Mohon tunggu...
Ismia Nur Abdullah
Ismia Nur Abdullah Mohon Tunggu... Mahasiswa ipmafa pati

Ketua organisasi Luput_Sembur

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Oran tua dan Karakter Anak Smartphone

5 Desember 2020   11:42 Diperbarui: 5 Desember 2020   11:50 138 1 0 Mohon Tunggu...


Zaman semakin canggih, teknologi-teknologi baru sudah banyak dilahirkan, dalam upaya membantu mempermudah pekerjaan manusia diberbagai aspek kehidupan.

Begitu pula didalam dunia pendidikan, sebagaimana pendidikan adalah tombak utama dalam kemajuan dan keberhasilan suatu negara dan dari pendidikan pula teknologi-teknologi baru tercipta.

Kita tidak dapat membendung globalisasi informasi yang berkembang didunia saat ini, Dizaman ini begitu besar ketergantungan umat manusia pada teknologi, bahkan digenerasi sekarang ini hampir semua orang baik dari rakyat jelata sampai dengan pejabat negara, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa tidak bisa berpisah dengan salahsatu teknologi ini yaitu smartphone

Jadi seseorang yang menguasai teknologi diibaratkan orang tersebut  menggenggam sebagian terpenting dari dunia

Di smartphone saja misalnya, banyak fitur-fitur yang dapat kita manfaatkan didalam memudahkan manusia  menjalani kehidupannya baik di bidang ekonomi, sosial juga didalam dunia pendidikan.

Apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini, mau tidak mau kita harus memanfaatkan teknologi smartphone agar kehidupan kita dapat terus berjalan, jikalau kita anti dengan teknologi, kita akan tertinggal didalam segala segi kehidupan, bahkan didunia pendidikan.

Jangan kita menjauhi teknologi khususnya penggunaan smartphone, tapi harus kita dekati bahkan teknoloqi itu harus kita kuasai,
walaupun smartphone sering dibahasakan seperti pisau bermata dua, disatu sisi smartphone membawa manfaat dan maslahah, disisi yang lain membawa kejelekan dan kemudharatan.

Jikalau ditanyakan banyak mana manfaat dan madhorot dari smartphone. Tentu saja semua itu tergantung dari pengguna nya.
Jadi disinilah pentingnya pendidikan karakter didahulukan sebelum seseorang itu menggunakan teknologi atau smartphone.

Pendidikan berubah-ubah dengan metode yang juga berbeda-beda sesuai dengan zamannya atau perkembangan zaman dimana dia sedang menuntut ilmu. Jadi pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan adalah wajib jikalau kita melihat perkembangan zaman sekarang ini.
seperti perkataan sahabat nabi yaitu Ali bin Abi Thalib. RA
"Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya karena mereka hidup bukan dizaman mu"

Artinya : Karna sesungguhnya mereka satu komunitas yg hidup di suatu zaman bukan dizaman mu, jadi disini islam juga mendukung adanya pemanfaatan media teknoloqi baik itu smartphone ataupun yang lainnya, asal semua itu tidak bertentangan dengan maksud dan tujuan pendidikan itu sendiri.
Pendidikan merupakan proses membentuk komunitas manusia ,untuk berkembang menjadi lebih baik.

Didalam Smartphone sendiri, banyak hal atau fitur-fitur yang dapat kita manfaatkan dalam pendidikan dan pembelajaran, bahkan didalam Smartphone sendiri didalamnya terdapat berbagai media teknologi yang dibuat khusus dalam rangka menunjang proses pembelajaran atau belajar mengajar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN