Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Ingin Jadi Raja? Kreatiflah di Jalan yang Benar

19 Januari 2020   14:57 Diperbarui: 21 Januari 2020   16:35 2994 25 7 Mohon Tunggu...
Ingin Jadi Raja? Kreatiflah di Jalan yang Benar
Keraton Agung Sejagat | (Kompas.com/Istimewa)

Entah apa yang merasuki Toto Santoso Hadiningrat yang mengangkat dirinya sendiri sebagai raja di keraton yang dinamakannya Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah. 

Kemudian muncul lagi Sunda Empire-Earth Empire di Bandung, Jawa Barat, yang tidak kalah menghebohkan karena mengklaim wilayah kekuasaannya mencakup banyak negara asing di berbagai belahan dunia.

Sungguh sulit dimengerti, dua kerajaan di atas ternyata berhasil mengumpulkan banyak anggota yang kalau melihat tayangannya di televisi, terlihat bangga dengan pakaian dan atribut kerajaan.

Hasrat berkuasa memang sesuatu yang manusiawi. Karena sulitnya melewati jalur resmi sesuai perundang-undangan yang berlaku di negara kita, seperti dengan memenangi pilkada, akhirnya ada yang bertindak dengan memproklamirkan kerajaannya sendiri.

Untuk sementara kita tinggalkan saja urusan kerajaan fiktif di atas, biarkan diusut oleh penegak hukum. Sambil menunggu apa konsekuensi yang harus diterima kerajaan tersebut, kita nikmati saja sebagai intermezo.

Tapi bila cita-cita menjadi raja demikian kuatnya, ada kok cara-cara yang sah untuk ditempuh, meskipun memang banyak rintangan dan liku-likunya.

Rhoma Irama mungkin saja waktu remaja tidak membayangkan dirinya kelak bakal jadi raja. Namun dengan keahliannya bermain musik dan menciptakan lagu, tak ada yang menyangkal gelar "raja dangdut" yang sampai sekarang masih melekat pada Rhoma Irama.

Helmy Yahya, Direktur Utama TVRI yang nasibnya tidak menentu karena dipecat Dewan Pengawas TVRI, juga seorang yang kreatif, sehingga dijuluki "raja kuis". Banyak sekali acara kuis di berbagai stasiun televisi yang lahir dari idenya.

Namun jalan yang lebih banyak ditempuh untuk menjadi "raja", terlepas dari skalanya apakah di level kecamatan, kabupaten, provinsi, nasional, atau bahkan internasional, adalah dengan mendirikan "kerajaan bisnis".

Betapa banyak kita membaca kisah inspiratif dari mereka yang memulai bisnis dari ukuran sangat kecil, sampai jadi perusahaan berskala raksasa.

Salah satu keuntungan bagi orang yang memilih berwirausaha ketimbang jadi karyawan, adalah posisinya yang langsung jadi bos, paling tidak jadi bos buat dirinya sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x