Mohon tunggu...
Iwan Permadi
Iwan Permadi Mohon Tunggu... Guru Bahasa Inggris dan Pekerja Kreatif Televiisi

Lahir di Malang - Hobi Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Variasi Pengganti Kalimat "I Think" dalam Bahasa Inggris

23 November 2020   23:30 Diperbarui: 27 April 2021   14:29 3177 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Variasi Pengganti Kalimat "I Think" dalam Bahasa Inggris
Penggunaan "I Think" dalam bahasa Inggris (dokpri)

Sebagai bahasa Internasional , Bahasa Inggris punya kosakata atau vocabulary yang sangat banyak baik yang diambil dari bahasa asli atau juga dari bahasa lain atau impor. Banyaknya sinonim dalam Bahasa Inggris selain karena sejarahnya yang panjang juga tidak lain untuk memberikan variasi pengungkapan sehingga menimbulkan perhatian yang ‘baru’ . Kosa kata baru memberikan energi kekinian dan menggambarkan jaman yang baru sehingga bahasa ini bisa terlahir kembali.

Demikian juga dalam fungsinya sebagai alat penyambung komunikasi secara sosial , ekspresi yang beraneka memberikan kegairahan baru dan secara dinamis akan membentuk bahasa ini sebagai bahasa yang mencerminkan dinamika pengguna dan pendengarnya.

Sebagai contoh seperti pepatah “Time is money” atau seperti dalam Bahasa Indonesia “Rajin Pangkal Kaya”, seperti ekspresi usang yang menggambarkan pewartanya bisa dianggap tidak berkembang alias kurang gaul alias jalan di tempat.  Demikian pula dalam Bahasa Inggris, khususnya dalam berbicara  (speaking), kosa kata baru mencerminkan luasnya wawasan yang berbicara sehingga yang mendengarkan akan antusias untuk menyimaknya.

Ada beberapa kalimat yang kita bisa gunakan untuk menggantikan kalimat :”I think” (Saya Pikir atau Menurut pendapat saya) bila kita terpaksa harus berbahasa Inggris dengan orang yang bicara dalam Bahasa Inggris, berikut sejumlah alternatifnya ketika ada yang menanyakan apa pendapat atau opini kita tentang suatu masalah/topik, contoh : What do you think about the best rock band in the world from 60’s to 2000’s? (Apa pendapat anda tentang band rock terbaik di dunia dari era tahun 60an hingga 2000an?)

1.In my opinion...............(menurut pendapat saya..................)

Contoh : In my opinion, Beatles is still the best. (Menurut pendapat saya, The Beatles yang terbaik).

2.If you ask me..............(bila anda tanya saya...........)

Contoh : If you ask me, Led Zeppelin is the best of the best. (Bila anda tanya saya, Led Zeppelin yang terbaik dari yang terbaik)

3.It seems to me.................(kelihatannya bagi saya............)

Contoh : It seems to me, Rolling Stones is the unique one. (Kelihatannya bagi saya Rolling Stones yang paling unik).

4.As far as I can see..............(sepanjang yang saya tahu................)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x