Mohon tunggu...
Rinaldi Syahputra Rambe
Rinaldi Syahputra Rambe Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan Perpustakaan Bank Indonesia Sibolga

Anak desa, suka membaca, menulis dan berkebun. Penulis buku "Etnis Angkola Mandailing : Mengintegrasikan Nilai-nilai Kearifan Lokal dan Realitas Masa Kini". Penerima penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2023 dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas).

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Alasan Logis Kenapa Harus Memilih Ngontrak Dibanding KPR

1 Mei 2024   11:16 Diperbarui: 1 Mei 2024   11:28 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Rumah (Sumber: Pixabay via Kompas.com)

Keputusan antara ngontrak (sewa) dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sering kali menjadi perdebatan panjang bagi banyak individu. Perdebatan ini terjadi karena kedua pilihan tersebut memiliki keuntungan masing-masing yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, dengan memilih KPR seseorang akan lebih mudah untuk memiliki rumah sendiri. Ini berarti tetap membayar cicilan bulanan yang kemudian akan menjadi kepemilikan sendiri, sebuah logika yang mudah dipahami.

Di sisi lain, ngontrak juga memiliki keuntungan serupa. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan memilih opsi ini dibanding dengan KPR. Misalnya dengan memilih ngontrak akan memberikan kemudahan financial kepada seseorang dan masih banyak hal lainnya. 

Sehingga dengan pertimbangan yang cermat, pada tulisan ini saya mencoba menulis alasan-alasan logis yang dapat mendukung pilihan untuk ngontrak dibandingkan mengambil KPR berikut ini:

 1.  Fleksibilitas Finansial

Memilih untuk ngontrak memberikan fleksibilitas finansial yang lebih besar dibandingkan dengan KPR. Seseorang tidak perlu mengeluarkan uang muka yang besar atau terikat dengan cicilan bulanan yang tetap. Ini memungkinkan untuk memiliki lebih banyak kontrol atas keuangan pribadi dan menyesuaikannya dengan perubahan situasi hidup masing-masing individu.

2. Biaya Awal yang Lebih Rendah

Ngontrak biasanya memerlukan biaya awal yang lebih rendah daripada membeli rumah dengan KPR.  Hanya perlu membayar uang sewa bulanan dan mungkin deposit awal, sementara KPR melibatkan biaya notaris, pajak, dan biaya administrasi lainnya yang cukup besar di awal.

3. Perawatan dan Perbaikan Tanggungan Pemilik

Salah satu keuntungan besar ngontrak adalah seseorang tidak perlu khawatir tentang biaya perawatan dan perbaikan rumah. Tanggung jawab ini sepenuhnya menjadi urusan pemilik properti. Ini berarti  tidak perlu mengeluarkan uang untuk memperbaiki kerusakan atau merawat taman, yang bisa menjadi beban tambahan bagi pemilik rumah. Biaya perbaikan rumah juga bukanlah hal yang murah, diperlukan gocek yang lumayan besar untuk memperbaiki dan merawat rumah.

4. Mobilitas yang Lebih Tinggi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun