Mohon tunggu...
Irkhamul Umam
Irkhamul Umam Mohon Tunggu... Nulis sih

Apa yaa....

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Kebijakan Publik, Evaluasi, Reformasi, Formulasi

11 November 2019   20:45 Diperbarui: 11 November 2019   20:49 0 0 0 Mohon Tunggu...
Kebijakan Publik, Evaluasi, Reformasi, Formulasi
Buku kebijakan publik (Evaluasi, Reformasi

RESENSI

Judul Buku : Kebijakan Publik;   Evaluasi,Reformasi,Formulasi
Penulis : Hayat,S.Ap.,M.Si.
Penerbit : intrans Publishing
Tahun terbit:July 2018
Ketebalan: xxiv + 134 halaman

Secara garis besar, dan ditinjau dari babnya sudah terlihat dengan jelas dan terperinci bahwa buku yang di tulis oleh Hayat ini mengandung beberpa hal berikut; Pertama, defenisi kebijakan publik, evaluasi,reformasi dan formulasi yang di jelaskan secara terperinci dan dengan bahasa yang mudah untuk di pahami.

Kedua, model dan penulisan tiga bidang yang di bahas didalam buku ini  dijabarkan secara lugas dan sekali lagi sangat sistematis dan terarah menurut saya. Ketiga, bahasan lengkap dalam penjelasan mengenai masalah publik, dan mana yang bukan merupakan masalah publik.

Keempat, di dalam buku ini juga dikonklusikan mengenai formula penyelesaian masalah, peninjauan kebijakan dan pereformasian kebijakan publik serta tahap-pertahap di dalamnya sangat dibahas dengan jelas dan 'adil'. Kelima, di bagian bab-bab selanjutnya, buku ini mengetengahkan perumusan kebijakan publik secara teroganisir dan tersistematis.

Keenam, hal yang menarik lagi kita akan mengetahui tahap implementasi kebijakan publik yang merupakan maksud langsung dari teori yang dijabarkan dalam bab-bab awal. Ketujuh, setelah tahap implementasi di dalam buku ini juga dijelaskan mengenai evaluasi, perubahan dan terminasi kebijakan publik.

Kedelapan, dalam buku ini terdapat bab terakhir yang membahas tentang konsep formulasi kebijakan publik yang bertujuan untuk merencanakan apa yang akan di putuskan dan di ambil kebijakannya dan memiliki kerangka piker yang sistematis dan terarah kejelasannya serta dapat pertanggung jawabkan.

Menurut saya buku ini mempunyai kelebihan, yaitu sangat menarik untuk dikaji oleh setiap mahasiswa yang tertarik mempelajari ilmu politik, dosen yang memerlukan rujukan ilmiah hal ini tidak terlepas dari penjabaran demi penjabaran oleh ilmuan sosial yang beragam latar belakangnya, sehingga mengenai "kebijakan publik'' kita sendiri dapat melihatnya dengan "kaca mata berpikir" dari berbagai latar belakang dan masyarakat yang tertarik mengamati di bidang kebijakan publik.

Selain itu pembahasan demi pembahasan yang terstruktur dalam buku ini tentunya menunjukkan cara berpikir ilmiah dan sistematis, sehingga diharapkan memudahkan bagi kalangan manapun yang ingin mengkaji "Kebijakan Publik" dengan beragam pisau analisa.

Sulit bagi saya untuk mencari kelemahan dari buku ini, karena menurut pendapat saya buku ini telah sukses mengantarkan seseorang untuk bisa memahami apa itu kebijakan publik dari segi (evaluasi,reformasi dan formulasi). Namun hal yang seharusnya yang juga ada dalam buku ini adalah sejarah perkembangan kebijakan publik dan juga implementasi untuk negara Indonesia di buku ini menjadi alasan yang termarjinal kan yang menjadikan kekurangan di buku ini.

Pembahasan kebijakan dalam buku ini dengan merujuk pada pendekatan proses diatas, akan mulai dengan mendefinisikan terlebih bahulu mengenai apakah kebijakan publik tersebut. Bab kedua, dalam buku ini akan secara khusus membahas mengenai apakah yang dimaksud dengan kebijakan publik. Berbagai defenisi mengenai kebijakan publik akan dipaparkan dalam bab ini.

Pemaparan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman awal mengenai kebjakan publik itu sendiri, sehingga kita dapat dengan mudah membedakan kebijakan publik dengan bentuk-bentuk kebijakan yang lain. Ada banyak defenisi mengenai kebijakan publik yang dikemukkan oleh para ahli. Masing-masing defenisi memberi penekanan yang berbeda beda dan cenderung disesuaikan dengan latar belakang masing-masing ilmuwan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x