Tekno Pilihan

Kurio Menjawab Rasa Ingin Tahu dengan Informasi Terkini

11 September 2017   23:01 Diperbarui: 11 September 2017   23:07 372 0 0
Kurio Menjawab Rasa Ingin Tahu dengan Informasi Terkini
(sumber gambar : wikipedia, 2016)

Dari Primitif ke Kompleksitas Penyampaian Pesan

Kita tahu bahwa penyampaian pesan kepada seseorang tidak bisa instan dan melalui suatu proses. Dalam ilmu komunikasi, proses ini melibatkan pemberi pesan, penerima pesan dan media. Secara umum penyampaian pesan dapat dilakukan dengan secara verbal atau lisan yang harus dapat dimengerti antara pemberi dan penerima pesan. Awalnya, komunikasi dilakukan secara sederhana dan primitif seperti mengungkapkan kebutuhan organis. (Gonick 2007, dan Wikipedia, 2016). Contohnya, sinyal kimiawi pada organisme awal untuk reproduksi. Seiring adanya morfologi, sinyal kimiawi primitif juga mengalami evolusi dan terjadi perilaku yang lebih rumit, seperti tarian kawin pada ikan.

Pada manusia, komunikasi terjalin lebih kompleks lagi karena memiliki akal dan pemikiran. Bentuknya seperti gestur tubuh, bahasa sinyal, dan tulisan. Dalam penyampaian pesan dua arah sederhana, seperti terlibat pembicaraan, hanya akan menjadi efektif apabila pesan dapat dicerna. Proses interaktif dan tanya jawab akan terjadi apabila pesan belum dicerna secara jelas. Lain halnya dengan pesan satu arah, contohnya bunyi bel, kentongan pos kamling, dan klakson mobil. Pesan harus mudah dicerna langsung karena tidak ada proses interaksi. Lebih kompleks lagi, acara media seperti iklan TV, radio ataupun berita.

Kita juga tahu bahwa penyampaian pesan berita sebelum era teknologi mutakhir masih terjalin konvensional, seperti melalui televisi ataupun radio; yang bahkan masih berlaku sampai sekarang. Sejak adanya smartphone seperti mendekonstruksi kebiasaan tersebut. Semua aktivitas, baik urusan pekerjaan sampai hiburan, semua ada dalam satu genggaman. Termasuk dalam urusan membaca berita.

(sumber gambar : flickr.com)
(sumber gambar : flickr.com)

Saatnya Beralih kepada e-news

Ada alasan mengapa dalam membaca berita perlu beralih ke platform mobile, yaitu (1) praktis dan ekonomis, tidak membutuhkan lagi kertas sehingga lebih ramah lingkungan, (2) cepat diterima, berita yang beredar di internet akan lebih cepat diakses dan diterima daripada sumber konvensional, (3) menghargai waktu, aplikasi dalam smartphone dapat dibuka sewaktu-waktu sehingga bagi pengguna yang smart untuk mengisi waktu luang dengan mengikuti berita ter-update

Selain kelebihan, adapula kelemahannya. (1) Berita yang beredar di internet layaknya 'bola salju', semakin membesar dan mudah tersebar. Jika sumbernya mempunyai kredibilitas tidak akan bermasalah, lain halnya dengan berita hoax yang merugikan. (2) Banyaknya berita miring dari sumber tidak jelas memberikan pengaruh negatif kepada pengguna, seperti lebih emosional dalam menanggapi permasalahan. Akhirnya hal ini menimbulkan bullying, komentar tidak pantas atau hal negatif lainnya.

Sebagai user yang smart dalam menggunakan smartphone atau gadget mutakhir, tidak bisa menolak datangnya arus teknologi, harus menggunakannya secara bijak. Alasan untuk migrasi kepada e-news adalah pilihan lebih baik daripada konvensional dengan pertimbangan tertentu. Penulis yang menggunakan platform android, tentu melihat banyak aplikasi yang menawarkan berita. 

Tidak asal pilih, banyak aplikasi kompetitor yang ingin meraup keuntungan dengan berita tidak bermutu (seperti horor atau repost), berdasar jumlah klik/tap, asal release (dengan tingkat kesalahan penulisan tinggi), ataupun banyak pop up iklan yang mengganggu. Hal itu tidak akan mungkin terjadi jika Anda memilih aplikasi Kurio. Kami merekomendasikan aplikasi berita tersebut.

Kurio tidak hanya harian online, tetapi juga website dan blog favorit dengan konten terbaik dan terkini secara cepat, praktis dan hemat data. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu repot untuk browsing pada tab browser dan tidak perlu khawatir berita tersebut hoax. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Kurio, silahkan masuk pada link berikut https://kurio.co.id/#page-1

 Kurio, Menjadikanmu Selalu Lebih Tahu Berita di Sekitarmu

Satu aplikasi untuk semua yang Anda minati adalah Kurio, suatu aplikasi buatan anak negeri. Alasan memilih aplikiasi ini adalah (1) Banyak sumber, Anda tidak akan pernah merasa puas jika membaca dari satu sumber berita. Kurio menyatukan banyak situs, portal, media, hingga blog sehingga bacaan bermutu yang Anda bisa baca dari satu tempat secara cepat, praktis dan hemat data. (2) Bebas Hoax, semua sumber dipastikan kredibel, terpercaya dan akurat. (3) Selalu update, Anda bakalan mendapatkan pemberitahuan breaking news dan info terpenting secara langsung melalui smartphone. Tidak ada tempat bagi orang 'kudet' (kurang update). Jadilah pribadi yang #SelaluLebihTahudengan membaca #Kurio.

screenshot
screenshot

screenshot
screenshot

screenshot
screenshot

Jika Anda baru saja mendapatkan informasi ini dan memasang aplikasi dari googleplay pada smartphone android atau appstore pada Apple Anda, bakalan mendapatkan interface aplikasi yang mudah digunakan dan dengan desain aplikasi yang fresh yang tidak ramai. Banyak pengguna juga yang memberikan rekomendasi dan nilai positif pada googleplay. Sebelum memakai aplikasi ini, pastikan Anda log in pada account terlebih dahulu, bisa menggunakan facebook, gmail ataupun email lainnya.

screenshot
screenshot

screenshot
screenshot

Pada tab atas yang berwarna-warni dapat ditemukan kolom top stories, lokasimu, unik, celebs, asmara, tekno, bola, news, oto, health, life, style, travel dan bisnis. Hebat sekali ya, ketika ingin membuka berita dengan tema tertentu hanya satu tap saja dalam satu aplikasi.  Adapun ketika ingin mencari berita yang sedang hangat seperti pernikahan antara Raisa dan Hamish Daud atau antara Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran, Anda tinggal tap pada tab 'celebs'. Contoh lainnya bagi Anda yang suka update tentang berita handphone terbaru, tinggal tap pada tab 'tekno'. Anda juga dapat memilih kustomisasi berita yang diikuti, bahkan dapat menyaring berita ketika memilih lokasi Anda. Pada tab 'lokasimu', silahkan pilih lokasi propinsi, sehingga mendapatkan update berita secara regional.

10-contoh-berita-dan-notifikasi-pada-homescreen-59b6b260a32cdd57074d5783.png
10-contoh-berita-dan-notifikasi-pada-homescreen-59b6b260a32cdd57074d5783.png

Dengan adanya teknologi 'lokasimu' penulis tidak akan kebingungan untuk membaca berita terupdate di sekitar. Misalkan saja, penulis tinggal di Kota Malang, sedangkan berita yang ada pada list adalah tentang Arema. Berita lokal tersebut dengan judul 'Arema bidik poin sempurna di kandang Madura united', yang mengambil sumber dari merdeka.com. Kesannya mudah sekali dicerna dengan kesimpulan tidak ada alasan untuk tidak menunjukkan permainan terbaik. Berita tersebut bisa dishare lewat media sosial pada icon-icon di akhir paragaraf dan otomatis berhubungan dengan berita lainnya dengan tema berhubungan sehingga memudahkan untuk mencari berita dengan tema yang sama.

11-pilih-lokasimu-59b6b277a7249b60f01bf672.png
11-pilih-lokasimu-59b6b277a7249b60f01bf672.png

Teknologi 'lokasimu' juga berlaku pada lingkup regional satu propinsi, jadi memudahkan untuk membaca berita satu propinsi dalam satu kolom judul. Misalkan pada judul berikut 'Presiden akan Resmikan Tol Kertosono-Mojokerto' yang bersumber dari mediaindonesia.com. Selain itu jika kurang puas, pada kolom search Anda dapat mencari tema yang sesuai. Misalkan kata kunci 'Malang' akan keluar segala sesuatu tentang malang seperti radarmalang.co.id, liputan6.com (malang), malangonline.com, dan sebagainya yang bisa Anda follow, sehingga muncul pada tab atas.

screenshot
screenshot

 Ulasan di atas perlu diketahui ketika Anda mulai instalasi hingga pemakaian aplikasi Kurio. Berkat teknologi machine learning yang antisipasi terhadap berita tidak jelas, pengguna dapat merasa nyaman untuk membaca berita yang relevan, dan bakalan selalu lebih tahu berita di sekitarmu.

13-berita-admin-kurio-59912318c363763e624d4f82-59b6b291085ea6663913e802.jpg
13-berita-admin-kurio-59912318c363763e624d4f82-59b6b291085ea6663913e802.jpg