjadi pilihan yang menyenangkan untuk first date.
6. Aktivitas Luar Ruangan: Jika Anda dan pasangan menyukai petualangan, aktivitas seperti hiking, bersepeda, atau bermain olahraga outdoor bisa menjadi pilihan yang mengasyikkan.

Ilustrasi tempat yang bising|Sumber : AI
Ilustrasi tempat yang bising|Sumber : AI
Ingatlah bahwa yang terpenting adalah menciptakan pengalaman yang nyaman dan menyenangkan untuk kedua belah pihak. Yang terbaik adalah memilih tempat yang sesuai dengan minat dan keinginan masing-masing pasangan. Namun, disamping itu semua saat memilih tempat untuk first date, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari agar tidak terasa kurang nyaman. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

1. Tempat yang Terlalu Bising: Hindari memilih tempat yang terlalu bising atau ramai karena hal ini dapat mengganggu percakapan dan membuat suasana kurang intim.
2. Tempat yang Terlalu Gelap atau Terlalu Terang: Pilihlah tempat yang memiliki pencahayaan yang tepat. Tempat yang terlalu gelap atau terlalu terang dapat membuat suasana tidak nyaman.
3. Tempat yang Tidak Sesuai Minat: Pastikan tempat yang dipilih sesuai dengan minat dan preferensi kedua belah pihak. Memilih tempat yang tidak sesuai minat dapat membuat kedua pihak merasa tidak nyaman.
4. Tempat yang Terlalu Formal atau Terlalu Kasual: Pilihlah tempat yang sesuai dengan tingkat keformalan yang diinginkan. Tempat yang terlalu formal atau terlalu kasual dapat menciptakan ketidaknyamanan.
5. Tempat yang Tidak Aman: Pastikan tempat yang dipilih aman dan nyaman untuk dikunjungi. Keamanan adalah hal yang penting untuk memastikan kenyamanan kedua belah pihak.
6. Tempat yang Memiliki Kenangan Buruk: Hindari memilih tempat yang memiliki kenangan buruk atau tidak menyenangkan bagi salah satu pihak. Hal ini dapat membuat suasana menjadi tegang dan kurang menyenangkan.



Selain tempat, penampilan yang dipilih juga memainkan peran penting dalam menciptakan kesan yang baik. Meskipun penampilan fisik bukanlah segalanya, tampil menarik dan rapi dapat meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan kesan yang positif. Oleh karena itu, memilih pakaian yang sesuai dengan tempat dan waktu kencan, serta menjaga penampilan diri dengan baik adalah langkah yang penting untuk diperhatikan.

Ilustrasi momen first date|Sumber : AI
Ilustrasi momen first date|Sumber : AI
Namun, persiapan yang paling penting adalah sikap mental yang positif dan terbuka. First date adalah kesempatan untuk saling mengenal satu sama lain dan menikmati waktu bersama. Oleh karena itu, membawa energi positif, rasa ingin tahu yang tinggi, dan sikap yang terbuka akan membantu menciptakan hubungan yang baik dengan pasangan kencan.


Saat first date dimulai, suasana biasanya penuh dengan antusiasme dan ekspektasi. Percakapan yang hangat dan tawa yang riang adalah bagian yang biasa terjadi dalam pertemuan pertama kali ini. Dalam momen-momen seperti ini, kita memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi minat, kehidupan, dan impian pasangan kencan. Dari percakapan tentang hobi favorit hingga cerita-cerita lucu masa kecil, setiap momen first date memberikan kesempatan untuk membangun kedekatan dan keakraban. Untuk menciptakan suasana yang lebih intim saat first date, Anda dapat mempertimbangkan beberapa tips berikut:

1. Jaga Kontak Mata: Pertahankan kontak mata dengan pasangan Anda. Kontak mata dapat menciptakan rasa koneksi dan kedekatan emosional yang lebih dalam.

2. Dengarkan dengan Empati: Tunjukkan ketertarikan dan empati dengan mendengarkan dengan seksama saat pasangan berbicara. Ini dapat menciptakan rasa pengertian dan kedekatan antara Anda berdua.
3. Berbagi Pengalaman dan Perasaan: Berbicaralah secara terbuka tentang pengalaman dan perasaan Anda. Berbagi hal-hal yang pribadi dapat membantu memperkuat ikatan dan menciptakan suasana yang lebih intim.
4. Berbagi Momen Lucu atau Berarti: Berbagi momen lucu atau berarti dari kehidupan Anda dapat menciptakan suasana yang santai dan intim di antara Anda berdua.
5. Jadilah Autentik: Jadilah diri Anda sendiri dan biarkan pasangan melihat sisi asli dari diri Anda. Kejujuran dan autentisitas dapat membantu menciptakan kedekatan yang lebih dalam.
6. Berikan Pujian dan Apresiasi: Berikan pujian dan apresiasi secara tulus kepada pasangan. Hal ini dapat membuat pasangan merasa dihargai dan menciptakan suasana yang positif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Roman Selengkapnya
Lihat Roman Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun