Mohon tunggu...
Irvan Oktaviandry
Irvan Oktaviandry Mohon Tunggu...

Sebuah catatan, Sebuah Cerita. Dan mengikuti semua jalan yang ada seperti air yang mengalir. Lu berenang apa Tenggelem tong? Serius amat Hidup Lu. Relax. Take A Deep Breath and Enjoy it.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Artikel Utama

Manfaatkan "Lockscreen Smartphone" untuk Keselamatan Diri

25 Juni 2016   11:00 Diperbarui: 25 Juni 2016   11:52 906 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaatkan "Lockscreen Smartphone" untuk Keselamatan Diri
Contoh Info kecelakaan yang terjadi di jalan | Sumber facebook.com/maydayridersindonesia

Sebagai seorang yang aktif dalam organisasi bertemakan "Roda Dua", kami sering berbagi info mengenai kecelakaan lalu-lintas yang terjadi di jalanan, misalnya informasi bakti sosial masyarakat, info orang hilang, info kecelakaan, dan info lalu lintas. *Tidak semua para "Bikers" suka urak-urakan seperti yang masyarakat pikirkan :)

Pada artikel saya kali ini, saya akan memfokuskan mengenai "Info Kecelakaan" yang terjadi baik kepada korban "Komunitas" maupun korban "Masyarakat nonkomunitas" (Masyarakat awam. Red). Hampir setiap hari saya mendapatkan broadcast mengenai kecelakaan yang tidak diketahui identitasnya. Di samping itu banyak juga korban yang selamat namun kondisi tidak sadarkan diri. Saat para masyarakat menolong dan berniat untuk menghubungi keluarga, saat ingin menggunakan handphone korban untuk menghubungi keluarganya, ternyata handphone terkunci.

Akhirnya, masyarakat tidak bisa mengabari pihak korban secara cepat dan terjadilah broadcast beruntun dari messenger atau media sosial.
Salahkan kalau seseorang mengunci handphone-nya? Tidak. Itu adalah hal yang lumrah dan wajar. Namun untuk hal-hal seperti ini, apakah menjadi sangat tidak berguna handphone yang kita miliki? Ya.

Contoh Handphone yang Terkunci | Dok.Pribadi
Contoh Handphone yang Terkunci | Dok.Pribadi
Oleh karena itu, saya ingin memberikan tips yang semoga bermanfaat untuk para pembaca, yaitu memasang "KONTAK URGENT" di dalam Lockscreen. Berfungsikah? Tentu. dengan informasi kontak darurat yang tercantum di handphone, dapat membantu kita, misalkan Handphone hilang, lalu yang menemukan melihat dan meneelpon kontak tersebut. (Masih banyak orang baik di dunia, saya yakin, jangan pesimis dulu :D ) atau kecelakaan yang mengakibatkan kehilangan kesadaran.

Cara memasang Pesan Pribadi pada Lockscreen | Dok.Pribadi
Cara memasang Pesan Pribadi pada Lockscreen | Dok.Pribadi
Sulitkah memasang lockscreen pada handphone? Tidak terlalu sulit.
Berikut Step atau langkah cara memasang pesan lockscreen pada handphone Samsung Grand II
1. Masuk ke pengaturan
2. Pilih Tab menu "Perangkat" lalu pilih "Kunci Layar"
3. Setelah masuk "Kunci Layar" Masuk ke pilihan "Pesan Pribadi"
4. Setelah itu akan muncul "Pop Up" dan isi data secukupnya, tidak perlu banyak-banyak, sedikit namun jelas.
5. Cek list perintah "Munculkan di lockscreen" Lalu ok.

Maka Hasilnya seperti ini

Selfie dengan hasil praktek
Selfie dengan hasil praktek
Untuk beberapa Handphone mungkin memiliki cara pemasangan pesan pribadi yang berbeda-beda. Namun, pasti tidak lepas jauh dari menu pengaturan dan tampilan. Intinya saya share ini bukan untuk mendoakan para pembaca mendapatkan "sial". Namun, tidak ada salahnya memberikan petunjuk kepada orang yang membantu kita saat kita sedang dalam masalah atau dalam kondisi tidak sadarkan diri, benar?

Jika ada saran atau kritik yang membangun, mohon bantuannya karena saya hanya penulis amatir yang membutuhkan "Pecutan Positif" agar saya lebih baik dalam menulis. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih sudah membaca.

Sumber Foto Resmi
1. facebook.com/maydayridersindonesia
2. Dokumen Pribadi Penulis

Sumber Ide Ardhi Dhika Narendra

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x