Mohon tunggu...
ISLAMAWATI ISLAMAWATI
ISLAMAWATI ISLAMAWATI Mohon Tunggu... Guru - PROFESI GURU TK MELATI SIWI

HOBI MENYANYI

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penanganan dan Pencegahan Stunting pada Anak Usia Dini

19 November 2023   15:44 Diperbarui: 19 November 2023   15:47 312
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

LAPORAN TUGAS MANDIRI
PELATIHAN CALON PELATIH ( PCP )
DIKLAT BERJENJANG PENDIDIK PAUD TINGKAT DASAR
DALAM RANGKA PENANGANAN DAN PENCEGAHAN STUNTING
REGIONAL JAWA TENGAH ANGKATAN IX
TAHUN 2021
SEMARANG, 23 AGUSTUS -- 5 SEPTEMBER 2021

 
                     

Disusun Oleh :
NAMA : ISLAMAWATI, S.Pd
LEMBAGA : TK MELATI SIWI
ALAMAT : Desa Bantal Rt 01 Rw 01 Kecamata Bancak
   Kabupaten Semarang Jawa Tengah
   
 
 
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya sehingga kami dapat menyusun Laporan Tugas Mandiri Pelatihan calon pelatih ( PCP ) Diklat Berjenjang Tingkat Dasar dalam rangka Penanagan dan Pencegahan Stunting dengan baik. Dengan melalui kegiatan PCP yang dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus -- 21 Agustus 2021 melalui kelas zoom meeting, dan penyusunan Laporan Tugas Mandiri yang dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus -- 5 September 2021. Laporan Tugas mandiri yang kami susun ini salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikat kelulusan sebagai PCP Diklat Dasar tentang Penanganan Stunting yang diadaka oleh GTK PAUD. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami untuk menyusun laporan ini.
Penulis sudah berusaha sebaik mungkin agar penyajian laporan tugas mandiri PCP Diksat ini dapat memenuhi salah satu tugas akhir mandiri bagi Peserta Calon Pelatih Diksar Dalam Rangka Penangana Stunting. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan Tugas Mandiri ini jauh dari sempurna dikarenakan keterbatasan kemampuan yang dimiliki penulis. Sehubungan dengan itu dengan sangat terbuka penulis menanti adanya masukan yang sifatnya membangun guna penyempurnaan isi Laporan Tugas Mandiri, sehingga kekurangan dan kelemahan dapat di perbaiki semaksimal mungkin. Akhirnya penulis menyadari bahwa pelaksanaan tugas mandiri PCP diklat dasar dapat berjalan dengan lancar dan baik ini tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan berbagai pihak. Kami mohon maaf setulus tulusnya atas kesalahan maupun kekurangan dalam penyusunan laporan ini.

Bancak,     September 2021
Penulis

Islamawati, S.Pd


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL............................i
HALAMAN PENGESAHAN...................ii
KATA PENGANTAR....................iii
DAFTAR ISI....................iv
BAB I  PENDAHULUAN  
  A.  Latar Belakang..................................................................  ....1
  B.  Tujuan ....................2
  C.  Manfaat....................2
BAB IIPELAKSANAAN TUGAS MANDIRI
A.RENCANA DAN JADWAL KEGIATAN TUGAS MANDIRI....................3
 a.    Tabel Jadwal Tugas Mandiri....................3
b.     Uraian Kegiatan....................12
B.PENYUSUNAN RP3, RINGKASAN MATERI, DAN PPT MATA LATIH.................13
a.  Cara Penyusunan RP3, Ringkasan Materi dan PPT....................13
b.  Hasil Penyusunan RP3, Ringkasan Materi dan PPT....................14
C. PEMBUATAN TAYANGAN VIDIO SIMULATIF ...................27
 a.  Cara Pembuatan Tayangan Vidio Simulatif...................................................   27
 b.   Hasil Pembuatan Tayangan Vidio Simulasi..................................................   28
D. PERISTIWA PEMBELAJARAN................................................................................   29
 a.   Cara Penyusunan Peristiwa Pembelajaran...................................................   29
 b.    Hasil Penyusunan Peristiwa Pembelajaran.................................................   31
BAB IIIPENUTUP
A.  Penutup.................................................................................................................    38
B.  Kesimpulan............................................................................................................    38
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Pada pendidikan anak usia dini atau lazim disebut PAUD yang ada di Indonesia ditujukan untuk anak usia 0 sampai 6 tahun. PAUD bertujuan untuk mengembangkan potensi anak sejak usia dini, sehingga anak berkembang secara wajar. Oleh karena itu pendidikan dituntut mau dan mampu memberikan rangsangan sesuai dengan potensi dan kecerdasan anak. Untuk dapat memberikan rangsangan dan stimulan yang tepat sasaran agar anak berkesempatan mengembangkan setiap indikator kecerdasan yang dimilikinya, maka guru dituntut sebagai guru yang profesional.
Pendidik anak usia dini yang profesional bukan saja dituntut untuk dapat mengembangkan program-program pendidikan anak usia dini (PAUD). Tetapi dapat juga membuat temuan-temuan baru di lembaga tempat ia bekerja. Seiring dengan perkembangan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan di usia dini.
Sikap masyarakat yang seperti inilah yang peduli dan akan membantu lembaga-lembaga PAUD untuk siap maju dan serta mengikuti perkembangan pengetahuan yang menyangkut tentang anak usia dini. Pengembangan profesionalitas guru menjadi perhatian khusus pemerintah. Guru merupakan potensi penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Tenaga pendidik anak usia dini harus memiliki sertifikat guru.
Untuk Pengembangan Profesional guru maka pemerintah mengadakan pelatihan Diklat Berjenjang. Dan untuk mengurangi angka stunting di Indonesia Pemerintah berupaya mengadakan Pelatihan Calon Pelatih (PCP) Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Dalam Rangka Penanganan dan Pencegahan Stunting yang bekerja sama dengan Direktorat GTK PAUD. Dimana Pelatihan tersebut dilaksanakan secara daring lewat aplikasi virtual meeting dengan Nara Sumber yang berpengalaman dan profesional. Pelatihan vicon dilaksanakan selama 10 hari, setelah kegiatan vicon peserta calon pelatih diwajibkan untuk membuat Laporan Tugas Mandiri.
          Tugas mandiri merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keseluruhan proses pelaksanaan pelatihan calon pelatih diklat berjenjang. Tugas mandiri diarahkan untuk memperkuat penguasaan seluruh materi diklat, sehingga pengetahuan, sikap dan keterampilan dapat ditingkatkan dan diinternalisasikan secara berkesinambungan. Peserta diklat wajib menyelesaikan tugas mandiri sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penentuan keberhasilan dalam menyelesaikan tugas mandiri ditetapkan berdasarkan penilaian yang dilakukan secara komprehensif, obyektif,terukur dan dapat dipertanggungjawabkan.Penilaian terhadap keberhasilan pelaksanaan Tugas Mandiri peserta diklat dilakukan melalui prosedur yang tepat, utuh dan selaras dengan materi pelatihan yang diberikan. Penilaian mencakup rancangan melatih, pelaksanaan melatih dan laporan tugas mandiri.
B.   TUJUAN
 Tujuan Umum Tugas Mandiri ini secara umum bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta Pelatihan Calon Pelatih Diklat Berjenjang GTK PAUD dalam mengaplikasikan seluruh materi yang diterima pada saat mengikuti Pelatihan Calon Pelatih (PCP) diklat berjenjang dalam kegiatan kependidikan Anak Usia Dini.
  Tujuan Khusus Tugas mandiri antara lain :
a. Memperdalam dan memperkuat penguasaan pengetahuan dan ketrampilan peserta pelatihan calon pelatih yang telah didapat selama pelatihan.
b.Mengaplikasikan, pengetahuan, sikap, dan ketrampilan peserta sesuai dengan materi diklat yang diperoleh.
c. Meningkatkan kompetensi peserta diklat calon pelatih diklat berjenjang dalam menyelesaikan masalah dan kendala, berdasarkan pengalaman yang ditemukan di lembaga tempat tugas mandiri dilaksanakan.
d.Meningkatkan kompetensi dalam melatih dan menyelaraskan sikap perilaku sebagai pelatih bagi pendidik anak usia dini.
e.Menambah pengetahuan dan keterampilan peserta dalam hal keterampilan, penulisan, dan penyusunan laporan kegiatan.
f.Untuk meningkatkan kompetensi bagi pendidik, dan juga sebagai syarat untuk memenuhi keluluran PCP Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Dalam Penanganan dan Pencegahan Stunting

C.MANFAAT
Manfaat dari penyusunan tugas mandiri ini adalah :
a.Peserta diklat dapat secara langsung mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama diklat.
b.Peserta diklat bertambah pengalaman dan pengetahuan dalam pengasuhan dan pembelajaran kepada anak didik.
c.Memberikan penyegaran pemikiran dan ide kreatif yang berguna bagi pembelajaran di lembaga masing -- masing
d.Penguasaan, seluruh, materi diklat sehingga sikap, pengetahuan, dan ketrampilan dapat ditingkatkan dan dapat diinternalisasikan secara berkesinambungan

 
BAB II
PELAKSANAAN TUGAS MANDIRI

A.RENCANA DAN JADWAL TUGAS MANDIRI
a.Tabel Rencana dan Jadwal Tugas Mandiri
NOTANGGAL & WAKTUJENIS KEGIATANURAIAN KEGIATANPRODUK/ HASIL
1.23-8-20211.Membuat RP3 pertama Mata Latih Perkembangan Anak

1.1Mengidentifikasi kebutuhan RP3 Mata Latih Perkembangan Anak
1.2Menyiapkan bahan-bahan untuk kebutuhan RP3 Mata Latih Perkembangan Anak
1.3Menyusun RP3 Mata Latih Perkembangan AnakSesuai konsep pembuatan RP3 pertama telah selesai
2.Membuat RP3 Kedua Mata Latih Kesehatan, Gizi, Pengasuhan dan Stimulasi2.1Mengidentifikasi kebutuhan RP3 Mata Latih Perkembangan Anak
2.2Menyiapkan bahan-bahan untuk kebutuhan RP3 Mata Latih Perkembangan Anak
2.3Menyusun RP3 Mata Latih Perkembangan AnakSesuai konsep pembuatan RP3 kedua telah selesai
2.24-8-20213.Membuat ringkasan materi mata latih Perkembangan Anak

3.1Membuat ringkasan materi mata latih Perkembangan Anak dengan pokok bahasa Lingkup Perkembangan Anak yang diambil dari modul Perkembangan Anak
3.2Membuat ringkasan materi Mata Latih Perkembangan Anak dengan pokok bahasa Stimulasi Perkembangan Anak yang diambil dari modulSesuai konsep pembuatan ringkasan materi tentang Lingkup Perkembangan Anak dan Stimulasi Anak telah selesai
4.Membuat ringkasan materi mata latih Kesehatan, Gizi, Pengasuhan dan Stimulasi4.1Membuat ringkasan materi mata latih Perkembangan Anak dengan pokok bahasa Kesehatan Anak yang diambil dari modul Perkembangan Anak
Sesuai konsep pembuatan ringkasan materi tentang Kesehatan Anak telah selesai
3. 25-8-20215.Membuat Bahan Paparan ( PPT ) Mata Latih Perkembangan Anak5.1Membuka laman Slidesgo.com untuk membuat PPT
5.2Membuat PPT dengan acuan RP3 dan ringkasan materi mata latih Perkembangan AnakSesuai Konsep pembuatan PPT Mata Latih Perkembangan Anak telah selesai
6.Membuat Bahan Paparan ( PPT ) Mata Latih Kesehatan,Gizi, Pengasuhan dan Stimulasi
6.1Membuka laman Slidesgo.com untuk membuat PPT
6.2Membuat PPT dengan acuan RP3 dan ringkasan materi mata latih Kesehatan, Gizi, Pengasuhan dan StimulasiSesuai Konsep pembuatan PPT Mata Latih Kesehatan, Gizi, Pengasuhan dan Stimulasi telah selesai
4. 26-8-20217.Menyiapkan segala sesuatu untuk pembuatan vidio pelaksanaan paparan materi7.1Menyiapkan leptop
7.2Penguasaan materi tentang mata latih perkembangan anak dan kesehatan, gizi, pengasuhan dan stimulasi anak
7.3Menyiapkan buku panduan STTPA dan buku KMS/KIASesuai konsep persiapan pembuatan vidio telah selesai
5. 27-8-20218.Pembuatan vidio simulatif/penyampaian materi mata latih pertama lewat vicon8.1Menyiapkan leptop
8.2Menyiapkan teman untuk memvidio paparan yang akan disampaikan
8.3Menyiapkan bahan paparan mata latih perkembangan anak
8.4Menyiapkan buku panduan STTPA
8.5Paparan dimulai
8.6Mencatat kesimpulan paparan
8.7Mengevaluasi paparan yang telah disampaikanSesuai konsep pembuatan vidio simulatif  mata latih pertama telah selesai
9.Pembuatan vidio simulasi/penyampaian materi kedua lewat vicon9.1Menyiapkan leptop
9.2Menyiapkan teman untuk memvidio paparan yang akan disampaikan
9.3Menyiapkan bahan paparan mata latih Kesehatan, Gizi, Pengasuhan dan Stimulasi Perkembangan Anak
9.4Menyiapkan buku panduan KMS/KIA
9.5Paparan dimulai
9.6Mencatat kesimpulan paparan
9.7Mengevaluasi paparan yang telah disampaikanSesuai konsep pembuatan vidio simulatif  mata latih kedua telah selesai
6.30-8-202110.Membuat peristiwa pembelajaran mata latih Perkembangan Anak10.1Membuat deskripsi peristiwa pembelajaran mata latih Perkembangan Anak
10.2Membuat deskripsi refleksi peristiwa pembelajaran mata latih Perkembangan AnakSesuai konsep pembuatan deskripsi peristiwa pembelajaran dan deskripsi refleksi peristiwa pembelajaran mata latih Perkembangan Anak telah selesai
11.Membuat peristiwa pembelajaran mata latih Kesehatan, Gizi, Pengasuhan dan Stimulasi Anak11.1 Membuat deskripsi peristiwa pembelajaran mata latih Kesehatan, Gizi, Pengasuhan dan stimulasi
11.2 Membuat deskripsi refleksi peristiwa pembelajaran mata latih Kesehatan, Gizi, Pengasuhan dan stimulasi AnakSesuai konsep pembuatan deskripsi peristiwa pembelajaran dan deskripsi refleksi peristiwa pembelajaran mata latih Kesehatan, Gizi, Pengasuhan dan Stimulasi Anak telah selesai
7. 31-8-202112.Menyusun Laporan Tugas Mandiri12.1Membuat cover Laporan Tugas Mandiri
12.2 Membuat Halaman Pengesahan
12.3 Membuat Daftar isiSesuai konsep pembuatan cover depan laporan Tugas Mandiri telah selesai
13.Membuat bab I Laporan Tugas Mandiri13.1 Membuat Bab Pendahuluan Laporan Tugas Mandiri
13.2 Membuat Latar Belakang Laporan Tugas Mandiri
13.3 Membuat Tujuan Laporan Tugas Mandiri
13.4 Membuat manfaat Laporan Tugas MandiriSesuai konsep pembuatan Bab 1 Laporan Tugas Mandiri telah selesai
8.1-9-202114.Membuat Bab II Laporan Tugas Mandiri14.1 Menyusun hasil tabel rencana dan jadwal kegiatan Laporan Tugas Mandiri yang telah dibuat
14.2 Membuat Penjelasan hasil jadwal yang telah disusunSesuai konsep pembuatan tabel rencana dan jadwal juga penjelasan jadwal telah selesai
.15.Membuat Penjelasan tentang cara menyusun RP3, Ringkasan materi dan PPT Mata Latih pertama15.1 Membuat penjelasan tentang pembuatan RP3 Mata Latih Perkembangan Anak
15.2 Membuat Penjelasan tentang pembuatan Ringkasan materi Mata Latih Perkembangan Anak
15.3 Membuat Penjelasan tentang pembuatan PPT mata latih Perkembangan AnakSesuai konsep pembuatan penjelasan tentang penyusunan RP3, ringkasan materi, pembuatan PPT mata latih pertama telah selesai
16.Membuat Penjelasan tentang cara menyusun RP3, Ringkasan materi dan PPT Mata Latih kedua
16.1Membuat penjelasan tentang pembuatan RP3 Mata Latih Kesehatan, Gizi, Pengasuhan dan Stimulasi Perkembangan Anak
16.2 Membuat Penjelasan tentang pembuatan Ringkasan materi Mata Latih Kesehatan, Gizi, Pengasuhan dan Stimulasi Perkembangan Anak
16.3 Membuat Penjelasan tentang pembuatan PPT mata latih Kesehatan, Gizi, Pengasuhan dan Stimulasi Perkembangan AnakSesuai konsep pembuatan penjelasan tentang penyusunan RP3, ringkasan materi, pembuatan PPT mata latih kedua telah selesai
17.Menyusun Hasil RP3,Ringkasan Materi, dan PPT 17.1Menyusun Hasil    RP3,Ringkasan Materi, dan PPT mata latih pertama yang telah dibuat
17.2Menyusun Hasil    RP3,Ringkasan Materi, dan PPT mata latih kedua yang telah dibuat
Sesuai konsep penyusun Hasil RP3,Ringkasan Materi, dan PPT mata latih pertama dan kedua telah selesai
9.2-8-202113. Membuat       penyusunan vidio simulaif mata latih pertama
13.1 Membuat penjelasan
tentang alat/media yang digunakan pada saat persiapan paparan
13.2 Membuat penjelasan tentang    kejadian pada saat paparan mata latih Perkembangan Anak
13.3 membuat penjelasan tentang evaluasi setelah paparan materi selesaiSesuai konsep Penjelasan tentang pembuatan Vidio simulatif telah selesai
14. Menyusun Hasil vidio simulatif 14.1 menyusun Hasil Vidio simulatif mata latih pertama yang telah dibuat
14.2. Menyusun hasil Vidio Simulatif mata latih kedua yang telah dibuatSesuai konsep penyusunan hasil vidio simulatif mata latih pertama dan kedua telah selesai
15. membuat penjelasan tentang cara membuat peristiwa pembelajaran 15.1 membuat penjelasan tentang cara membuat peristiwa pembelajaran mata latih pertama
15.2 membuat penjelasan tentang cara membuat peristiwa pembelajaran mata latih keduaSesuai konsep penjelasan tentang cara pembuatan peristiwa pembelajaran mata latih pertama dan kedua telah selesai
16. Menyusun hasil peristiwa pembelajaran16.1 Menyusun hasil peristiwa pembelajaran mata latih pertama
16.2 Menyusun hasil peristiwa pembelajaran mata latih keduaSesuai konsep penyususnan hasil peristiwa pembelajaran mata latih pertama dan kedua telah selesai
17.Membuat Bab III Tugas Mandiri17.1 Membuat Penutup Tugas Mandiri
17.2 Membuat Kesimpulan Tugas MandiriSesuai Konsep Pembuatan Pentup dan Kesimpulan Tugas Mandiri telah selesai
10.3-8-202118.Membuat lampiran - lampiran18.1menyusun hasil vidio simulasi mata latih pertama
18.2menyusun hasil vidio simulasi mata latih kedua
18.3menyusun foto-foto pendukung selama mengerjakan tugas mandiriSesuai konsep pembuatan lampiran-lampiran tugas mandiri telah selesai
11.5-8-202119.Meneliti  hasil Laporan Tugas Mandiri yang telah disusun19.1Meneliti halaman depan
19.2Meneliti halaman kedua
19.3Meneliti lampiran-lampiran Sesuai konsep pengiriman hasil laporan tugas mandiri telah terlaksana
20.Mengirim hasil laporan mandiri20.1Mengirim dokumen hasil tugas mandiri ke alamat link yang telah dikirim oleh panitia
20.2Mengirim hasil vidio simulatif yang telah dibuat
20.3Mengirim hasil audio yang telah dibuat
20.4Mengirim Foto kegiatan selama mengerjakan tugas mandiri

b.URAIAN KEGIATAN
Kegiatan yang dilaksanakan tiap hari dalam kaitannya melaksanakan Laporan Tugas Mandiri PCP Diksar tentang Penanganan Stunting Anak Usia Dini sebagaimana dilaksanakan pelatih dalam tugas sehari-hari ketika proses pembuatan Laporan Tugas Mandiri :
b.1 Persiapan Penyusunan Jadwal
 Persiapan menyusun Tugas Mandiri dilaksanakan oleh calon pelatih dirumah masing-masing dengan berpedoman jadwal yang telah ditentukan oleh Nara Sumber yaitu 10 hari kerja efektif setelah kegiatan vicon selesai pada tanggal 21 Agustus 2021. Penyususnan Laporan Tugas Mandiri dimulai tanggal 23 Agustus 2021 sampai tanggal 5 September 2021. Laporan Tugas Mandiri disampaikan paling lambat 5 hari kerja setelah semua rangkaian tugas mandiri dilaksanakan, jadi total waktu 15 hari untuk penyelesaian tugas mandiri tersebut. dan paling lambat pengumpulan pada tanggal 10 September 2021. Agar dalam Penyelesaian Laporann Tugas Mandiri ini selesai pada waktu yang telah ditentukan, maka persiapan dan penjadwalan kegiatan ini pun dikoordinasi dengan ketua Panitia Pelaksanaan PCP Diklat Dasar yang meliputi :
b.1.1 Persiapan pertama meliputi :
*Memilih  2 Mata Latih dari 9 Materi pelatihan
*Membuat RP3 sebanyak 2 dari 2 Mata Latih  yang telah dipilih
*Membuat 2 Ringkasan materi sebanyak 2 dari mata latih yang telah dipilih
*Membuat bahan paparan sebanyak 2 dari mata latih yang telah dipilih
b.1.2 Persiapan kedua meliputi :
*Membuat vidio/audio simulatif
b.1.3 Persiapan ketiga
*Menyusun Peristiwa Pembelajaran
b.2 Penyusunan Laporan Tugas Mandiri
Kegiatan Penyusunan Laporan merupakan kegiatan melakukan pengetikan, dokumentasi kegiatan dan penyusunan laporan yang sudah dilakukan untuk disusun menjadi sebuah satu kegiatan untuk dijadikan laporan. Kegiatan ini meliputi :
1.Membuat  bagian depan Laporan Tugas mandiri
2.Membuat Pendahuluan
3.Membuat Pelaksanaan Tugas Mandiri
4.Membuat penutup
5.Membuat lampiran -- lampiran
b.3 Pengiriman Laporan
       Pengiriman Laporan dilakukan setelah pembuatan tugas mandiri selesai.
1.Pengiriman laporan berupa file dan diunggah ke alamat : https://bit.ly/Pengiriman_TMPCP9
2.Penamaan file Nama Folder : nama folder-Nama peserta-kab/kota-kelompok-no. HP ( TM-islamawati-kab.semarang-kelompok 2-081226906735 )
3.Penamaan file : nama peserta-laporan/lampiran-mata latih/foto krgiatan/nama sesuai isi
 ( islamawati-vidio 1-simulasi melatih perkembangan anak )

B.TUGAS PENYUSUNAN  RP3 & RINGKASAN MATERI, DAN PPT  MATA LATIH
a.Cara Penyusunan RP3, Ringkasan Materi, dan PPT
1.a  Cara Penyusunan RP3, Ringkasan  Materi dan PPT Mata Latih Pilihan 1
Dalam penyusunan RP3, Ringkasan Materi dan PPT Mata Latih Pilihan 1 langkah-langkahnya adalah
*Memilih salah satu materi yang diambil dari 9 materi pelatihan
Dalam penyusunan Laporan Tugas Mandiri ini pelatih mengambil materi yang pertama tentang Perkembangan anak Usia Dini dan pokok bahasa tentang Lingkup Perkembangan Anak dan Stimulasi Anak.
*Membuat RP3 Mata Latih pilihan 1
Dalam Pembuatan RP3 ini, membawa acuan format dari materi yang diberikan oleh Nara Sumber yang berupa identitas peserta, nama mata latih,tujuan,Jumlah jam mata pelajaran, waktu, metode, media, peralatan, proses fasilitasi ( pembukaan, inti, penutup ). Dalam RP3 mata latih Perkembangan Anak Jumlah Jam Mata Pelajaran sesuai silabus yang ada pada modul yaitu 4 JPL dan waktu riilnya 5 menit.
*Membuat Ringkasan Materi mata latih pilihan 1
Dalam membuat ringkasan materi diambil dari modul sesuai Materi yang sudah dipilih. Ringkasan Materi sebanyak 1 -- 2 halaman, kertas hvs ukuran A4, 1,5 spasi,font Calibri 11
*Membuat PPT mata latih pilihan 1
Dalam Pembuatan PPT dengan cara membuka laman slidesgo.com, memilih salah satu gambar yang diinginkan, menyusun PPT yang materinya diambil dari Ringkasan Materi yang sudah dibuat.
      2.a.  Cara Penyusunan RP3, Ringkasan Materi dan PPT Mata Latih Pilihan 2
Dalam penyusunan RP3, Ringkasan Materi dan PPT mata latih pilihan 2 langkah-langkahnya adalah
*Memilih salah satu materi yang diambil dari 9 materi pelatihan
Dalam penyusunan Laporan Tugas Mandiri ini pelatih mengambil materi yang kedua tentang Kesehatan, Gizi, Pengasuhan dan Stimulasi. Pokok bahasa tentang Kesehatan Anak.
*Membuat RP3 Mata Latih pilihan 2
Dalam Pembuatan RP3 ini, membawa acuan format dari materi yang diberikan oleh Nara Sumber yang berupa identitas peserta, nama mata latih,tujuan,Jumlah jam mata pelajaran, waktu, metode, media, peralatan, proses fasilitasi ( pembukaan, inti, penutup ). Dalam RP3 mata latih Kesehatan, Gizi, Pengasuhan dan Stimulasi Anak Jumlah Jam Mata Pelajaran sesuai silabus yang ada pada modul yaitu 7 JPL dan waktu riilnya 5 menit.
*Membuat Ringkasan Materi mata latih pilihan 2
Dalam membuat ringkasan materi diambil dari modul sesuai Materi yang sudah dipilih. Ringkasan Materi sebanyak 1 -- 2 halaman, kertas hvs ukuran A4, 1,5 spasi,font Calibri 11
*Membuat PPT mata latih pilihan 2
Dalam Pembuatan PPT dengan cara membuka laman slidesgo.com, memilih salah satu gambar yang diinginkan, menyusun PPT yang materinya diambil dari Ringkasan Materi yang sudah dibuat.

b.Hasil Penyusunan RP3, Ringkasan Materi dan PPT
1.b  Hasil  Penyusunan RP3, Ringkasan Materi dan PPT Mata Latih Pertama
1.b.1 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Pelatihan Mata Latih Perkembangan           Anak
NAMA : ISLAMAWATI, S.Pd
KELOMPOK : 2
NO. ABSEN : 082
ASAL KOTA/KAB. : KAB. SEMARANG

Mata Latih:Penyusunan Rencana Pembelajaran Perkembangan Anak Usia Dini
Tujuan :1.Peserta dapat menjelaskan tentang Lingkup Perkembagan Anak
2.Peserta dapat menjelaskan tentang Stimulasi Perkembangan Anak
Jumlah Jam Pelajaran:4 JPL/5 menit
Waktu:Jumat,27 Agustus 2021
Metode :1.Ceramah
2.Tanya jawab
Media:1.Bahan paparan
2.Buku Panduan STTPA
Peralatan1.Leptop
2.Modem
3.Aplikasi virtual meeting
Proses Fasilitasi
Pembukaan ( 1 menit ):1.Fasilitator memperkenalkan diri
2.Fasilitator menjelasakan tentang tujuan yang diharapkan pada materi ini
3.Fasilitator mengajak peserta untuk melakukan tepuk semangat
4.Fasilitator menyampaikan aturan dalam penyampaian materi kepada peserta
Inti (3 menit ):1.Fasiilitator menjelaskan tentang Lingkup Perkembangan Anak
2.Fasilitator memberikan beberapa contoh tentang Lingkup Perkembangan Anak
3.Fasilitator menjelaskan tentang Stimulasi Perkembangan Anak
Penutup ( 2 menit ):1.Fasilitator memberi kesimpulan tentang materi yang telah disampaikan
2.Fasilitator mengajak peserta untuk menulis dikolom chat jika ada materi yang kurang jelas dan jika ada yang ingin ditanyakan
3.Fasilitator menutup sesi

1.b.2 Ringkasan Materi Mata Latih Perkembangan Anak
NAMA : ISLAMAWATI, S.Pd
ASAL KOTA/KAB. : KABUPATEN SEMARANG
JUDUL MATERI : PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI
POKOK BAHASAN : LINGKUP PERKEMBANGAN ANAK
RINGKASAN MATERI
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD, Lingkup Perkembangan sesuai tingkat usia anak meliputi aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif,bahasa, sosial emosional dan seni yang dijabarkan sebagai berikut:
1.Nilai Agama dan Moral
Meliputi:
-Mengenal agama yang dianut
-Mengerjakan ibadah
-Berperilaku jujur,sopan,hormat
-Mengetahui hari besar agama
2.Fisik Motorik
Meliputi:
a.Motorik kasar
Mencakup kemampuan gerakan tubuh secara terkoordinasi,lentur,seimbang,lincah
b.Motorik Halus
Mencakup kemampuan dan kelenturan menggunakan jari dan alat untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan diri dalam berbagai bentuk
c.Kesehatan dan perilaku keselamatan
Mencakup berat badan,tinggi badan,lingkar kepala
3.Kognitif
Meliputi:
a.Belajar dan memecahkan masalah
b.Berfikir logis
c.Berfikir simbolik
4.Bahasa
Meliputi :
a.Memahami bahasa resepti
*Memahami cerita, perintah
b.Mengekspresikan bahasa
*Kemampuan bertanya, berkomunikasi secara lisan,menceritakan kembali yang diketahui
c.Keaksaraan
*Mencakup pemahaman terhadap hubungan bentuk dan bunyi huruf,meniru bentk huruf
5.Sosial --emosional
Meliputi:
a.Kesadaran diri
*Memperlihatkan kemampuan diri,mengendalikan diri,menyesuaikan diri dengan orang lain
*Rasa tanggung jawab untuk diri dan oarang lain
*Mentaati aturan, mengatur diri sendiri
b.Perilaku proposial
*Kemampuan bermain dengan teman sebaya, berperilaku sopan
6.Seni
Meliputi :
a.Kemampuan mengeksplorasi dan mengekspresikan diri
b.Berimajinasi dengan gerakan
c.Mengekspresikan karya seni, gerak dan tari
Stimulasi Perkembangan Anak harus sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Stimulasi yang diberikan harus mencakupkeseluruhan lingkup perekembangan anak.adapun beberapa stimulasi yang bisa dilakukan oleh orang dewasa terhadap anak antara lain :
1.Stimulasi Usia 0 -- 3 Bulan
*Ciptakan rasa nyaman,  aman, senang
*Senyum, tatap mata, ajak bicara
*Tirukan ocehan dan mimik bayi berbagai bunyi, suara, musik
2.Stimulasi Usia 3 - 6 Bulan
*Gulingkan kanan -- kiri, tengkurap -- telentang
*Bermain cilukba, melihat wajah dicermin
*Berguling-guling, duduk
3.Stimulasi Usia 6 -- 9 Bulan
*Bacakan dongeng
*Latih anak duduk, merangkak, berdiri berpegangan
*Mencoret-coret, memukul-mukul
4.Stimulasi 9 -- 12 Bulan
*Bicara pada boneka,menyanyi
*Menyusun balok, menggambar
*Berjalan berpegangan
5.Stimulasi Usia 12 -- 18 Bulan
*Latih anak berjalan tanpa berpegangan
*Lempar-tangkap-tendang bola
*Makan bersama
6.Stimulasi Usia 18 -- 24 Bulan
*Bicara, bertanya, bercerita, bernyanyi
*Balok, puzzle, menggambar
*Makan bersama menggunakan sendok garpu
7.Stimulasi Usia 2 -- 3 Tahun
*Sebutkan nama benda, sifat benda, guna benda
8.Stimulasi Usia 3 -- 4 Tahun
*Cuci tangan, cebok, berpakaian, rapikan mainan
9.Stimulasi Usia  4 -- 5 Tahun
*Megingat, menghafal, mentaati aturan
10.Stimulasi Usia 5 -- 6 Tahun

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun