Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Masyarakat Kita Kurang Antusias Menyambut Olimpiade, Padahal Ingin Jadi Tuan Rumah

22 Juli 2021   11:25 Diperbarui: 22 Juli 2021   11:42 220 58 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masyarakat Kita Kurang Antusias Menyambut Olimpiade, Padahal Ingin Jadi Tuan Rumah
dok. olympic.org, dimuat beritasatu.com

Pesta olahraga terbesar di dunia kembali digelar setelah tertunda satu tahun karena adanya pandemi Covid-19. Acara pembukaannya akan berlangsung pada hari Jumat, 23 Juli 2021.

Namun demikian, sudah ada cabang olahraga yang dipertandingkan sebelum upacara pembukaan, seperti nomor sepak bola putra dan putri.

Sebetulnya, event Olimpiade tersebut di tanah air tidak terlalu bergaung, meskipun Indonesia berpeluang meraih medali dari cabang bulutangkis.

Jangankan karena adanya pandemi, ketika Olimpiade berlangsung secara normal pun, masyarakat Indonesia secara umum tidak menyambutnya dengan antusias, begitu pula pemberitaannya di media massa.

Justru, Piala Eropa yang belum lama usai jauh lebih heboh. Memang, sepak bola merupakan olahraga yang paling populer. Tapi, cabang sepak bola di Olimpiade pun, yang diikuti oleh mayoritas pemain berusia di bawah 23 tahun, kalah populer dengan Piala Eropa.

Mudah-mudahan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan dibantu oleh pihak lain terkait, bisa lebih gencar menyosialisasikan Olimpiade Tokyo agar masyarakat lebih tergugah.

Antusiasme itu dirasa penting, mengingat Indonesia tengah berjuang untuk menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032 mendatang.

Terlepas dari kurang berimbasnya kesemarakan Olimpiade ke Indonesia, prestise Indonesia sebagai negara besar, salah satunya dipertaruhkan di ajang bergengsi tersebut.

Paling tidak, Indonesia jangan sampai tertinggal dari negara-negara sesama Asia Tenggara. Maka, berapa jumlah atlet yang lolos untuk bertarung di Olimpiade, sudah menjadi kebanggaan tersendiri.

Soalnya, untuk meraih tiket Olimpiade, perlu perjuangan sangat keras dan butuh waktu panjang sejak sekitar 2 tahun lalu, dengan mengikuti berbagai event yang sekaligus menjadi arena untuk menyaring atlet yang berhak lolos ke Olimpiade.

Jadi, dengan ikutnya 28 atlet Indonesia pada 8 cabang olahraga, tentu perlu kita syukuri. Apalagi bila nantinya mampu mempersembahkan medali, baik perunggu, perak, atau emas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN