Mohon tunggu...
Ircham Arifudin
Ircham Arifudin Mohon Tunggu... KBC-53: penikmat kopi tanpa gula

menjadi tua itu pasti, menjadi dewasa itu pilihan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tangkal Corona dengan Wedang Jahe Rempah

23 Maret 2020   12:31 Diperbarui: 23 Maret 2020   15:19 16 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tangkal Corona dengan Wedang Jahe Rempah
apel kesiapan--dokpri

Keluarga Besar NU Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes membagikan wedang jahe rempah kepada masyarakat & pengguna jalan di Perempatan lampu merah Jatibarang, pada minggu (22/03) sore yang lalu. Sebanyak 1.300 bungkus wedang jahe rempah habis dibagikan dalam waktu tidak lebih dari 15 menit. 

Wedang jahe yang dibagikan dibuat dengan 10 jenis rempah-rempah yang terdiri atas jahe, kayu manis, sereh, daun kemangi, temulawak, kunyit, ketumbar, kamijara wulung, gula jawa/aren, & gula pasir, juga saat pembuatan & membungkusnya dengan membaca sholawat thibbil qulub.

Kira-kira itu prolog berita yang diterbitkan beberapa situs:
1. NU Online melalui laman: https://www.nu.or.id/post/read/118119/sedekah-1-300-bungkus-jahe-cara-nu-jatibarang-brebes-tangkal-corona 

2. Harian Brebes melalui laman: https://www.harianbrebes.com/read/2020/03/22/tangkal-corona-nu-jatibarang-bagikan-wedang-jahe-rempah-kepada-masyarakat/

3. Pantura News melalui laman: http://panturanews.com/index.php/panturanews/baca/254427/23/03/2020/tangkal-corona-banom-nu-jatibarang-bagikan-wedang-rempah

4. Rembes.net melalui laman: https://rembes.net/ikhtiar-tangkal-corona-gp-ansor-jatibarang-bagikan-wedang-jahe-rempah/

banser--dokpri
banser--dokpri

Kenapa wedang jahe? (a story)

Sabtu pagi (21/03)
Ide awal diinisiasi oleh penulis sekaligus menjabat sebagai Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Jatibarang dalam postinganya di internal grup whatsapp Ansor-Banser Jatibarang sehari sebelum pelaksanaan aksi, bahwasanya dalam menghadapi wabah virus corona diperlukan peran serta dari pemuda untuk melakukan aksi/tindakan sosialisasi pencegahan kepada masyarakat setempat. 

GP Ansor merupakan organisasi kepemudaan yang memiliki kewajiban menjaga 2 amanah besar, yakni menjaga Aqidah Aswaja Annahdliyah dan menjaga NKRI, tentunya harus diwujudkan dalam program kegiatan yang nyata dan bisa memberikan manfaat dan kemaslahatan untuk masyarakat. Bagi penulis, bentuk aksi/tindakan pencegahan corona yang paling memungkinkan saat ini untuk Ansor Jatibarang adalah dengan pembagian wedang jahe rempah kepada masyarakat. 

Wedang jahe rempah disamping mudah untuk membuatnya, juga bahan-bahan untuk membuatnya sangat mudah dijangkau oleh masyarakat Jatibarang, dimana sebagian besar mata pencaharian masyarakat Jatibarang adalah pedagang di pasar Jatibarang dan petani lokal. Sehingga untuk mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan relatif mudah & terjangkau.

Postingan tersebut ternyata mendapat respon dari anggota grup WA, dan dalam waktu yang singkat muncul beberapa jalan terang untuk merealisasikan pembuatan wedang jahe rempah. Bagai gayung bersambut, ada anggota grup yang siap menyumbangkan beberapa bahan-bahan pembuat wedang jahe rempah seperti kamijara wulung, sereh, daun kemangi, dan temulawak. Mereka yang menawarkan bahan-bahan tersebut adalah kader Ansor-Banser yang berlatarbelakang petani, dan rempah-rempah tersebut sejak lama mereka menanamnya dalam skala kecil dikarenakan banyak manfaatnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x