Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Memanfaatkan Placebo Effect dalam Kehidupan Sehari-hari

16 September 2022   14:26 Diperbarui: 16 September 2022   14:36 284 31 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi makan obat |Pexels.com/Jeshootscom

Kekuatan pikiran (The power of mind) merupakan obat dari segala macam penyakit. Namun, hati-hati ia juga biang dari segala macam penyakit. Penting bagi kita untuk selalu berpikir positif, apapun yang terjadi.

Pernahkah anda mendengar sebuah cerita? tentang seorang gadis muda yang merasa kesal kepada mertuanya yang galak dan sakit-sakitan. Hal itu disebabkan karena tindakan sang mertua yang dinilai berlebihan, sering mengintimidasi, mem-bully, playing victim, dan menganggap rendah menantu. Sudah tidak kuat dengan perlakuan mertua, gadis muda ini datang kepada seorang pintar atau paranormal.

Dia menceritakan keluh-kesahnya kepada paranormal tersebut. Akhirnya, dipuncak rasa putus asanya, dia pun memberanikan diri meminta ramuan yang akan membuat kesehatan sang mertua semakin buruk dari hari ke hari. Dia berharap supaya mertuanya dapat merasakan kepedihan hati yang dia rasakan selama ini. Ia ingin menghukum dengan balas dendam secara pelan-pelan.

Tanpa banyak bertanya, paranormal memberikan sebotol ramuan yang harus diminum dan dicampurkan pada air mandi target, dalam hal ini mertua. Selain itu, si gadis muda ini diharuskan mencampurkan ramuan cair tersebut pada makanan atau minuman mertuanya.

Sebelum pulang, orang pintar tersebut memberikan wejangan,

"Sayangi dan rawat mertuamu dengan baik dan penuh kasih sayang. Karena, mertua kamu sudah tua, mungkin usianya sudah tidak lama lagi."

Dengan penuh keyakinan, gadis muda itu pulang ke rumah. Tidak lupa ia menyimpan dengan baik ramuan tersebut. Setiap hari, secara rutin gadis muda tersebut mencampurkan beberapa tetes ramuan ke dalam makanan, minuman, dan air mandi ibu mertuanya. Sesuai dengan petunjuk paranormal. 

Kali ini, bila ibu mertua marah-marah atau berbuat tidak semena-mena. Ia mendiamkan saja, menerima, dan melaksanakan semua perintah mertuanya dengan baik dan tulus. Tanpa banyak bicara atau mengeluh. Karena, ia memegang teguh perkataan paranormal tersebut. Bahwa ia harus berbakti dan menyayangi mertua dengan setulus hati, mana tahu umurnya tidak lama lagi.

Gadis muda itu sangat yakin, bahwa ramuan yang diberikan paranormal itu akan bekerja dengan baik, sesuai dengan ekspektasinya. Sehingga, ia pun melakukan setiap saran dan wejangan tersebut dengan baik dan setulus hati.

Waktu terus berjalan, detik ke menit, menit ke jam, hari berganti minggu, satu bulan sudah si menantu menerapkan pepatah paranormal tersebut. Air ramuan di botol sudah tinggal seperempatnya. Mertua melihat kasih sayang dan perhatian menantunya dalam merawat dan mengobati dirinya. Ia pun merasa kasihan kepada menantunya. Kini, ia mulai berbicara dengan lembut, bersikap baik, menghargai dan mulai bersikap menerima.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan