Mohon tunggu...
Irgi Sukma Wijaya
Irgi Sukma Wijaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa IPAI UPI 2018

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Perkuliahan bersama Prof. Dr. Endis Firdaus, M.Ag.

31 Juli 2021   10:45 Diperbarui: 31 Juli 2021   11:07 334
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto ketika Perkuliahan (Dokpri)

Perkuliahan di mata kuliah Pemikiran Islam Kontemporer memberikan kesan yang berbeda dari mata kuliah lainnya di semester 6 ini. Yang saya rasakan, Pemikiran Islam Kontemporer memiliki kesan yang unik karena setiap mahasiswa menyampaikan materi selama satu menit saja. Berbeda dengan mata kuliah yang lain yang melakukan presentasi selama sekitar 10 menit.

Pengerjaan tugasnya juga relatif mudah, di mana kita hanya membuat jurnal terkait tokoh yang sudah dibagikan. Hanya saja, kita kurang memperhatikan tokoh yang lain mengingat presentasi yang hanya satu menit.

Saran dari saya untuk perkuliahan berikutnya. Untuk mahasiswa, sebaiknya mahasiswa lebih memperhatikan apa yang disampaikan ketika teman-teman sedang presentasi, mengingat waktu presentasi hanya satu menit. Pergi sesaat ke kamar mandi saja, sudah hilang terkait ilmu yang disampaikan.

Untuk dosen, sebaiknya dosen lebih tegas lagi kepada mahasiswanya, mengingat ketika perkuliahan daring membuat mahasiswa tidak terpantau kondisinya, maka dari itu saya sarankan untuk mewajibkan oncam terhadap seluruh mahasiswa tanpa terkecuali. Atau jika diberatkan, beri nilai tambahan terhadap mahasiswa yang senantiasa oncam.

Teman mahasiswa terbaik bagi saya yaitu sebagai berikut.

  1. Miftahul Hamdi. Miftahul Hamdi adalah sahabat saya. Hamdi adalah orang yang suka mengingatkan saya untuk menuntut ilmu, sehingga saya menjadi semangat lagi untuk menuntut ilmu dikala sedang dalam kondisi futur. Dalam perkuliahan, Hamdi sering bertanya dan terkadang menemani saya oncam.
  2. Denisa Permata. Denisa adalah salah satu mahasiswa yang aktif di kelas. Denisa sering bertanya dan sering oncam. Denisa juga memaparkan hasil proposal skripsinya untuk dijadikan pelajaran bagi mahasiswa lain. Terakhir, Denisa juga sangat tanggap terhadap fenomena yang terjadi di Palestina.
  3. Nisa Insani. Nisa Insani adalah mahasiswa yang tidak bisa saya lupakan di semester ini. Nisa dengan sigap membantu saya untuk menjadi moderator ketika moderator dari kelompok saya tidak hadir dalam perkuliahan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun