Mohon tunggu...
Alfathan Rahman
Alfathan Rahman Mohon Tunggu... Blogger, kompasiana kontributor

Full time Blogger Ismimalfathan www.ismimalfathan.wordpress.com, dan www.alfa27.com "Membangun bangsa dengan tulisan"

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Introvert, Bukan Halangan bagi Mereka Meraih Kesuksesan

9 Agustus 2020   14:52 Diperbarui: 9 Agustus 2020   14:59 51 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Introvert, Bukan Halangan bagi Mereka Meraih Kesuksesan
Sumber: kompas.com

Kata siapa orang introvert tidak bisa sukses dalam berkarir? Dalam artikel ini saya akan mencoba untuk melawan persepsi tersebut dengan memberikan bukti nyata yang dari beberapa tokoh-tokoh sukses berikut ini....

============

Introvert, satu kata yang sama sekali tak asing di telinga saya. Kata ini merupakan salah satu istilah pengelompokan psikologis yang mendeskripsikan kepribadian seseorang berdasarkan gairahnya terhadap interaksi sosial.

Adalah Carl Jung, seorang ahli Psikologi yang pertama kali mencetuskan pengelompokkan kepribadian ini melalui bukunya berjudul Physchologische Typen. Ia membaginya ke dalam dua kelompok utama yakni Ekstrovert dan Introvert.

Secara umum, orang berkepribadian Ekstrovert memiliki gairah yang lebih baik jika dilihat dalam perspektif terhadap interaksi sosial. Mereka memiliki sifat yang mudah bergaul, cakap dalam berbicara, menyukai komunikasi verbal, hingga cepat beradaptasi terhadap lingkungan yang baru.

Sementara Introvert kebalikannya. Mereka memiliki karakter yang cenderung tidak banyak berbicara, sedikit sulit bersosialisasi, membutuhkan waktu untuk beradaptasi, pendengar yang baik, menghindari keramaian, dan lebih senang dengan dunianya sendiri.

Tapi penilaian secara umum tidak serta merta bisa dijadikan sebagai dalil yang mendasari kita untuk menjustifikasi seseorang terhadap suatu karakter tertentu. Dibutuhkan evaluasi yang lebih mendalam dan sesuai dengan tuntunan ilmiah berdasarkan konsentrasi ilmunya.

Saya sendiri adalah seorang Introvert. Karena memang semua karakter yang mengindikasikan sifat tersebut ada dalam diri saya. Selain itu rangkaian tes psikologis telah saya lakukan sebelumnya. Akan tetapi dibalik sifat saya yang introvert ada satu hal yang menjadi pertanyaan dalam diri sendiri, yakni perihal karir.

Nah dilihat secara kacamata awam, karakter dari kepribadian introvert cenderung menghambat proses pengembangan karir bagi seseorang. Karena pada dasarnya persepsi secara umum menganggap jika ingin sukses kamu harus pandai berkomunikasi, memiliki relasi yang luas, hingga percaya diri.

Para Introvert sedikit menemui kendala untuk hal-hal tersebut. Oleh karenanya mereka sering dipandang sebelah mata dan sedikit diremehkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN