Mohon tunggu...
Isson Khairul
Isson Khairul Mohon Tunggu... research | media monitoring | content creator | video journalist | corporate communication

Kanal #Reportase #Feature #Opini saya: http://www.kompasiana.com/issonkhairul dan https://wm.ucweb.com/dashboard/article Kanal #Fiksi #Puisi #Cerpen saya: http://www.kompasiana.com/issonkhairul-fiction Profil Profesional saya: https://id.linkedin.com/pub/isson-khairul/6b/288/3b1 Social Media saya: https://www.facebook.com/issonkhairul dan https://plus.google.com/+issonkhairul/posts serta https://twitter.com/issonisson Silakan kontak saya di: dailyquest.data@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

e-Rate BCA, Solusi untuk Transfer Uang dari Luar Negeri ke Tanah Air

17 Desember 2015   22:15 Diperbarui: 17 Desember 2015   22:59 10267 0 0 Mohon Tunggu...

e-Rate BCA adalah nilai tukar mata uang terkini, ter-update, sesuai dengan market yang berlaku pada waktu yang tertera di atas. Counter Rate atau Telegraphic Transfer (TT) dan Bank Notes adalah nilai tukar yang diterakan pada board atau papan petunjuk, yang ditempatkan di bank. Dengan e-Rate BCA, kita bisa mendapatkan nilai tukar yang kompetitif dan menguntungkan, karena sesuai dengan harga pasar yang berlaku saat itu. Ketiga tabulasi tersebut, bisa leluasa kita akses di klikbca.com, melalui gadget, di manapun kita berada. Foto: koleksi pribadi

Kapan saat yang tepat untuk mentransfer uang dari luar negeri? Kapan saat yang tepat untuk mencairkannya di tanah air? Silakan cek e-Rate BCA di klikbca.com. Inilah salah satu solusi cerdas, bila kita berhadapan dengan transaksi yang terkait dengan mata uang asing.

Saat yang tepat mentransfer dan saat yang tepat mencairkan, adalah salah satu kunci, agar kita terhindar dari kerugian, karena selisih kurs. Misalkan, kita bekerja di Hong Kong dan menerima salary dalam Hong Kong dollar, HK$. Ketika hendak mentransfer uang ke tanah air, melalui bank atau mitra bank, maka HK$ yang kita miliki tersebut, akan dikonversi ke dalam dollar Amerika Serikat, US$. Konversi ini dilakukan, sebelum proses transfer dieksekusi. Nah, berapa rate kurs HK$ terhadap US$ saat itu? Inilah titik awal kita mempertimbangkan, agar kita terhindar dari kerugian, karena selisih kurs.

Rate Kurs, Selisih Kurs   

Tiap kali kita datang ke bank, akan ada board atau papan petunjuk, yang mencantumkan rate kurs atau nilai tukar sejumlah mata uang. Nilai tukar atau kurs tersebut adalah perbandingan antara harga mata uang suatu negara, dengan mata uang negara lain. Ketika kita datang ke bank di Hong Kong, misalnya, maka kita akan melihat board yang menunjukkan nilai tukar HK$ terhadap sejumlah mata uang asing.

Sebaliknya, saat kita memasuki bank di Indonesia, kita akan berhadapan dengan board, yang menunjukkan nilai tukar Rupiah terhadap sejumlah mata uang asing. Demikian pula saat kita memasuki bank di Saudi Arabia, United Arab Emirates (UAE), Qatar, Hong Kong, dan Malaysia, misalnya. Kita akan berhadapan dengan board, yang menunjukkan nilai tukar mata uang setempat, terhadap sejumlah mata uang asing.

Dalam konteks Cara Mudah Kirim Uang dari Luar Negeri, dollar Amerika Serikat, US$, tetaplah menjadi acuan. Karena, sebagai mata uang internasional, mekanisme perdagangan lintas negara, umumnya menggunakan US$ dalam transaksi mereka. Maka, tiap kali kita hendak mengirim uang dari luar negeri, cermati dengan seksama, nilai tukar mata uang yang kita miliki tersebut terhadap US$. Pergerakan nilai tukar suatu mata uang terhadap US$, adalah suatu indikator bagi kondisi perekonomian negara yang bersangkutan.

Dari nilai tukar yang diterakan pada board atau papan petunjuk rate kurs sejumlah mata uang tersebut, kita akan tahu, berapa nilai tukar mata uang yang kita miliki terhadap US$. Harap diingat, kurs yang diterakan pada board saat itu, adalah nilai tukar yang berlaku saat itu. Kurs tersebut dapat berubah, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Karena itulah, perlu pertimbangan, apakah kurs yang berlaku saat itu sedang bagus, kurang bagus, atau tidak bagus.

Menurut Lian Lubis (kiri), Senior Manager Treasury Division, Bank Central Asia (BCA), dengan mengacu kepada e-Rate BCA, kita leluasa mempertimbangkan, kapan saat yang menguntungkan untuk mentransfer uang dari luar negeri dan kapan saat yang tepat untuk mencairkannya di tanah air. Hal itu ia kemukakan pada acara Kompasiana Nangkring Bersama BCA, dengan tema Cara Mudah Kirim Uang dari Luar Negeri, pada Kamis (3/12/2015), pukul 15.00–18.30 WIB di D’Consulate Lounge, Jl. Wahid Hasyim No. 49, Menteng, Jakarta Pusat. e-Rate BCA bisa leluasa kita akses di klikbca.com, melalui gadget, di manapun kita berada. Foto: koleksi pribadi

Tabungan BCA Dollar

Tiap kali mengirim uang dari luar negeri ke tanah air, uang yang kita miliki akan dikonversi dulu ke dalam dollar Amerika Serikat, US$, sebelum proses transfer dieksekusi. Karena itu, akan lebih memudahkan, bila kita membuka Tabungan BCA Dollar. Tabungan tersebut bisa dibuat di Bank BCA yang ada di tanah air. Dalam hal ini, Tabungan BCA Dollar tersebut bisa dipegang oleh keluarga kita yang berada di tanah air. Dengan demikian, uang yang kita kirimkan dari luar negeri, akan tersimpan dalam bentuk dollar Amerika Serikat, US$, di Tabungan BCA Dollar tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x