Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Keliling Separuh Sumatera di Musim Hujan, Ngeri-ngeri Sedap

1 Januari 2024   05:30 Diperbarui: 1 Januari 2024   17:23 889
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jalan putus karena longsor di lintas Padang-Pekanbaru|dok. istimewa, dimuat riauakses.com

Libur akhir tahun kali ini terasa istimewa bagi saya, karena saya berkesempatan menikmati perjalanan darat mencakup 3 provinsi, yakni Riau, Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Karena perjalanan pulangnya berbeda dengan saat berangkat ke Medan, maka mengingat jauh dan lamanya perjalanan, menurut saya perjalanan ini bisa disebut berkeliling separuh pulau Sumatera.

Titik keberangkatan kami (saya dan rombongan keluarga adik saya) adalah dari Pekanbaru, Riau, sesuai dengan domisili adik saya.

Saya sendiri tinggal di Jakarta, sehingga untuk menikmati perjalanan tersebut, saya terbang dari Jakarta ke Pekanbaru, Rabu (20/12/2023) yang lalu.

Dengan mobil Inova yang dipenuhi 5 orang, kami berangkat ke Medan, pada Kamis pagi (21/12/2023), dengan diawali menempuh jalan tol Pekanbaru-Duri.

Jalan tol yang baru beroperasi sekitar 3 tahun lalu itu merupakan bagian dari tol Pekanbaru-Dumai. Namun, untuk tujuan Medan, harus keluar di pintu tol Duri.

Setelah menempuh jalan tol sekitar 107 km, kami menempuh jalan biasa Duri-Medan sejauh 538 km. Jadi, dihitung dari Pekanbaru, jauh perjalanan adalah 645 km.

Adapun kota-kota yang dilewati (hanya ditulis ibu kota kabupaten saja) adalah Bagan Batu , Kota Pinang, Rantau Prapat, Aek Kanopan, Kisaran, Lima Puluh, dan Tebing Tinggi.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di Kaldera Toba|dok. Biro Setpres/Kris, dimuat Tribunnews.com
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di Kaldera Toba|dok. Biro Setpres/Kris, dimuat Tribunnews.com

Kecuali Duri dan Bagan Batu yang masih masuk Riau, kota-kota lainnya sudah masuk wilayah provinsi Sumatera Utara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun