Workshop one day kritik film & strategi peredaran perfilman Indonesia diadakan di Oria Hotel, Jl. Wahid Hasyim. Workshop ini dihadiri oleh ekhibitor, sutradara, produser dan kritikus media.
Apa aja sih yang didiskusikan di sini?
Nah, jadi diskusi yang dimulai dari jam 09.00 pagi ini diawali dengan bahasan mengenai strategi menjemput 1 juta penonton yang disampaikan oleh Benny Benke dan juga mengenai promosi film bersama CGV Blitz yang disampaikan oleh Ibu Heriyani mewakili pihak CGV Blitz.
Ternyata untuk jemput penonton aja ada strateginya ya!?
Wah.. Buat para produser film ini sangat PR sekali bagaimana bisa jemput penonton biar rame-rame ke bioskop. Bisa dibayangin ya bagaimana promosi gencar-gencaran ke calon penonton. Ternyata nih faktanya.. dari sekian juta penduduk Indonesia, hanya sekian persen saja yang tertarik untuk datang ke bioskop (tentu maksudnya nonton ya bukan cuma nongkrong-nongkrong, hang out di depan bioskop). Nah kepana?
Hello... Penonton yang budiman...
Sebulan sekalilah minimal nonton ke bioskop.
Nah.. PR Bapak-bapak dan Ibu-Ibu produser masih ada lagi nih. Nih... Saya bagi informasi ya tentang bagaimana produser-produser ini mendapat jadwal tayang dan jumlah layar dari pihak bioskop. Nah ini yang menarik. Kenapa? Karena ini masih menjadi diskusi panas mengenai request jadwal tayang sampai jumlah layar yang akan menayangkan film-film mereka.
Bu Haryani pihak CGV Blitz sampai memberi label 'Bulan Berantem' untuk bulan-bulan libur sekolah ataupun libur hari-hari besar. Karena apa? Iya, karena produser-produser film meminta hari-hari itu untuk filmnya ditayangkan saat liburan, berebutlah istilahnya ya.
Oya, tentang CGV Blitz nih...
Udah pernah ke CGV Blitz? Di mana sajalah yang paling dekat sama lokasi kamu-kamu semua. CGV Blitz punya aplikasi online bekerjasama dengan Go-Tix untuk pembelian tiket bioskop lho. Memudahkan ya.. Harga tiket CGV Blitz juga variatif. Kesannya kan mahal ya kalau di Blitz!? Nah... For Your Information ya... Tidak hanya untuk kelas menengah atas kok. Ada tiket regulernya kok. Mau cobain yang gold apa velvet juga silahkan.
Oya ini penting...
Untuk penggemar dan penggugah film, pihak CGV Blitz ada program CSR untuk pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk mengadakan diskusi plus sharing film lho... Nahh... Silahkan untuk yang mau gandeng Blitz untuk bekerjasama mengadakan agenda diskusi perfilman Indonesia.
Kembali ke diskusi ya...
Gimana cara menjemput 1 juta penonton?
Nah ini... Untuk film-film unik dan kreatif, promosi film tersebutlah yang harua gencar dilakukan. Karena saat ini masyarakat Indonesia itu sangat dekat dengan gedge kan ya, nah promo di sosial media itu sangat penting. Apalagi trailer dan quote filmnya itu udah bikin penasaran. Tentu calon penonton menunggu-nunggu film itu tayang di bioskop. Berbagai macam cara sih... ada dengan promo dengan adain nobar dengan pemain-pemain film dan lainnya...
Oke begitu ya kira-kira kuliah umum yang saya sampaikan... Panjang yah...
Semoga bermanfaat...
Tagline dari Demi Film Indonesia nih ya...
'Nonton film Indonesia itu Cerdas!'
Salam KOPI
Ka Ielzha