Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Aksi Nyata Modul 1.3. Visi Guru Penggerak

30 September 2023   14:37 Diperbarui: 30 September 2023   14:39 5534
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi aksi nyata membuat poster aksara Sunda dalam pembelajaran (Dok.Pribadi)

Halo, semoga semua guru hebat di seluruh Indonesia dalam keadaan baik. Ijinkan saya, Isur Suryati, calon guru penggerak angkatan 9 dari Kabupaten Sumedang, untuk berbagi dengan Anda hasil dari aksi nyata yang telah saya lakukan di sekolah. Aksi nyata ini merupakan implementasi dari rencana manajemen perubahan yang telah saya susun dengan menggunakan pendekatan inkuiri apresiatif. Pendekatan ini berfokus pada identifikasi hal-hal positif dari guru dan lingkungan sekolah, yang kemudian dijadikan sebagai kekuatan untuk membentuk murid yang memiliki profil pelajar Pancasila.

Latar Belakang Aksi Nyata
Tindakan ini didasarkan pada tujuan pendidikan almarhum Ki Hajar Dewantara, yaitu untuk menuntun segala kodrat anak-anak agar mencapai keselamatan dan kebahagiaan sejati, baik sebagai anggota masyarakat maupun sebagai manusia yang berkualitas. Sebagai calon guru penggerak, saya memiliki peran penting dalam membimbing dan mengembangkan kepemimpinan siswa agar mereka dapat mencapai profil pelajar Pancasila. Hal ini dilakukan melalui pengajaran dan pembiasaan yang disesuaikan dengan kondisi siswa dan situasi di sekolah.

Dengan menggunakan pendekatan inkuiri apresiatif, saya merumuskan visi tentang murid impian, yaitu terwujudnya generasi yang memiliki rasa percaya diri, religiusitas, keterampilan cekatan, kreativitas, dan kemampuan adaptasi. Visi ini bertujuan untuk mendukung profil pelajar Pancasila, khususnya dalam dimensi Mandiri dan suplemen percaya diri.

Tujuan Aksi Nyata
Tujuan dari aksi nyata ini adalah untuk menciptakan siswa yang memiliki karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila, terutama dalam dimensi Mandiri dan suplemen percaya diri. Aksi nyata ini bertujuan untuk memberikan dampak positif pada siswa dan sekolah secara keseluruhan.

Tahapan Aksi Nyata
Berikut adalah tahapan aksi nyata yang saya lakukan:

Persiapan

Pada tahap ini, saya merencanakan strategi penerapan aksi nyata. Saya juga melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan kepala sekolah serta rekan guru untuk mempersiapkan pelaksanaan aksi nyata. Hal-hal yang saya koordinasikan berkaitan dengan kegiatan pengajaran dan pembiasaan yang dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa.

Ilustrasi persiapan aksi nyata (Dok.Pribadi)
Ilustrasi persiapan aksi nyata (Dok.Pribadi)

Observasi

Saya melakukan observasi untuk mengidentifikasi tingkat rasa percaya diri siswa. Saya juga mencari informasi mengenai cara meningkatkan rasa percaya diri siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun