Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Pentingnya Kaderisasi, Bos Boleh Datang dan Pergi

22 Juni 2024   06:30 Diperbarui: 22 Juni 2024   07:03 3173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Direksi dan Komisaris PT Goto Gojek Tokopedia Tbk | dok. GOTO, dimuat Kompas.id

Pimpinan startup yang meninggalkan perusahaan yang didirikannya saat perusahaan sudah demikian besar, semakin sering terjadi. Hal ini dapat dibaca di berbagai media yang membahas ekonomi.

Jauh sebelumnya, Nadiem Makarim meninggalkan startup yang didirikan dan dikembangkannya, yang tercatat sebagai startup asli Indonesia yang sangat fenomenal, yakni Gojek.

Betapa tidak, siapa yang membayangkan jutaan pengojek motor terangkat derajatnya karena jasanya banyak yang membutuhkan.

Sebelumnya, tanpa aplikasi seperti Gojek, pelanggan ojek motor yang tinggal di lokasi yang jarang dilalui kendaraan, harus berjalan kaki ke pangkalan ojek.

Pengojek pun kalau berkeliling kampung tanpa jelas siapa pelanggan yang akan dituju, akan buang-buang bahan bakar saja. 

Lalu, fenomenalnya, dari sekadar mempertemukan kebutuhan pelanggan dan pengojek, aplikasi Gojek berkembang pesat menjadi aplikasi serba ada, karena tersedia macam-macam fasilitas.

Nah, ketika Gojek bergabung dengan Tokopedia menjadi Goto, Nadiem sudah meninggalkan perusahaan yang telah dibesarkannya selama 9 tahun.

Alasan kepergian Nadiem, karena ia ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri yang membidangi pendidikan dan pada Oktober 2019.

Sekarang beberapa media massa memberitakan tentang perginya pendiri dan sekaligus pemimpin Goto, yakni William Tanuwijaya dan Melissa Siska Juminto.

Mundurnya dua pendiri Tokopedia di Goto terjadi tak lama setelah TikTok resmi mengakuisisi saham mayoritas dari Tokopedia. Jadi, Tokopedia tidak lagi dalam kendali penuh Goto.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun