Mohon tunggu...
Isti Komah
Isti Komah Mohon Tunggu... Lainnya - welcome to my blog =)

Jakarta, Indonesia 📍

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Dukung Pelestarian Lingkungan Mahasiswa KKN UBL Gerakkan Penanaman Pohon dan Sosialisasi Bank Sampah di Kelurahan Meruya Utara

13 Juli 2021   11:01 Diperbarui: 13 Juli 2021   14:09 198 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dukung Pelestarian Lingkungan Mahasiswa KKN UBL Gerakkan Penanaman Pohon dan Sosialisasi Bank Sampah di Kelurahan Meruya Utara
Mahasiswa KKN sedang melakukan penanaman pohon/dokpri

DUKUNG PELESTARIAN LINGKUNGAN MAHASISWA KKN UNIVERSITAS BUDI LUHUR GERAKKAN PENANAMAN POHON DAN SOSIALISASI BANK SAMPAH DI LINGKUNGAN KELURAHAN MERUYA UTARA

Dalam situasi dan kondisi sekarang ini, penciptaan lingkungan hijau, sejuk dan bebas sampah akan sangat diminati oleh masyarakat di setiap lingkungan. Tetapi tidak lupa pula untuk memberikan ruang matahari agar tetap bisa menyinari wilayah karena di kondisi pandemic sekarang sinar matahari pagi sangat penting untuk kesehatan.

Di wilayah Meruya Utara, tepatnya disekitar RT 006/010 sudah tercipta lingkungan yang hijau, sejuk, dan bebas sampah. Akan tetapi masih ada lahan kosong disekitar, melihat kondisi ini justru membuat mahasiswa KKN A2 Universitas Budi Luhur tergerak untuk meningkatkan lagi lingkungan hijau, sejuk dan bebas sampah di wilayah sekitar dengan memanfaatkan lahan kosong tersebut.

Mahasiswa KKN A2 Universitas Budi Luhur yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Devit Setiono S.Kom. M.Kom melakukan kegiatan KKN selama 23 hari dengan mengambil judul "Pemberdayaan Masyarakat Dalam Melestarikan Lingkungan Hidup Di Kawasan RT 006/010 Meruya Utara" yang dimulai dari tanggal 05 Juni 2021 -- 27 Juni 2021 dengan program utama dan program pendukung, yaitu : Penanaman Bibit Pohon, Bank Sampah, Pemasangan Mading, Pelatihan Excel  serta Bermain dan Belajar Bahasa Inggris Bersama Anak-anak. Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini tentunya tidak melupakan akan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan serta melakukan kegiatan dengan berjaga jarak.

Penanaman Bibit Pohon

Ketua Kelompok KKN A2 Puput Ajeng Pusponegoro menerangkan bahwa program penanaman bibit pohon ini merupakan salah satu program unggulan dalam kegiatan ini.

Penanaman Bibit Pohon dilakukan pada hari Minggu, 6 Juni 2021 dengan mematuhi protokol kesehatan. Adapun bibit -  bibit yang ditanam ialah : Pucuk Merah dan Tanaman Palem Hias, dimana masing -- masing berjumlah 5 bibit per tanaman. Kegiatan ini dilakukan untuk mengisi lahan kosong agar tumbuh menjadi hijau dan indah dilihat.

Warga RT 006/010 Meruya Utara sangat mendukung kegiatan ini. Selain warga yang berperan dalam melestarikan lingkungan, Pak Alan atau sering dikenal Bang Alan beliau sebagai pengurus tata ruang taman di RT 006/010. Beliau yang utama dalam berperan untuk membantu dan merawat taman wilayah RT 006/010 sehingga bisa menjadi lingkungan yang sejuk dan bebas sampah.

Bank Sampah

Sampah masih menjadi sesuatu hal yang dipandang sebelah mata oleh banyak masyarakat. Puput Ketua Kelompok KKN A2 juga menerangkan bahwa program Bank Sampah ini adalah program unggulan nomor satu di kegiatannya. Program ini dilakukan pada hari Sabtu, 19 Juni 2021 dengan peserta Ibu -- ibu warga RT 006/010.

"Untuk mendukung kegiatan sosialisasi ini, kami mengundang Ibu Hj. Tutik Sri Susilowati. Biasanya kami memanggil dengan sebutan "umi" karena beliau adalah ibu dari anak-anak mahasiswa Univeristas Budi Luhur. 

Umi adalah pelopor bank sampah Universitas Budi Luhur, beliau sudah menjelajah keliling Indonesia bahkan mendunia untuk memberikan ilmu dan manfaat dalam pengelolaan sampah, bagaimana sampah itu bisa menjadi sesuatu yang sangat bernilai bahkan menjadi tabungan masa depan. Dari beliau kami kelompok KKN A2 belajar tentang pengelolaan dan budidaya sampah agar bisa menjadi sesuatu yang bernilai" Ungkap Puput Ketua KKN A2.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN