Mohon tunggu...
Ivana Felita
Ivana Felita Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa Universitas Diponegoro

KKN Undip Tim II 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN PulKam: Mengurangi Pengeluaran Kebutuhan Hand Sanitizer Selama Pandemi

27 Juli 2021   13:44 Diperbarui: 27 Juli 2021   13:45 36 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN PulKam: Mengurangi Pengeluaran Kebutuhan Hand Sanitizer Selama Pandemi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Virus COVID-19 yang menyebar melalui kontak langsung baik dari benda maupun kontak dengan orang yang terinfeksi, membuat semua orang harus selalu menjaga kebersihan diri terutama tangan yang merupakan bagian tubuh yang paling aktif dan paling berpotensi menularkannya bila memegang bagian wajah. 

Mencucui tangan dengan rutin merupakan pilihan utama untuk dapat menghilangkan virus yang menempel di tangan kita. Namun banyaknya aktivitas yang mengharuskan pergi keluar dan dengan semua kendala yang tidak terduga sering membuat kita tidak bisa atau lupa untuk selalu mencuci tangan. 

Oleh karena itu membawa hand sanitizer meupakan salah satu alternatif yang efektif menggantikan kegiatan mencuci tangan walaupun tetap mencuci tangan dengan sabun adalah yang terbaik. Hand sanitizer selain dapat dibawa kemanapun, juga dapat digunakan dengan cepat tanpa harus membasahi tangan dan mengeringkannya.

Semenjak pandemi melanda, kebutuhkan kebersihan diri dan juga kesehatan harganya meningkat tajam dibanding dengan sebelum adanya pandemi. 

Tidak semua orang dapat membeli kebutuhan kesehatan dan kebersihan dengan maksimal untuk mencegah infeksi virus ke tubuh. Salah satu langkah yang dapat di praktikan untuk dapat mengurangi pengeluaran selama pandemi ini yaitu dengan membuat Hand Sanitizer sendiri yang mungkin bisa didapatkan dengan harga murah dibawah sepuluh ribu untuk satu botolnya. 

Dalam rangka membantu warga mengurangi pengeluaran pembelian Hand Sanitizer maka diberikan edukasi mengenai bagaimana cara membuat hand sanitizer yang benar sesuai standar yang ada melalui video edukasi yang dibagikan lewat WhatsApp grup warga RT 2/RW 10, Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat digunakan dalam membuat Hand Sanitizer sendiri di rumah:

Cara Simpel

Cara ini menggunakan perbandingan 3 (alkohol) banding 1 (pelembab). Perbandingan ini digunakan untuk memudahkan mendapatkan minimum 60% (sesuai standar CDC) alkohol di dalam hand sanitizer yang kita buat.

  • Bahan :
  1. Isopropil alcohol lebih dari 90%
  2. Alovera gel / gliserol
  • Cara Membuat:
  1. Siapkan wadah apa saja untuk mencampur bahan, botol spray ukuran apa saja yang cukup untuk menampung campuran yang dibuat dan sendok yang cukup besar ukuran apa saja
  2. Karena perbanidngannya 3:1 maka ambil 3 sendok isopropil alcohol dan 1 sendok aloevera gel / gliserol ke wadah untuk di campur. Bila dirasa kurang banyak bisa menggunakan 6 sendok isopropil alcohol dan 2 alovera gel / gliserol, yang penting perbandingannya 3:1.
  3. Campur secara perlahan, tidak perlu sampai tercampur rata tidak apa-apa
  4. Masukkan campuran ke dalam botol spray kemudian kocok lagi di botol sampai tercampur rata
  5. Hand sanitizer sudah siap digunakan

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Cara dengan standar WHO

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN