Humaniora

Kenapa Harus ada Evaluasi?

3 Juli 2018   21:35 Diperbarui: 3 Juli 2018   21:33 535 0 0

Kenapa harus ada evaluasi

Terkadang ada pemikiran yang terlintas dibenak tentang evaluasi yang dianggap sedikit memberatkan baik untuk guru maupun siswa. Kenapa harus dilaksanakan evaluasi...?, Apa penting evaluasi itu...?. Jika hanya ingin mendapatkan hasil dari belajar siswa, kenapa tidak diukur dari segi aktifan saja pada saat proses belajar. Bukankah sangat mudah mengetahui siswa yang memahami dan yang tidak mengerti pelajaran saat proses belajar berlangsung. 

Evaluasi juga hanya membuang-buang waktu. Waktu yang digunakan untuk mengevaluasi tentu bisa digunakan untuk mengajarkan ilmu yang baru kepada siswa. Selain itu siswa juga akan merasa tertekan memikirkan hasil yang akan mereka dapatkan terlebih lagi jika siswa yang dihadapi masih rentan mengalami stress diusia dini yang bisa saja mengancam jiwa dan raganya. 

Apalagi jika ada paksaan yang dialami untuk belajar sekeras mungkin agar mendapatkan hasil evaluasi yang baik karena orang-orang disekitar mereka tentunya ingin jika mereka mendapatkan nilai sesuai apa yang diharapkan. Namun ketakutan seperti ini harus dibuang karena telah kita ketahui bahwa evaluasi merupakan kegiatan yang dilakukan dari proses belajar untuk menentukan hasil atau nilai siswa. 

Jadi bisa dikatakan bahwa evaluasi merupakan hal yang sangat penting untuk dilaksanakan karena tanpa evaluasi guru tidak akan tahu sampai dimana pemahaman peserta didiknya. Maka dari itu jika tidak ada evaluasi siswa tidak akan mengetahui titik kekurangannya. sehingga ilmu yang didapatkan tidak akan bertambah atau bahkan tidak ada sama sekali. 

Karena jika siswa mengetahui hasil dari proses belajarnya, mereka akan termotivasi untuk mendapatkan ilmu yang lebih banyak lagi. Dengan kata lain evaluasi sebenarnya membantu siswa agar mereka bisa menjadi generasi bangsa yang memiliki ilmuyang berlimpah. Walaupun waktu yang didapatkan dari proses belajar sangat banyak namun tidak adanya evaluasi. 

Ini sama saja siswa tidak mendapatkan apa-apa karena ilmu yang didapatkan hanya ada pada saat proses belajar dikelas dan rata-rata siswa tidak akan mengulang kembali materi yang diajarkan tadi apalagi jika tidak ada evaluasi. Setidaknya jika adanya evaluasi yang dilakukan siswa akan mencoba untuk belajar kembali sebelum menghadapi evaluasi tersebut.