Mohon tunggu...
Irmayanti Dwi Saputri
Irmayanti Dwi Saputri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

I wish to see the novel’s epilogue.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa KKN-P Kelompok 36 UMSIDA Berkonstribusi Melakukan Redesaian pada Merek UMKM Tempe

24 Februari 2024   14:01 Diperbarui: 24 Februari 2024   14:14 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Proses Pembuatan Tempe yang Dilakukan Bersama PemiliK Tempe Murni Arum(Dokumentasi Pribadi)

8 Februari 2024 -- Kemasan merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi minat konsumen. Produk yang memiliki kemasan yang menarik tentu akan berdampak pada minat beli konsumen yang seamakin meningkat. Dengan adanya hal tersebut mahasiswa KKN-P kelompok 36 melakukan survey pada UMKM setempat dan menemukan salah satu UMKM dengan permasalahan pada kemasannya. UMKM tersebut adalah produk Tempe Murni Arum yang diproduksi oleh Ibu Yah. Program KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang dijalankan oleh Kelompok 36 KKN-P Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) ahirnya memberikan kontribusi yang signifikan dalam membantu melakukan redesain pada merek yang ada pada kemasan tempe, dengan tujuan akan dapat mengembangkan bisnis mereka.

Mahasiswa KKN-P kelompok 36 UMSIDA bekerja sama untuk melakukan pengembangan dalam hal pemasaran yang menarik serta informatif bagi usaha Tempe Murni Arum di Desa Tamiajeng. Dengan adanya upaya pengembangan dalam hal pemasaran ini, diharapkan akan dapat mampu memberikan dampak yang positif dan peningkatan penjualan pada pemilik UMKM tempe.

Selain membantu dalam pemasaran, mahasiswa KKN Kelompok 36 UMSIDA juga terlibat dalam rebranding UMKM Tempe Murni Arum. Hal ini dilakukan untuk mempercept proses pengemasan produk tempe, dengan mengubah merek produk menjadi stiker yang sehingga akan dapat mempersingkat waktu pengemasan dan proses produksi menjadi lebih efisien. Mereka bekerja sama dengan pemilik usaha untuk memperbarui kemasan produk, membuat logo baru, dan merancang strategi branding yang lebih modern dan menarik. Dengan adanya perubahan ini, diharapkan produk Tempe Murni Arum mampu bersaing dengan produk lokal sejenis. Selain itu, keompok 36 KKN-P juga terlibat langsung dalam proses pembuatan hingga pengemasan produk tempe.

Redesain Kemasan Tempe Murni Arum(Dokumentasi Pribadi)
Redesain Kemasan Tempe Murni Arum(Dokumentasi Pribadi)

Dengan adanya kontribusi dari Kelompok 36 KKN-P UMSIDA, diharapkan UMKM lokal tempe semakin mendapatkan perhatian yang lebih besar dari masyarakat dan peluang untuk berkembang. Mahasiswa juga mendapatkan pengalaman berharga dalam mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan di bangku kuliah untuk membantu masyarakat sekitar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun