Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Prabowo Sudah, Ganjar Sudah, Giliran Puan Kapan?

1 Desember 2022   14:12 Diperbarui: 1 Desember 2022   14:16 396
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puan Maharani|dok. tempo.co

Kode keras Presiden Jokowi tentang siapa capres yang didukungnya untuk menjadi pedoman bagi relawan Jokowi, menjadi topik hangat di media massa dan media sosial.

Pada momen HUT Partai Perindo, Presiden mengatakan bahwa "2024 jatah Prabowo". Jelas, ini suatu pesan atau kode keras karena menyebut nama secara langsung.

Endorse terhadap Prabowo, agaknya terkait dengan respek Jokowi atas kegigihan Prabowo berjuang sejak dulu untuk menjadi RI-1, demi membangun negeri tercinta.

Kemudian, di depan para relewan pendukung Jokowi yang berkumpul di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Jokowi tidak menyebut nama.

Meskipun demikian, dengan kalimat yang menyebutkan sosok berambut putih sebagai pemimpin yang layak dipilih, publik langsung menafsirkan sebagai endorse buat Ganjar Pranowo.

Kata Presiden Jokowi, sosok yang punya rambut putih sebagai bukti karena selalu memikirkan rakyat dan telah merasakan "keringat" rakyat.

Mungkin Presiden hanya sekadar mencari kalimat yang menarik perhatian saja, karena korelasi warna rambut dengan karakter seseorang, mungkin tidak bisa digeneralisir.

Buktinya, Jokowi sendiri adalah pemimpin yang sangat merakyat, tapi rambut beliau masih menghitam.

Tentu, endorse Jokowi diperlukan agar estafet kepemimpinan tidak akan menelantarkan program pembangunan yang telah dirintis Jokowi.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi punya sejumlah program pembangunan infrastruktur yang diperkirakan belum selesai saat beliau menghabiskan masa jabatan pada 2024 mendatang.

Proyek yang paling strategis adalah pemindahan ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke Nusantara, sebuah kota baru yang sedang di bangun di Kalimantan Timur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun