Mohon tunggu...
Iswara Rusniady
Iswara Rusniady Mohon Tunggu... Human Resources - Pustakawan

sekedar mencoba berbagi...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan featured

Jumlah Perpustakaan di Indonesia Tidak Sebanding dengan Jumlah Pustakawan sebagai Tenaga Pengelola

3 Februari 2020   12:41 Diperbarui: 18 Oktober 2021   07:07 1248 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi | Envato Elements

Presiden Jakowi : SDM Unggul Indonesia maju.

" Kita butuh SDM unggul yang berhati Indonesia, berideologi Pancasila

Kita butuh SDM unggul  yang toleran, yang berahlak mulia

Kita butuh SDM unggul yang terus belajar, bekerja keras, berdedikasi."

Saya tertarik sekali dengan langkah DPRD Kab.Kebumen yang akan membenahi penyelenggaraan perpustakan dan informasi di Kab. Kebumen, yang akan membuat Perda penyelenggaraan perpustakaan daerahnya.

Menurut Wakil Ketua DPRD Yuniarti Widyaningsih, yang saya kutip dari web Perpusnas, mengatakan " Kabupaten Kebumen memiliki jumlah penduduk 1,3 juta jiwa, namun perpustakaannya masih tipe C.

Hal ini tentu berpengaruh terhadap layanan kepada masyarakat," Bahkan menurutnya, dana desa tidak ada yang dianggarkan untuk pengembangan perpustakaan desa. Karena itulah DPRD berinisiatif membuat Pansus terkait penyusunan Perda tentang penyelenggaraan perpustakaan.

Hal ini disebabkan karena masih kurangnya perhatian pemerintah daerah terhadap penyelenggaraan perpustakaan di daerahnya. Walaupun memang anggaran Pendidikan telah 20% tetapi anggaran untuk sektor penyelenggaraan perpustakaan untuk peningkatan literasi masyarakat masih kurang.

Hal seperti tersebut, disampaikan Yuniarti, dihadapan Kepala Perpustakaan Nasional, Moh. Syarif Bando, ketika berkunjung ke Perpustakaan Nasional Hari jumat (31/1-2020).

Langkah yang dilakukan DPRD Kab.Kebumen, tentu saja diapresiasi oleh Kaperpusnas Syarif Bando, hal tersebut sebagai bukti perhatian DPRD berpihak pada kebutuhan rakyat akan literasi informasi untuk meningkatkan pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat di daerahnya, dengan akan membuat Perda.

Tentu saja Perda yang diinisiasi DPRD, akan segera mempercepat pengembangan budaya literasi untuk mempercepat mewujudkan SDM unggul menuju Indonesia Maju, seperti yang Pernah diinginkan Presiden Indonesia Jakowi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan