MANAJEMEN
PENTINGNYA HIRARKI DALAM MANAJEMEN
Â
Dalam sebuah organisasi, hirarki sangat lah penting, mengapa seperti itu? Hierarki adalah suatu susunan hal di mana hal-hal tersebut dikemukakan sebagai berada di "atas," "bawah," atau "pada tingkat yang sama" dengan yang lainnya. Secara abstrak, sebuah hierarki adalah sebuah kumpulan yang disusun. Pentingnya hirarki ini bagi organisasi agar tiap-tiap anggota organisasi memahami tanggungjawab dan tugasnya masing-masing dan kepada siapa mereka mempertanggungjawabkan tugasnya.
Bagaimana jika hirarki itu tidak ada atau tidak tepat? Ya maka susunan organisasi akan sangat berantakan dan tidak beraturan.
Susunan hirarki dibagi menjadi tiga yaitu : manajer tertinggi, manajer menengah dan manajer tahap pertama berikut penjelasannya
1. Top Management (Manajemen Tingkat Atas) adalah para pimpinan organisasi perusahaan seperti manajer-manajer dengan jabatan penting yang bertanggung jawab penuh dalam mengendalikan kegiatan di suatu perusahan. Contoh top management adalah CEO, COO, Presiden Direktur dll.
2. Midle Management (Manajemen Tingkat Menengah) adalah manajer yang satu tingkat di bawah manajer tingkat atas.
3. Manajemen tingkat pertama ini, bertanggung jawab langsung di lapangan atas operasional atau pekerjaan yang dilakukan setiap harinya oleh para karyawan.
Sselain itu berikut juga fungsi hirarki manajemen
Fungsi dari hierarki ini akan berkaitan dengan strategi yang dilengkapi oleh beberapa aspek dasar. Aspek-aspek ini berupa elemen yang akan selalu hadir dalam pembentukan fungsi manajemennya, sehingga bisa menjadi acuan pelaku dalam meraih tujuannya sebagai berikut.
1. Perencanaan
Perencanaan atau planning ini merupakan hal dasar yang dipikirkan sebelum mengerjakan sesuatu. Perencanaan biasanya dilengkapi dengan sumber yang telah diriset secara detail, sehingga menjadi informasi yang valid sebagai dasar pembentukan suatu rencana.
2. Pengorganisasian
Pengorganisasian atau organizing merupakan fungsi yang memiliki tujuan untuk membagikan suatu ide besar menjadi hal yang sederhana. Hal ini tentunya akan mempermudah pelaku untuk mengevaluasi serta mengawasi orang yang bisa dilibatkan.
3. Pengarahan
Pengarahan atau directing merupakan fungsi hierarki manajemen yang bisa dilakukan untuk melakukan suatu tindakan untuk mencapai target. Hal ini tentunya dilengkapi dengan perencanaan yang baik dan didukung oleh usaha pengorganisasian.
4. Pengevaluasian
Pengevaluasian merupakan sistem untuk mengawasi dalam melakukan evaluasi supaya kinerja setiap orang mampu dikendalikan. Hal ini juga akan berkaitan dengan berfungsi atau tidaknya perusahaan sesuai dengan rencana awal.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI