Mohon tunggu...
Money

"Future Development, E-Copper Bag"

1 Juni 2018   14:44 Diperbarui: 1 Juni 2018   14:46 246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

PENDAHULUAN

Traveling saat ini telah menjadi kebutuhan hidup bagi setiap masyarakat Indonesia. Menurut data yang dikeluarkan Kementrian Parwisata di tahun 2016 jumlah kunjungan wisatawan nusantara (wisatawan lokal) berjumlah sebanyak 264 juta orang. Melihat jumlah pasar wisatawan tersebut dapat dipastikan terdapat berbagai peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan oleh pebisnis untuk mengembangkan produk yang memnuhi kebutuhan wisatawan di Indonesia.

Salah satu hal yang menjadi kebutuhan utama dalam kegiatan travelling adalah koper atau tas. Koper merupakan keutuhan utama terutama untuk wisatawan yang berpergian dengan waktu yang cukup lama serta membawa kebutuhan pribadi seperti pakaian dan kebutuhan lain untuk akomodasi selama berpergian. Tetapi seringkali kita menemui ancaman kriminalitas yang dapat di temui oleh para wisatawan khususnya yang berkaitan dengan hal koper bawaan.

Pembobolan koper ketika berpergian menggunakan pesawat menjadi hal yang sering kita temukan dan tidak jarang memberikan dampak kerugian finansial bagi wisatawan tersebut. Selain itu penyalahgunaan koper juga menjadi ancaman yang dapat dialami oleh wisatawan dimana terdapat kasus koper wisatawan di masukkan obat-obatan terlarang. Tentunya hal tersebut dapat merugikan wisatawan dan bahkan dapat menerima ancaman pidana yang berat jika ditemukan hal-hal seperti itu.

Untuk menjawab tantangan yang terjadi khususnya terhadap koper bawaan kami menawarkan solusi berupa produk koper yang memiliki pengamanan ekstra menggunakan teknologi Bluetooth yang terkoneksi dengan smartphone wisatarawan yang bernama E-Copper. Dengan mengembangkan bisnis E-Copper dapat memunculkan peluang akan kebutuhan yang dimiliki wisatawan di lain pihak terdapat ancaman kebutuhan keuangan yang tidak sedikit untuk mengembangkan produk tersebut.

BUSINESS MODEL CANVAS: E-Copper

Customer Segments

Segmentasi konsumen yang dimilki produk E-Copper adalah wisatawan yang sering berpergian dan membawa koper sebagai pelengkapnya. Selain itu segmentasi konsumen yang ditargetkan adalah masyarakat berekonomi menengah keatas. Selain itu kami mencari konsumen yang membutuhkan keamanan. Kemudian segmentasi konsumen yang di sasar adalah Niche Market dimana hanya berfokus pada suatu kelompok kecil yang membutuhkan keamanan.

Value Proposition

Value proposition yang ditawarkan produk E-Copper adalah risk reduction dimana mengurangi ancamanan pembobolan koper dan juga keamanan yang lebih baik. Selanjutnya adalah desain dimana koper didesain dengan memperhatikan bentuk yang simple serta kapasitas yang dapat ditampung. Value proposition yang ditawarkan adalah inovasi, dimana produk menggabungkan inovasi teknologi informasi dengan sebuah koper melalui pemanfaatan teknologi bluetooth sebagai otentifikasi untuk membuka koper.

Channel

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun