Mohon tunggu...
Ircham Arifudin
Ircham Arifudin Mohon Tunggu... Wiraswasta - Kompasianer Brebes Club (KBC-53): penulis receh sekaligus penikmat kopi tanpa gula

menjadi tua itu pasti, menjadi dewasa itu pilihan

Selanjutnya

Tutup

Diary

Idul Adha: Bergembira dalam Kesenyapan dan Kesederhanaan

20 Juli 2021   16:17 Diperbarui: 20 Juli 2021   16:55 50 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Idul Adha: Bergembira dalam Kesenyapan dan Kesederhanaan
Dokpri. 

Perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini masih sama dengan tahun yang lalu: "penuh kesederhanaan dalam keterbatasan", dikarenakan perayaan idul adha tahun ini kita masih dalam masa pandemi, terlebih lagi hari terakhir PPKM darurat untuk Pulau Jawa dan Bali.

Kondisi pandemi dan pemberlakuan PPKM darurat ini tak mengurangi kegembiraan dan rasa rasa syukur dalam menyambut hari raya qurban meski dengan segala keterbatasannya. Bersyukur karena Allah masih memberikan kesehatan kepada seluruh anggota keluarga kita dengan nikmat kesehatan dan umur panjang.

Wujud syukur lainnya adalah kita masih bisa berbagi di tengah kondisi yang serba tidak menentu ini. Idul Adha atau yang lebih familiar disebut Idul Qurban merupakan momentum untuk berbagi antar sesama, terutama berbagi daging qurban dengan masyarakat, terutama tetangga kita dan warga yang kurang mampu lainnya.

Idul adha juga sepatutnya kita jadikan sebagai momentum untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak ikhtiar batin berupa ibadah dan doa. Doa-doa senantiasa kita panjatkan, berharap agar suasana pandemi segera berakhir. Amaliyah-amaliyah berupa ibadah juga terus kita tingkatkan, misalnya salat, meski sementara waktu dilakukan di rumah,  puasa, dan ibadah lainnya.

Sebagai muslim, kita meyakini bahwa wabah covid 19 ini adalah ujian dari Allah. Untuk itu, kita harus terus bersabar, tidak boleh putus asa dan menyerah. Usaha dan ikhtiyar harus terus dilakukan dengan melaksanakan protokol kesehatan sebaik-baiknya.

Bagi saudara-saudaraku yang pagi tadi melaksanakan shalat idul adha di musholla/masjid dan turut serta mengurus mengelola dan mendistribusikan qurban, selamat yah. Dan bagi qurbannya besok, tetep semangat yah. Tak perlu saling merasa dirinya paling benar & menganggap yang lain salah.

Yang terpenting saling guyub, patuhi dan laksanakan prokes dengan sebaik-baiknya, dan saling mendoakan agar kita, keluarga, para guru, teman, sahabat, para tetangga kita dan bangsa ini senantiasa diberikan kesehatan, dilancarkan usahanya, berkah rezekinya dan semoga pamdemi ini segera berakhir.

SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA IDUL ADHA, SELAMAT BERGEMBIRA DALAM KESENYAPAN

This too shall pass, Enjoy aja.

Wallahu A'lam...

Penulis Receh KBC-53

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x