Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kiprah Klub Milik Selebriti di Liga 2, Uang Bukan Segalanya

23 Oktober 2021   17:01 Diperbarui: 24 Oktober 2021   06:04 405 44 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Laga antara Persis Solo dan PSG Pati|Foto dok. PSG Pati, dimuat sport.detik.com

Perkembangan sepak bola di negara kita semakin menarik untuk diamati.  Kompetisi Liga 2 yang dulunya dipandang sebelah mata, sekarang sama menariknya dengan kompetisi di kasta tertinggi, Liga 1.

Apalagi kalau bukan karena beberapa klub Liga 2 diakuisisi oleh selebriti. Media massa dan media sosial dibuat heboh ketika  Raffi Ahmad, pembawa acara di televisi yang sekarang tajir sebagai YouTuber, membeli klub sepak bola.

Klub tersebut adalah Cilegon United FC. Sekarang nama klub sudah berganti menjadi RANS Cilegon FC, mengacu pada nama RANS Entertainment sebagai "kerajaan bisnis"-nya Raffi.

Tak lama setelah itu, Atta Halilintar yang juga YouTuber yang pada tahun 2019 tercatat dengan pengikut terbanyak se Asia Tenggara, juga mengikuti jejak Raffi.

Atta mengakuisi klub Liga 2 lainnya, yakni PSG Pati. Hanya saja, klub ini masih menggunakan nama yang sama pada kompetisi Liga 2 yang sekarang tengah bergulir.

Sebetulnya, sebelum Raffi dan Atta, Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, membeli saham klub Liga 2 Persis Solo.

Memang bukan Kaesang sendiri saja yang jadi "bos" Persis. Nama Menteri BUMN pun, Erick Thohir, disebut ikut membeli saham Persis.

Kaesang dan Erick bisa jadi tidak tergolong seorang selebriti, tapi yang jelas beliau-beliau adalah orang terkenal.

Persis bergerak cepat dengan mendatangkan banyak pemain bintang yang telah berpengalaman merumput di Liga 1. 

Tentu hal yang sama juga dilakukan oleh RANS Cilegon FC dan PSG Pati, yakni berburu pemain yang diperkirakan akan mampu membawa klubnya promosi ke Liga 1.

Ada satu lagi klub yang perlu diulas, yakni Dewa United, meskipun publikasinya di media massa tidak segencar klub-klub di atas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan